Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Ikon OneDrive Yang Hilang di Taskbar di Windows 10/11


Jika anda menggunakan PC dengan Windows 8.1, 10 atau 11, konsol Xbox One, tablet Microsoft Surface atau Windows Phone, maka anda harus fasih dengan OneDrive. Layanan ini tersedia gratis untuk semua pengguna Microsoft dengan akun. Ini menawarkan cara yang mulus untuk menyimpan file anda di cloud, terutama dari perangkat Microsoft.

Di Windows 10 dan Windows 11, ikon OneDrive biasanya akan ditampilkan di sisi kanan taskbar. Ikon ini adalah gateway ke fitur-fitur kaya yang dimiliki layanan OneDrive. Sayangnya, ada beberapa kasus ikon ini menghilang tanpa sebab dari taskbar dan meninggalkan pengguna dengan opsi terbatas untuk mengakses OneDrive.

Dan untuk mengatasi itu, inilah langkah-langkah yang harus diambil jika ikon OneDrive hilang dari taskbar anda.


1. Aktifkan Ikon di System Tray

Metode berikut akan berfungsi untuk ikon apapun yang hilang di taskbar anda.
  • Klik kanan pada taskbar anda dan pilih opsi Taskbar settings.
  • Pada jendela taskbar settings, gulir ke bawah ke Notifications area. Pilih opsi Select which icon appears on taskbar.
  • Periksa tombol geser di samping Microsoft OneDrive. Jika tidak aktif, pastikan untuk mengubahnya menjadi On.


2. Perlihatkan Ikon OneDrive

Masalahnya seringkali hanya berupa ikon OneDrive tersembunyi. Ini umum terjadi di Windows 10 dan Windows 11, terutama ketika ada terlalu banyak ikon di taskbar. Untuk memeriksa apakah ini adalah kasus dengan ikon OneDrive di system anda, klik ikon-ikon tersembunyi di taskbar. Ini adalah ikon seperti panah ke atas di sebelah kanan taskbar. Melakukan hal ini mengungkap semua ikon tersembunyi. Jika OneDrive anda disembunyikan, itu akan ditampilkan dalam popup kecil seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, OneDrive disembunyikan



3. Reset OneDrive

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, ini adalah langkah ketiga untuk mencoba. Mereset OneDrive akan memperbaiki masalah jika disebabkan oleh cache OneDrive yang rusak. Ikuti langkah-langkah ini untuk mereset OneDrive anda.
  • Tekan Win + R untuk membuka jendela Run. Copy dan Pastekan teks di bawah dan klik OK.atau tekan Enter.
%localappdata%\Microsoft\OneDrive\onedrive.exe /reset

  • Tunggu sekitar dua menit untuk melihat apakah ikon OneDrive muncul. Jika tidak, ulangi proses menggunakan jalur di bawah ini.
%localappdata%\Microsoft\OneDrive\onedrive.exe

  • Perbaikan ini harus menampilkan ikon OneDrive lagi.


4. Periksa Policy Settings (Pengaturan Kebijakan)

Jika langkah diatas juga tidak berfungsi, satu langkah terakhir adalah memeriksa Policy Settings. Kadang-kadang bisa terjadi masalah yang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau program anti-tracking. Ini sering memiliki efek membuat modifikasi pada OS dan dapat menonaktifkan ikon OneDrive. Memeriksa Policy Settings anda menjadi perlu jika ini kasusnya.

Untuk memeriksa Group Policy Editor Windows 10 dan menemukan dan menyelesaikan modifikasi apapun yang disebabkan oleh program pihak ketiga di OneDrive, ikuti langkah-langkah ini.
  • Buka RUN (Win + R) dan ketik gpedit.msc di jendela Run anda dan tekan Enter.
  • Arahkan ke Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components. Klik doble pada opsi OneDrive di panel kanan.
  • Klik kanan pada Prevent the Usage of OneDrive for File Storage dan kemudian klik Edit atau klik doble pada kebijakan tersebut.
  • Pastikan Not Configured atau Disabled dipilih untuk policy settings. Klik Apply dan OK.
  • Restart PC anda, dan masalah ini harus diselesaikan.

Selesai. Ikon OneDrive yang hilang bisa membuat anda frustrasi bagi banyak orang namun sekarang itu dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan salah satu metode di atas. Menggunakan perbaikan dari salah satu metode diatas harus menyelesaikannya untuk anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga berhasil. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Ikon OneDrive Yang Hilang di Taskbar di Windows 10/11"