Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Login Windows 10/11 Menggunakan Akun Google


Google telah meluncurkan Credential Provider untuk Windows yang akan memungkinkan pengguna untuk masuk dengan menggunakan akun Google mereka. Tepatnya untuk G Suite Enterprise, G Suite Enterprise for Education, atau lisensi Cloud Identity Premium. Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana anda dapat mengatur PC anda untuk masuk ke Windows 10 atau Windows 11 menggunakan akun Google. Ada dua bagian untuk itu. Pertama adalah saat anda menyiapkan PC, dan yang kedua adalah saat PC anda terdaftar untuk GCPW. Dimungkinkan untuk mengaitkan Akun Google dengan Profil Windows yang ada, tetapi itu opsional.


Syarat Untuk Menggunakan GCPW

  • G Suite Enterprise, G Suite Enterprise for Education, atau lisensi Cloud Identity Premium untuk perangkat mereka untuk didaftarkan dalam manajemen perangkat Windows.
  • Dimungkinkan untuk mencegah pendaftaran perangkat menggunakan key registry selama instalasi.
  • Windows 10 Professional, Business, atau Enterprise (versi 1803 atau lebih tinggi) dan akun pengguna dengan hak administrator.
  • Browser Google Chrome harus diinstal pada perangkat.

Catatan : Ini bukan pengganti akun Microsoft anda. Jika pekerjaan anda mengharuskan anda menggunakan akun Google, atau mereka ingin mengelola update di perangkat anda untuk memberikan keamanan SSO dan Google, maka anda membutuhkannya. Itu tidak digunakan dengan akun Gmail anda.


Login ke Windows 10 Menggunakan Akun Google

Ikuti langkah-langkah ini untuk menggunakan Akun Google (Domain atau Google Suite) untuk Login ke Windows 10 atau Windows 11.
  • Konfigurasikan GCPW
  • Setup Entri Registry untuk login domain
  • Tambahkan akun Work
  • Hubungkan akun Windows yang ada dengan akun Google Work

Manajemen perangkat Windows di bawah Google Credential Provider untuk Windows adalah opsional. Anda dapat memilih untuk menonaktifkannya.


1. Download dan Install GCPW

Download GCPW, dan jalankan instalasi dengan hak admin (klik kanan Run as administrator). Setelah diinstal, verifikasi apakah anda memiliki file-file-file berikut yang tersedia di lokasi yang ditandai dibawah ini.

  • C:\Program Files\Google\CredentialProvider\Gaia.dll
  • C:\Program Files\Google\CredentialProvider\gcp_setup.exe
  • C:\Program Files\Google\CredentialProvider\gcp_eventlog_provider.dll


2. Konfigurasikan Pengaturan Registry

GCPW memungkinkan anda mengonfigurasi domain yang dapat digunakan untuk masuk dengan akun Google. Biasanya, anda mungkin memiliki satu atau dua domain, dan anda dapat mengonfigurasinya. Terlepas dari ini, anda dapat mengonfigurasi untuk mencegah perangkat dari mendaftar untuk Windows device management secara otomatis; beberapa akun Google di perangkat, konfigurasi profil lokal, dan masa berlaku.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R dan ketik regedit kemudian tekan Enter.
  • Setelah itu navigasikan ke alamat berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Google

  • Temukan atau buat key GCPW. Jika tidak ada disana, anda dapat membuatnya. Klik kanan folder Google dan pilih New - Key dan beri nama GCPW.
  • Kemudian klik kanan folder GCPW dan pilih New - String Value. Beri nama string baru dengan domains_allowed_to_login.

  • Klik dobel untuk mengeditnya, dan tambahkan domain di dalamnya seperti mastertipsorialindo.blogspot.com.
  • Untuk key lainnya, sebaiknya ikuti detail dari halaman resmi. Setelah itu, anda harus me-restart komputer agar perubahan mulai berlaku.


3. Sign-in Dengan Akun Google

Setelah komputer dinyalakan kembali, anda akan memiliki opsi masuk baru di akhir daftar pengguna. Klik itu, dan sign-in menggunakan akun Google anda. Sign-in akan mengikuti semua protokol keamanan seperti 2FA atau apapun yang telah disiapkan. Username untuk akun tersebut biasanya domainname_userfirstname. Karena ini adalah akun baru, Windows akan membutuhkan sedikit waktu untuk mengatur. Setelah selesai, akun pengguna akan terdaftar bersama dengan akun lain.


Namun, anda mungkin harus sign-in kembali dengan username dan password Google setiap kali anda masuk ke akun. Alternatifnya adalah mengkonfigurasi PIN untuk akun atau mengatur periode validitas menjadi 5 hari. Jadi, lain kali anda masuk ke komputer menggunakan akun kantor anda, anda tidak perlu masuk dengan Google Account credential. Pengguna akan dapat masuk menggunakan akun Windows jika koneksi ke internet terputus.


4. Cara Menghubungkan Google Login Dengan Profil Yang Ada

Ini pengaturan yang agak rumit untuk dilakukan, dan anda hanya boleh melakukannya jika anda tidak ingin membuat akun kantor dan akun rumah berbeda. Langkah-langkah yang terlibat disini adalah menemukan SID pengguna Windows, dan kemudian mengaitkannya dengan akun Google. Selain itu, pengguna akan memerlukan profil di Direktori Aktif untuk menggunakannya. Langkah-langkah ini harus menggunakan profil pengguna admin.

Ikuti panduan ini untuk mengetahui SID akun pengguna anda.
  • Untuk melihat SID, buka Command Prompt dengan hak admin. Buka Search Windows dan ketik cmd. Klik Run as administrator.
  • Ketik wmic useraccount get name,sid pada jendela command prompt di ikuti tekan Enter.

  • Kemudian catat SID di suatu tempat.
  • Sekarang buka Registry Editor seperti langkah dibagian sebelumnya dan navigasi ke alamat berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Google

  • Klik kanan folder GCPW, dan klik New - Key dan beri nama value sebagai Users.
  • Klik kanan pada folder Users  dan klik New - Key dan beri nama Windows account SID (security identifier) anda.
  • Selanjutnya klik kanan pada SID, lalu klik New - String Value dan beri nama sebagai email.
  • Sekarang klik dobel pada email dan masukan email kerja yang ingin anda kaitkan dengan akun Windows lokal pengguna pada bagian Value data.


Ketika anda mengklik untuk sign-in dengan akun tersebut di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda akan mendapatkan pesan verifikasi akun Google. Itu kemudian mengaitkan akun Google pengguna dengan profil Windows mereka menggunakan SID. Jika SID tidak menemukan kecocokan, GCPW akan membuat profil Windows baru pada perangkat dengan kredensial Google pengguna dan mengaitkan akun Google mereka dengan profil itu.

Jika anda mendaftarkan perangkat anda dengan Windows device management, banyak fitur pada perangkat akan dikontrol melalui GCPW. Jika anda ingin berhenti atau menonaktifkannya, telusuri jalur dibawah ini di registry editor.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Google\GCPW

Kemudian klik dobel pada  enable_dm_enrollment di panel kanan dan ubah value datanya ke 0 (nol).


Sekian tutorial kali ini, semoga anda bisa menerapkannya di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memindahkan account Windows 10/11 ke PC Windows 10/11 baru lainnya atau cara mengatur tanggal kedaluwarsa password di Windows 10. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Login Windows 10/11 Menggunakan Akun Google"