Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Tanggal Kedaluwarsa Password di Windows 10/11


Mungkin pernah terlintas dipikiran anda bahwa bagaiman jika suatu saat komputer Windows 10 anda "dikerjain" oleh orang lain. Anda mungkin merasa password yang anda gunakan untuk login komputer Windows anda aman, namun kesialan bisa terjadi kapanpun. Untuk menjaga keamanan siber anda, ada baiknya anda mengubah password komputer anda sesekali. Windows 10 dan Windows 11 membuat ini menjadi lebih mudah karena anda dapat menetapkan tanggal kedaluwarsa password anda.

Langkah-langkah untuk melakukan ini bervariasi, tergantung pada apakah anda menggunakan Local account atau Microsoft account untuk login ke PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jadi disini saya akan mengajarkan kepada anda langkah-langkat pengaturan untuk keduanya.


1. Menetapkan Tanggal Kedaluwarsa Password untuk Microsoft Account

Jika anda memperhatikan di Windows 10, Microsoft sangat mengutamakan  agar anda menggunakan Microsoft Account untuk login di komputer anda daripada menggunakan Local Account. Selain agar anda tidak perlu lagi mengkonfigurasi ulang pengaturan Windows anda, ini juga akan secara otomatis mengaktifkan product key Windows anda saat anda menginstall ulang OS Windows tanpa harus memasukannya secara manual.

Baik, kita kembali ke pokok pembahasan. Di Windows 10 dan Windows 11, anda dapat menetapkan tanggal kedaluwarsa password untuk Microsoft Account anda secara online. Anda kemudian akan diminta untuk mereset password anda setiap 72 hari. Anda harus menetapkan password baru sebelum anda dapat mengaktifkan (atau menonaktifkan) pengaturan ini.

  • Untuk melakukan itu, pergi ke Microsoft account security. Jika belum login, silahkan login dulu dengan akun Microsoft anda yang anda gunakan di komputer anda.
  • Setelah anda berada di halaman Security,  pilih Change password.


  • Jika anda mengaktifkan autentikasi dua faktor, anda harus memverifikasinya terlebih dahulu. Setelah verifikasi berhasil, klik Next.


  • Di halaman ini masukan password lama anda dan masukan password baru anda beserta konfirmasi password baru anda. Jangan lupa untuk memberi ceklist pada kotak Make me change my password every 72 days. Setelah itu klik Save untuk menyimpan perubahan.


Jika perubahan berhasil, anda akan diarahkan kembali ke halaman keamanan Microsoft account dan mulai sekarang, login ke Windows anda menggunakan password baru anda tersebut.

Dengan memberi ceklist pada Make me change my password every 72 days, maka password untuk Microsoft account anda akan kedaluwarsa setelah 72 hari, dan anda kemudian akan diminta untuk mengubahnya setelah login berikutnya.


2. Menetapkan Tanggal Kedaluwarsa Password untuk Local Account

Jika anda menggunakan Local Account di PC Windows anda, anda juga masih bisa menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk password anda.

Untuk mengaktifkan kedaluwarsa password, anda harus menonaktifkan pengaturan yang mencegah password anda kedaluwarsa.

  • Untuk melakukan ini, tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run. Kemudian ketik netplwiz dan tekan Enter atau klik OK untuk membuka pengaturan user account anda.


  • Di jendela User Account, pilih tab Advanced, kemudian klik Advanced untuk membuka tools Advanced User Management.


  • Di sini, klik Users di sebelah kiri, kemudian dibagian tengak klik kanan user account anda dan pilih Properties untuk memasukkan pengaturan pengguna tingkat lanjut untuk local user account anda.


  • Di menu Properties, hapus ceklist pada kotak opsi Password Never Expires, dan kemudian klik OK.


Setelah melakukan langkah diatas, sekarang tetapkan umur password maksimum anda melalui Local Group Policy Editor.

Catatan : Jika komputer anda menjalankan Windows 10 atau Windows 11 edisi Home, maka ikuti instruksi di bagian selanjutnya.

Anda sekarang perlu mengatur umur maksimum untuk password anda. Tidak seperti di Microsoft account, anda dapat mengatur password agar local account anda kedaluwarsa kapan saja anda mau.

Untuk default pada Windows 10 atau Windows 11 adalah 42 hari. Jika anda ingin membiarkannya selama ini, anda dapat terus menggunakan PC anda seperti biasa. Namun jika anda ingin lebih atau kurang dari waktu tersebut, sekarang saatnya untuk mengatur ulang password anda, anda akan diminta untuk mengubahnya.

  • Jika mesin anda menjalankan Windows 10 Pro, Education, atau Enterprise, tekan Win + R untuk membuka kotak Run dan ketik gpedit.msc, kemudian tekan Enter atau OK untuk membuka Local Group Policy Editor.


  • Di jendela Local Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings - Account Policies - Password Policy


  • Di sebelah kanan temukan dan klik dobel pada kebijakan Maximum Password Age.
  • Ubah Password will expire in dari 42 ke lama hari pilihan anda, dan kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.



Tanggal kedaluwarsa untuk local accounts di PC anda sekarang disetel ke lama waktu pilihan anda. Setelah periode ini berlalu, Windows akan meminta anda untuk mereset password anda.

Jika anda menggunakan Windows Home anda dapt mengatur umur password maksimum menggunakan Windows PowerShell atau command prompt untuk mengatur umur password maksimum. Anda juga dapat menggunakan ini sebagai alternatif untuk proses Local Group Policy Editor pada Windows 10 atau Windows 11 Pro, Enterprise dan Education.

  • Untuk memulai, tekan Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) atau Command Prompt (Admin) dari daftar, tergantung pada versi Windows anda.


  • Di jendela PowerShell, ketik net accounts untuk menemukan umur passord maksimum yang ada untuk akun anda.
  • Jika anda ingin mengubah angka default dari 42 hari, ketik net accounts /maxpwage:XX dimana XX anda ganti dengan lama waktu (dalam hari) yang ingin anda gunakan.



Setelah mengikuti langkah diatas maka umur password maksimum yang anda pilih akan diterapkan ke local accounts di PC anda.


Mengatur tanggal kedaluwarsa password di Windows 10 dan Windows 11 bukanlah hal yang sulit dilakukan. Untuk menjaga keamanan PC Windows anda, tidak ada salahnya untuk menerapkan ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, apalagi jika anda menyimpan data-data penting anda disitu.

Semoga membantu! Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dan pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengatur Tanggal Kedaluwarsa Password di Windows 10/11"