Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Start Menu Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Start Menu di Windows 10 dan Windows 11 adalah salah satu fitur yang paling dihargai dan ikon dari system operasi Microsoft. Dan walaupun rasanya aneh karena memiliki emosi yang begitu kuat untuk fitur software ini, kesulitan besar terhadap Start Menu pada Windows 8 menunjukkan bahwa orang-orang sangat ingin menggunakannya untuk fitur di Windows 10 atau Windows 11. Tetapi bagaimana jika Start Menu tiba-tiba berhenti bekerja?

Apakah Start Menu anda telah menghilang, atau mungkin tidak menanggapi klik anda, atau anda mendapatkan pesan Critical Error yang ditakuti? Saya kembali dengan tutorial kali ini untuk membantu anda dengan permasalahan pada Start Menu anda.


Hal-hal yang pasti!

Setiap kali anda mendapatkan kesalahan apapun yang berkaitan dengan berbagai fitur di Windows yang tidak berfungsi, hal pertama yang harus dilakukan (selain me-reboot PC anda) adalah memeriksa file yang rusak menggunakan System File Checker yang secara otomatis akan mencoba memperbaiki kesalahan apapun di file system Windows.

Untuk melakukan ini, buka Command Prompt (Win + R, lalu ketik cmd) dan ketik sfc /scannow. Setelah anda menekan Enter, pemindaian akan memeriksa Windows apakah ada file yang rusak, dan jika ditemukan akan memperbaikinya jika memungkinkan.

Jika itu gagal, masih dalam Command Prompt, gunakan tools Deployment Image Servicing and Management yang dapat memperbaiki korup yang mencegah SFC melakukan tugasnya. Di Command Prompt, ketik:

dism /online /cleanup-image /restorehealth


Ini akan menjalankan tools DISM. Setelah itu, jalankan pemindaian SFC lain untuk memperbaiki kesalahan yang lebih besar.

Jika Start Menu anda masih tidak berfungsi setelah ini, saatnya untuk menggali lebih dalam.


1. Buat Registry Tweak

Sebuah solusi untuk Start Menu tidak berfungsi muncul beberapa bulan yang lalu, dan beberapa orang melaporkan kesuksesan dengannya. Anda harus mengubah registry anda, jadi pastikan untuk membackup registry anda terlebih dahulu.

Setelah anda selesai melakukannya, buka registry editor dengan menekan Win + R dan memasukkan regedit ke dalam kotak Run dan tekan Enter atau OK.

Di registry editor, navigasikan ke key:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\WpnUserService


Klik doble Start di panel sebelah kanan dan ubah Value datanta di sini menjadi 4 dan klik OK untuk menyimpan perubahan. Reboot PC anda dan anda siap melakukannya.


2. Restart Windows Explorer

Hal paling sederhana berikutnya yang harus dicoba adalah merestart proses Windows Explorer. Dimana ia bertanggung jawab untuk Start Menu, di antara banyak hal lain pada Windows 10 atau Windows 11. Tekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard anda untuk membuka Task Manager. Selanjutnya, klik More details jika anda berada dalam tampilan sederhana, lalu di bawah tab Processes gulir ke bawah ke Windows Explorer, klik kanan dan klik Restart.



3. Jalankan Application Identity Service

Application Identity Service di Windows 10 atau Windows 11 menggunakan service yang disebut Applocker untuk memutuskan aplikasi mana yang tidak diizinkan untuk berjalan di PC anda. Untuk sebagian besar, anda tidak perlu menyentuh ini, karena umumnya kita harus tahu apa yang tepat untuk PC kita, tetapi memaksanya untuk berjalan ketika anda mengalami masalah di Start Menui dapat membantu memperbaikinya.


Untuk menjalankan Application Identity Service, tekan Win + R, ketik services.msc ke dalam kotak Run dan tekan Enter atau OK, kemudian di jendela service klik kanan Application Identity dan klik Start. Setelah itu tutup service dan Reboot PC anda. Setelah merestart PC, Start Menu anda harus sudah aktif dan berjalan kembali.


4. Menghentikan Sign-in dari Settings Perangkat

Jika anda melihat pola Start Menu anda menunjukan "gejala  yang aneh" setiap kali anda memiliki Update Windows, atau hanya ketika anda me-restart PC anda, maka beberapa pengguna telah menyarankan bahwa ini bisa menjadi solusinya.


Buka opsi Settings - Accounts - Sign-in options, lalu gulir ke bawah ke Privacy dan alihkan tombol geser Use my sign-in info to… ke Off. Seperti yang akan anda temukan di perbaikan berikutnya, Start Menu anda yang tidak berfungsi dapat dihubungkan ke akun Windows anda, anehnya, sehingga memisahkan akun anda dari proses startup PC anda dapat membantu.


5. Buat Account Admin Baru

Beberapa orang menemukan bahwa Start Menu mereka berhenti berfungsi setelah update mayor Windows. Jika anda salah satu dari orang-orang ini, maka solusi yang patut dicoba dan diuji adalah membuat account admin Windows baru. Pastikan bahwa Start Menu akan bekerja disana, kemudian transfer semua file anda.

Untuk melakukan ini, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, lalu klik File - Run new task dan ketik:

net user yourname yourpassword /add


Masukan ke dalam kotak Run, di mana "yourname" adalah nama yang ingin anda beri untuk nama akun, dan "yourpassword" adalah kata sandi yang anda inginkan untuk akun tersebut. Beri ceklist kotak untuk menjadikannya akun administrator, lalu klik OK.


Setelah itu Log in ke akun baru. Jika Start Menu ditampilkan, maka anda berhasil. Dan untuk mentransfer Settings dan Aplikasi anda ke akun baru, masuk kembali ke akun lama anda, lalu pergi ke Control Panel - System - Advanced system settings. Klik tab Advanced, lalu di bawah User Profiles klik Settings. Pilih akun anda yang baru dibuat dari daftar dan klik Copy To.


6. Install ulang Aplikasi Windows Anda

Aplikasi Windows mungkin memiliki fitur-fitur bagus seperti jendela mini Skype yang memungkinkan anda berbicara dengan orang-orang sambil melanjutkan hal-hal lain, tetapi mereka diketahui sering mengganggu Windows dari waktu ke waktu. Menjepit aplikasi yang bertanggung jawab atas kekacauan ini bisa memakan waktu cukup lama, jadi ada perintah praktis di Windows yang memungkinkan anda menginstal ulang setiap aplikasi Windows secara bersamaan. (Hampir seolah-olah Microsoft siap untuk orang-orang yang memiliki masalah ini!)

Ini adalah kesempatan yang baik untuk berkenalan dengan PowerShell, yang pada dasarnya adalah versi Command Prompt yang super lengkap. Telusuri alamat dibawah ini untuk menemukan dan membuka PowerShell.

C:Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0

Jika sudah dapat, klik kanan pada powershell.exe dan klik Run as administrator.

Setelah anda masuk, ketik perintah yang berikut dan tekan Enter:

Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)AppXManifest.xml"}


Anda akan melihat banyak proses dimulai, dan ketika itu berakhir, anda mungkin akan melihat banyak tulisan merah yang tampak mengkhawatirkan di bawahnya. Abaikan itu dan Reboot PC anda agar Start Menu anda berfungsi kembali.

Lebih lengkap untuk cara uninstall aplikasi bawaan Windows silahkan baca Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Windows Pada Windows 10/11 Menggunakan PowerShell.


7. Boot ke Safe Mode with Networking

Banyak pengguna melaporkan bahwa mem-boot Windows ke Safe Mode with Networking, kemudian mem-boot kembali ke Windows normal, dapat memperbaiki Start Menu yang rusak.

Untuk mem-boot ke Safe Mode dari Windows 10 atau Windows 11, tekan Win + R, ketik msconfig, dan kemudian di jendela System Configuration klik tab Boot, beri ceklist pada kotak Safe boot, dan klik Network, lalu klik OK. Reboot PC anda.


Dan itu akan mulai start up dalam Safe Mode in Networking. Mungkin tampilannya agak berbeda. Setelah masuk Windows, silahkan buka kembali jendela System Configuration seperti yang anda lakukan untuk masuk ke Safe Mode. Disana hapus ceklist pada kotak Safe boot dan klik OK, lalu Reboot PC anda kembali, dan mudah-mudahan Start Menu anda dapat kembali seperti semula.


Perbaikan 8: Dropbox, Anti-Virus dan Driver AMD Graphics

Untuk waktu yang lama, pengguna Windows 10 atau Windows 11 mengeluh bahwa Dropbox akan berbenturan dengan Start Menu, memblokir file akun pengguna tertentu yang sangat penting agar dapat berjalan dengan baik. Dropbox mengklaim telah mengatasi masalah ini dalam update yang dirilis tahun lalu, tetapi jika anda memang memiliki Dropbox, mungkin perlu menguninstallnya untuk melihat apakah masalah itu masih ada untuk anda.

Masalah lain adalah dengan AMD card yang telah terhubung ke Start Menu juga tidak berfungsi, dan beberapa pengguna telah melaporkan bahwa menonaktifkan service AMD External Events Utility dapat menyelesaikan masalah. Untuk membuka jendela Services, tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.


Pengguna lain telah melaporkan bahwa program anti-virus seperti Avast, Malwarebytes, dan berbagai aplikasi Windows Store pihak ketiga juga dapat menyebabkan masalah, jadi ada baiknya menguninstall anti virus tersebut untuk melihat mana penyebabnya.


Ini adalah cara yang paling terkenal untuk mendapatkan kembali Start Menu anda, meskipun memiliki masalah yang begitu banyak dengan sumber yang berbeda, selalu ada kemungkinan yang lain untuk memperbaikinya.

Apakah salah satu perbaikan saya membantu anda, atau apakah anda menemukan solusi sendiri untuk Start Menu yang berhenti berfungsi? Beri tahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Start Menu Tidak Berfungsi di Windows 10/11"