Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error 0x8007012f Saat Update di Windows 10

 


Error dengan kode 0x8007012f dapat terjadi setiap kali anda mencoba menginstall update Windows dan gagal. Error ini juga dapat muncul saat anda menginstal update aplikasi, update system, maupun update fitur. Pada artikel kali ini, saya akan menyajikan solusi yang paling sesuai yang dapat anda coba untuk menyelesaikan masalah ini.


Berikut beberapa pesan error yang mungkin anda temui saat gagal update.


  • There were some problems installing updates, but we’ll try again later. If you keep seeing this and want to search the web or contact support for information, this may help: (0x8007012F).
  • ERROR_DELETE_PENDING, The operation has failed, The file cannot be opened because it is in the process of being deleted. Error code: 0x8007012F.



Dalam beberapa kasus, seperti yang anda lihat pada gambar di atas, anda mungkin juga mengalami error dengan kode 0x8000ffff bersamaan dengan error ini.



Memperbaiki Error 0x8007012f Saat Update Windows


Jika anda dihadapkan pada masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dengan urutan yang sudah dibuat seperti di bawah ini untuk menyelesaikan masalah. Mari kita lihat proses perbaikan satu per satu.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Menjalankan Windows Update Troubleshooter bawaan untuk memperbaiki error update pada Windows 10 sangat membantu. Setelah anda menjalankan troubleshooter dan coba kembali update Windows anda.




2. Hapus folder SoftwareDistribution dan catroot2


Folder SoftwareDistibution dan folder catroot2 merupakan folder system Windows yang diperlukan untuk proses update Windows. Jika anda mengalami error ini, maka anda dapat menghapus semua konten pada folder SoftwareDistibution dan folder catroot2 kemudian mencoba untuk update kembali.



3. Hapus File pending.xml


File pending.xml terletak di C:\windows\WinSxS. Anda mungkin menemukan banyak sekali file ini dengan kode yang berbeda mengikuti nama file ini. Anda juga mungkin akan tidak menemukan file ini dikomputer anda, kecuali anda menggunakan Windows Server.


Untuk menghapus file ini, buka command prompt dengan hak admin (Run as administrator), kemudian masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.


Ren c:\windows\winsxs\pending.xml pending.old

Perintah diatas dimaksudkan untuk mengganti nama file pending.xml menjadi pending.old. Setelah anda menjalankan perintah, coba kembali untuk mengupdate Windows anda.



4. Hapus Antrian BITS

BITS (Background Intelligent Transfer Service)  bertanggung jawab dalam membantu system dan aplikasi untuk mendownload atau mengupload antara perangkat dan server. Namun jika BITS berhenti bekerja mungkin ini mempengaruhi proses update dan menyebabkan error ini

Dengan menghapus antrian BITS dari pekerjaan apapun saat ini, akan membantu BITS bekerja dengan benar. Untuk melakukan ini, buka command prompt dengan hak admin, kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.

bitsadmin.exe /reset /allusers




5. Jalankan Background Intelligent Transfer Service Troubleshooter

Seperti yang di jelaskan di poin sebelumnya bahwa tugas BITS sangat penting. Anda kemudian dapat menjalankan Background Intelligent Transfer Service Troubleshooter dan lihat apakah itu membantu. Jika perlu, anda dapat mengaktifkan BITS secara manual  dari jendela Services Manager di komputer Windows 10 anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda dalam memecahkan masalah error ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error 0x8007012f Saat Update di Windows 10"