Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Freezing di Login Screen Windows 10/11


Seiring berjalannya waktu, Windows 10 atau Windows 11 anda mulai menunjukan kinerja yang mulai memburuk. Terlepas dari faktor apa saja yang menyebakan hal ini terjadi, namun salah satu hal yang mungkin akan anda hadapi adalah situasi dimana setelah anda memasukkan password akun anda dan menekan tombol Enter, tetapi Windows 10 atau Windows 11 kemudian mengalami freezing atau membeku di login screen.

Banyak pengguna melaporkan bahwa mereka selalu menghadapi masalah ini, walaupun kadang-kadang hal ini terjadi, terutama setelah mereka  menginstal Windows Updates atau Feature Update.

Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya adalah anda harus jeli saat masalah tersebut muncul. Juga pastikan anda mempunyai USB bootable Windows, yang akan membantu anda masuk ke Advanced Boot Troubleshooting. Sebelum anda mulai, saya sarankan anda mematikan PC anda, memulainya dan kemudian melihat apakah anda dapat log in.

Jika Windows 10 atau Windows 11 anda macet di Login Screen, anda dapat mencoba beberapa perbaikan berikut dibawah ini.


1. Booting ke Safe Mode atau Advanced Startup Options

Ketika anda diatur untuk login otomatis ke Windows 10 atau Windows 11 setelah Update, proses yang akan diselesaikan mungkin terhambat. Anda dapat memilih untuk menonaktifkan log in otomatis setelah Update dengan booting ke Safe Mode atau Advanced Startup Options, lalu memilih untuk menonaktifkan login otomatis. Ini akan memungkinkan anda untuk login otomatis.


  • Masuk ke Windows 10 atau Windows 11 dengan Safe Mode.
  • Kemudian buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Navigasikan ke Accounts - Sign-in options
  • Nonaktifkan opsi Use my sign-in info to automatically finish setting up my device after an update or restart.

Jika anda baru saja menginstal Antivirus dan ini terjadi, sebaiknya uninstall anti virusnya. Karena anda tidak dapat login dengan cara biasa, untuk menghapus software.

  • Booting menggunakan recovery drive dan pilih Troubleshoot untuk melanjutkan.
  • Navigasikan ke Startup Settings - Restart - Tekan tombol F5 untuk memilih opsi Enable Safe Mode with Networking.
  • Setelah menguninstal, Reboot komputer secara normal, dan periksa apakah masalah telah teratasi.
  • Restart komputer anda secara normal dan tunggu update hingga selesai.

Setelah melalui semua langkah diatas dan berada di desktop anda, anda kemudian dapat memecahkan masalah lebih lanjut. Anda juga dapat melihat tips umum ini jika anda tidak dapat log in ke Windows 10 atau Windows 11.


2. Periksa Status Service Credentials Manager

  • Dalam Safe Mode, tekan tombol Win + R, ketik services.msc dan dan tekan Enter.
  • Dijendela service, temukan dan klik dobel pada service Credentials Manager.

  • Di jendela Credentials Manager atur Startup type ke Automatic. Pada pengaturan dedault, pilihannya adalah Manual.
  • Setelah itu Reboot PC anda dan log in dengan standart mode.


3. Jalankan System Restore melalui Advanced Startup Options

Ini adalah opsi yang sangat membantu anda. Namun opsi ini hanya dapat anda lakukan jika anda telah anda telah mengkonfigurasi system restore sebelum anda mendapatkan masalah ini pada Windows anda.
  • Dalam Safe Mode, akses Advanced Startup Options kemudian pilih System Restore.
  • Ikuti petunjuk yang ada dan lihat apakah anda dapat memperbaiki instalasi Windows anda.


4. Gunakan Opsi Reset This PC

Perbaikan lainnya dalam Safe Mode adalah Reset This PC atau Rollback ke versi sebelumnya. Pilihan ini tergantung pada kasus yang anda alami.



5. Perbaiki Komputer Menggunakan Media Instalasi

Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki komputer anda menggunakan media instalasi jika penyebab masalah ini karena file system yang rusak.


  • Booting dari media dan pilih Repair your computer.
  • Pilih Troubleshoot.
  • Di bawah opsi Advanced troubleshoot, pilih Startup Repair.
  • Selanjutnya klik Windows 10 atau Windows 11 dan proses perbaikan akan berjalan. Ini membutuhkan waktu, jadi harap bersabar.
  • Ketika prosesnya selesai dan berhasil di perbaiki, ia akan menampilkan Login Screen untuk anda. Anda kemudian dapat masuk ke Windows 10 anda seperti biasa.


6. Jika Masalah Terjadi Setelah Update

Jika anda mengalami masalah ini setelah melakukan update Windows, maka itu terjadi mungkin karena adanya bug. Anda kemudian dapat mengatasinya dengan menguninstall update yang baru saja anda lakukan. Baca tutorial saya DISINI untuk mengetahui langkah-langkahnya.


Ketika semua metode diatas tidak berhasil untuk anda, anda kemudian mungkin kebingungan dengan data anda yang ada pada drive system anda. Jika itu yang anda pikirkan sekarang, maka ada baiknya anda membaca tutorial saya tentang cara backup data saat Windows tidak dapat booting untuk mengetahui langkahnya.

Ketika Windows 10 atau Windows 11 freezing atau macet di Login Screen, itu adalah situasi yang sulit karena tidak ada jawaban langsung. Ini bisa berupa file system yang rusak atau update fitur yang rusak dan terkadang program yang dapat membuat pengalaman login menjadi buruk.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Mengatasi Freezing di Login Screen Windows 10/11"