Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki OneDrive Tidak Start Otomatis di Windows 10/11


Jika OneDrive tidak dimulai atau terbuka di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, berikut adalah beberapa perbaikan yang dapat anda periksa. Meskipun OneDrive harus dimulai secara otomatis saat anda menjalankan aplikasi dari mana saja, itu mungkin tidak berfungsi seperti biasa karena berbagai alasan yang berbeda.

Ada dua metode berbeda yang dapat anda gunakan untuk memecahkan masalah ini, yaitu dengan menggunakan Local Group Policy Editor dan Registry Editor.

Apapun itu metodenya, anda wajib melakukan perubahan pada file atau pengaturan yang sudah ada. Tapi sebelum anda mulai mengikuti metode dibawah, sebaiknya cobalah untuk mereset OneDrive anda terlebih dahulu dan lihat apakah itu akan membantu. Dan ketika itu tidak berhasil, berikut metode dan langkah-langkahnya yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya.


1. Perbaikan Dengan Menggunakan Local Group Policy Editor

Metode ini khusus untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11 edisi Pro dan Enterprise. Untuk pengguna edisi Home, anda dapat mengikuti metode lainnya dibawah ini atau anda harus mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah yang sama dibawah ini.
  • Untuk melakukannya, anda perlu membuka Local Group Policy Editor di komputer anda. Tekan Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter. Sebagai alternatif, anda dapat mencarinya di Start Menu atau Search Windows dan klik hasil yang sesuai.
  • Setelah Local Group Policy Editor terbuka, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - OneDrive

  • Disini, di panel kanan cari dan temukan policy Prevent the usage of OneDrive for file storage. Kemudian klik dobel padanya atau klik policy setting.

  • Di jendela pengaturan policy, pastikan itu diatur ke Not Configured atau Disabled. Jika tidak, klik salah satu opsi, kemudian klik OK.

  • Setelah itumenyimpan dan menutup jendela Local Group Policy Editor, restart komputer anda.

Anda kemudian dapat memeriksa apakah Onedrive dapat terbuka atau tidak.


2. Perbaikan Dengan Menggunakan Registry Editor

Sebelum mengubah apapun di komputer anda, saya menyarankan untuk membuat System Restore point dan membackup Registry anda untuk menjaga jika terjadi kesalahan dalam pengeditan registry.

  • Untuk memulai, buka Registry Editor anda dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini. Anda dapat mengcopy jalur dibawah dan mempastenya di address bar Registry Editor dan tekan Enter intuk mempermudah anda.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\OneDrive

  • Jika anda tidak menemukan key OneDrive, maka anda dapat membuat sendiri key regitry tersebut. Untuk membuatnya, klik kanan pada Windows dan pilih New - Key dan beri nama OneDrive.

  • Selanjutnya di key OneDrive, klik kanan ruang kosong di panel kanan kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama value dengan DisableFileSyncNGSC.

  • Setelah membuat value, klik dobel value tersebut dan pastikan value datanya di atur ke 0 (nol). Jika tidak, lakukan perubahan, dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

  • Restart komputer anda setelah anda selesai mengedit registry.


Dan saatnya untuk memeriksa apakah OneDrive dimulai dengan baik dan lancar atau tidak.


Hanya itu saja yang dapat anda lakukan. Jika anda mengalami masalah ikon One Drive yang hilang maka anda dapat membaca tutorial saya tentang cara mengembalikan ikon OneDrive yang hilang di Taskbar di Windows 10/11 atau jika anda tidak menginginkan OneDrive di PC anda maka baca tutorial saya tentang cara uninstall aplikasi OneDrive di Windows 10/11 untuk menyingkirkannya. Atau anda dapat menelusuri artikel saya lainnya yang berhubungan dengan OneDrive, dan mungkin itu akan membantu menyelesaikan permasalahan anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat memecahkan permasalahan yang sedang anda hadapi. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman tentang mngikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki OneDrive Tidak Start Otomatis di Windows 10/11"