Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat System Restore Point Otomatis Saat Startup di Windows


Komputer anda mampu melakukan perjalanan waktu. Pada Windows 10, fitur System Restore dapat membawa komputer anda kembali ke titik waktu sebelumnya. Ini berguna ketika komputer anda perlu pemulihan dari masalah penting seperti virus. Anda dapat membawa komputer kembali ke titik terakhir kali ia berfungsi dengan benar.

Selama restore point, anda harus dapat memastikan itu dapat memulihkan komputer anda tanpa kehilangan file apapun. Tetapi tidak mungkin untuk mengetahui kapan komputer anda akan menghadapi masalah yang berpotensi menghancurkan, jadi itu ide yang baik untuk sering membuat System Restore point ini.

Sebagai pengganti membuat System Restore point  secara manual setiap kali anda mulai bekerja di komputer anda, aturlah untuk membuat System Restore point setiap kali komputer anda Startup.

Ini bukan proses yang sederhana, jadi anda perlu merasa yakin dengan kemampuan anda untuk bekerja di registry komputer anda untuk mencoba langkah ini. Meskipun begitu, jika anda mengikuti petunjuk ini dengan tepat, itu akan jauh lebih mudah daripada yang terlihat dan yang anda pikirkan.


Buat dan Aktifkan System Restore

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat System Restore point untuk komputer anda. Ini hanya menjaga jika ada kesalahan selama proses. Untukmembuat System Restore point anda dapat membaca artikel saya tentang Cara Menonaktifkan atau Mengonfigurasi System Restore di Windows 10.

Setelah anda selesai membuat System Restore Point, selanjutnya anda perlu memastikan bahwa fitur Restore Point diaktifkan di komputer anda. Banyak mesin Windows 10 tidak mengaktifkan ini secara default.

1. Ketik System restore di kotak pencarian.

2. Klik tombol Configure.

3. Pastikan Turn on system protection dalam keadaan aktif. Jika tidak, lakukan itu sekarang.



Nonaktifkan System Restore Frequency

Sekarang anda perlu menonaktifkan System Restore Frequency PC anda sehingga Task Scheduler dapat membuat restore point kapanpun mesin dihidupkan ulang.

1. Tekan tombol Win + R untuk membuka Run

2. Ketikkan regedit di kotak dan tekan Enter.


3. Di jendela Registry Editor yang muncul, ketikkan jalur berikut ke address bar di bagian atas kotak atau silahkan anda telusuri sendiri:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\SystemRestore

4. Klik kanan pada System Restore, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value.


5. Beri nama keynya dengan SystemRestorePointCreationFrequency dan klik OK.

6. Setelah itu klik doble pada key yang baru saja anda buat, kemudian ketik 0 (Nol) ke dalam kolom Value data dan klik OK.



Buat Task Baru

Terakhir, anda perlu membuat task baru di Task scheduler komputer anda. Melakukan hal ini akan memberitahu PC anda untuk membuat restore point anda saat startup.

1. Ketik Task scheduler di kotak pencarian.

2. Pilih dari hasil atau cukup klik Enter.

3. Klik Create task dari menu Actions di sebelah kanan.


4. Pada tab General, ketik judul yang akan membantu anda mengingat apa tasknya. Saya menamakannya Auto Restore Point at Startup. Anda dapat memberi nama apapun yang anda inginkan.

5. Pada bagian Security options, pilih Run whether user is logged on or not.

6. Beri ceklist pada kotak untuk Run with highest privileges dan klik OK.


7. Pada tab Triggers, klik New.


8. Klik pada kotak drop-down Begin the task dan pilih At startup dari opsi. Setelah itu klik OK.


9. Pada tab Actions, klik New. Isi informasi dengan tiga nilai berikut:
  • Actions: Start a program
  • Program/script: powershell.exe
  • Di Add Arguments memasukkan perintah ini: 
ExecutionPolicy Bypass -Command "Checkpoint-Computer -Description \"My Restore Point Startup\" -RestorePointType \"MODIFY_SETTINGS\""



10. Pada tab Condition, hapus ceklist pada opsi Start the task only if the computer is on AC power dan Stop if the computer switches to battery power. Setelah itu klik OK.


11. Masukkan kata sandi administrator anda untuk mesin.



Siap Jalankan Task

Setelah anda menyelesaikan semua langkah di atas, anda akan dapat melihat task baru yang anda buat di task scheduler library. Ini adalah panel tengah pada jendela Task Scheduler. Untuk mengaktifkan task yang baru dibuat, cukup klik task dan klik Run pada bagian Selected Item.


Sekarang komputer anda akan membuat restore point setiap kali dinyalakan.

Untuk memastikan itu berfungsi, restart PC anda dan tunggu selama sepuluh menit untuk memberikan waktu bagi restore point untuk dibuat. Anda dapat terus bekerja jika suka saat ini terjadi. Kemudian buka System restore dan pilih Choose a different restore point. Anda akan melihat restore point yang dibuat ketika anda me-restart komputer anda dengan waktu itu terjadi.

Sekarang anda dapat dengan mudah mengetahui bahwa jika anda mengalami masalah, anda memiliki restore point baru sejak terakhir kali anda memulai komputer anda! Bagaimana menurut anda? Apakah fitur ini sangat membantu anda tanpa khawatir dengan apa yang kemudian terjadi dengan komputer anda? Bagikan pengalaman anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuat System Restore Point Otomatis Saat Startup di Windows"