Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Definisi Berdasarkan Kata di Windows 10/11



Ada banyak kata di luar sana yang anda temukan. Baik itu sebuah kata yang panjang maupun yang pendek atau beragam kata sinonim dan antonim untuk masing-masing kata. Berjuta-juta kata tersebut mungkin membuat anda merasa bingung dan menjadi seperti orang yang buta huruf. Untungnya, pada saat apakah anda menjelajahi Internet, membaca PDF atau bekerja dalam dokumen Word atau Google Documents, anda cukup mudah untuk mencari definisi yang anda maksud berdasarkan kata pada PC anda.

Artikel ini berfokus pada penggunaan di Windows 10 atau Windows 11, namun sebagian besar metode yang digunakan dalam artikel ini berlaku untuk berbagai system operasi.


1. Mencari Definisi Kata di Chrome, Edge dan Firefox

Sebagian besar bacaan yang sedang anda hadapi pada PC anda mungkin ada di browser website anda. Berita baiknya adalah semua browser utama memiliki ekstensi yang dapat anda pasang, dimana memungkinkan anda mencari definisi pada kata yang anda baca dengan mengklik dobel.

Di Chrome, taruhan terbaik anda adalah Google Dictionary, yang ketika diinstal akan memungkinkan anda mencari kamus definisi dari kata apapun dengan klik dobel sederhana.


Sebagai tambahan yang bagus untuk itu, ada ekstensi untuk ekstensi ini (sebuah exten-inception, jika anda mau) yang bernama Flashcards, dimana opsi Save akan muncul ketika anda mengklik dobel pada sebuah kata, dimana itu akan membiarkan anda menyimpan kata-kata kemudian mengujinya pada saat anda menggunakan flashcard.

Sekarang Microsoft Edge telah pindah ke Chromium, anda juga bisa mendapatkan ekstensi di atas untuk browser dari Chrome Web Store, sementara untuk Firefox adalah ekstensi bernama Define-It.


2. Mencari Definisi Kata di PDF

Sekarang kita telah membahas opsi ketika anda menjelajahi website, mari kita lihat beberapa opsi ketika anda membaca dokumen PDF.

Jika anda memiliki Acrobat Reader DC, anda cukup mengklik dobel pada sebuah kata dalam dokumen PDF, lalu pilih Look Up "kata". Ini akan membuka definisi kata di Dictionary.com di browser default anda.


Penampil PDF di Chrome atau Edge sayangnya tidak berfungsi dengan ekstensi Dictionary, dan untuk mendefinisikan kata anda harus mengklik dobel, lalu klik Search the web for "kata" untuk Edge atau Search Google for "kata" untuk Chrome yang akan mengarahkan anda ke anda mesin pencari default browser dan memberitahu anda definisinya.



3. Cari Definisi Kata di Word atau Google Docs

Dua software pengolah kata yang paling populer saat ini adalah Microsoft Word dan Google Docs, yang keduanya memiliki tools definisi kata sendiri yang diintegrasikan ke dalamnya.

Untuk mencari definisi kata di Google Docs, anda dapat mengklik kanan pada kata tersebut dan kemudian mengklik Define "kata", atau gunakan tombol keyboard, pilih kata kemudian klik Ctrl + Shift + Y.


Sementara di Microsoft Word, anda dapat mencari definisi kata dengan mengklik kanan kata tersebut, lalu mengklik Smart Lookup "kata" di menu konteks. Atau dengan menahan tombol Alt di keyboard anda, kemudian klik kata tersebut.



Sekian tutorial untuk kali ini, semoga anda mendapat pencerahan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda perlukan. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Mencari Definisi Berdasarkan Kata di Windows 10/11"