Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memaksa Windows Indexing Service Berjalan Lebih Cepat


Windows menggunakan Indexing Service untuk mengindeks file dan folder. Setelah diindeks, anda dapat menggunakan search bar File Explorer atau Windows Start Menu untuk mencari file anda. Namun, ketika anda menggunakan komputer anda, Windows memperlambat atau menghentikan Indexing Service untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Ini bukan sebuah masalah bagi sebagian besar.

Namun, jika anda baru saja membuat kembali Search Index atau menambahkan banyak file, maka mungkin perlu lebih banyak waktu bagi Indexing Service untuk mengindeks semua file tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat memaksa Windows untuk mengabaikan pengguna dan menjalankan Indexing Service saat diperlukan sehingga membuatnya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.


1. Menggunakan Group Policy Editor

Anda dapat memaksa Search Indexing Service Windows untuk dijalankan bahkan ketika pengguna menggunakan system dengan mengkonfigurasi pengaturan kebijakan dengan Group Policy Editor. 

Catatan : Jika anda menggunakan Windows edisi Home, maka anda tidak akan memiliki akses ke Group Policy Editor. Tetapi anda dapat menggunakan Windows Registry untuk melakukan perubahan ini. Jika anda ingin mengikuti metode ini, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah yang sama dibawah ini.
  • Untuk memulai, tekan Win + R, ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.
  • Tindakan di atas akan membuka Group Policy Editor. Disini, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

    Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Search

  • Sekarang, cari kebijakan Disable indexer backoff di panel kanan dan klik doble pada kebijakan tersebut.


  • Di jendela properties kebijakan pilih tombol radio Enabled dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Agar perubahan diterapkan, jalankan perintah berikut di Command Prompt sebagai admin atau restart system anda.

gpupdate.exe /force


Dari titik ini dan seterusnya, Windows tidak akan memperlambat indexing service saat anda menggunakan system, sehingga pengindeksan file baru anda jauh lebih cepat.


2. Menggunakan Windows Registry Editor

Catatan: Sebelum anda memodifikasi registry, backup registry anda terlebih dahulu atau buat system restore point untuk menjaga jika terjadi kesalahan dalam pengeditan registry.
  • Sama seperti dengan Group Policy Editor, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter untuk membuka Windows Registry.
  • Setelah membuka Windows Registry, navigasikan ke lokasi berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Search\Gathering Manager


  • Di sini kita perlu memodifikasi value DisableBackOffOnUser. Namun, sebagai key sistem, anda tidak dapat memodifikasinya seperti value reguler lainnya. Jika anda mencoba memodifikasinya, anda akan disambut dengan pesan error seperti gambar berikut.


  • Untuk mengubah value, anda perlu mengambil kepemilikan key. Klik kanan pada tombol Gathering Manager yang muncul di panel kiri dan pilih opsi Permissions.


  • Tindakan di atas akan membuka jendela Permissions. Klik pada tombol Advanced yang muncul di bagian bawah jendela.


  • Disini, klik tautan Change di sebelah TrustedInstaller. Ini memungkinkan anda untuk mengubah pemilik key target.


  • Masukkan user name anda di bidang Enter the object name to select dan klik tombol Check Names. Ini akan menambahkan nama pengguna dengan cara yang benar. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah mengganti kepemilikan, anda harus memberi diri anda kendali penuh atas key. Anda dapat melakukannya dengan menambahkan diri anda ke tab Permissions. Klik tombol Add untuk melanjutkan.


  • Di sini, klik tautan Select a principal.


  • Sama seperti pada langkah sebelumnya, masukkan user name anda, klik tombol Check Names dan kemudian klik tombol OK.
  • Pilih kotak ceklist Full Control di bawah Basic Permissions dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Di jendela utama pilih kotak ceklist Replace owner on subcontainers and objects, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Dengan ini, anda selesai mengubah permissions. Temukan value DisableBackOffOnUser di panel kanan dan klik doble padanya. Ubah Value Data menjadi 1, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Restart system anda untuk memastikan perubahan itu berlaku.


Sekian! Semoga itu membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Windows Explorer yang error. Jangan lupa berikan komentaranda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk memaksa Windows indexing service berjalan lebih cepat. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memaksa Windows Indexing Service Berjalan Lebih Cepat"