Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800705b4, Preparing your device for mobile management

 


Anda mungkin mengalami error 0x800705b4 saat mendaftarkan perangkat Windows di mobile management service, seperti Intune, dengan pesan error Preparing device for mobile management failed. Di Autopilot, jika anda mendapatkan Error 0x800705b4, Preparing your device for mobile management, maka ikuti solusi yang disebutkan dalam artikel ini untuk mengatasinya.


Apa itu Error Autopilot 0x800705b4?

Error code 0x800705b4 menunjukkan bahwa sebuah proses telah kehabisan waktu. Ini terjadi ketika sebuah tugas di Windows membutuhkan waktu terlalu lama untuk diselesaikan dan system membatalkannya. Meskipun orang sering melihat error ini saat mengupdate Windows, error ini juga dapat terjadi selama tugas lain, seperti pengaturan perangkat. Penyebab umumnya meliputi konflik dengan software lain, seperti program antivirus pihak ketiga, file system yang rusak, masalah dengan service tertentu atau masalah dengan komponen system.



Memperbaiki Error 0x800705b4, Preparing your device for mobile management


Jika anda mengalami error 0x800705b4 di Autopilot yang menyatakan bahwa Preparing your device for mobile management, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya. Mari kita bahas ini secara mendetail.



1. Restart Service BITS dan Windows Update


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, error ini merupakan timeout, yang sering terjadi ketika service background penting menjadi tidak responsif atau stuck. Merestart service Background Intelligent Transfer Service (BITS) dan Windows Update akan membersihkan statusnya saat ini, menghentikan proses yang macet, dan memungkinkannya untuk memulai kembali dengan kondisi yang bersih, yang dapat mengatasi penyumbatan. Anda dapat mereset Windows Update Component ini melalui Command Prompt atau melalui Services Windows.


Melalui Command Prompt:

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter.
net stop bits
net stop wuauserv
net start wuauserv
net start bits


Melalui Services Windows:
  • Tekan tombol Win + R, kemdudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Windows Update dan pilih Restart. Lakukan hal yang sama dengan Background Intelligent Transfer Service.
  • Setelah anda melakukan itu, restart komputer anda dan periksa kembali.

Terakhir, periksa apakah masalah telah teratasi.


2. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Windows Update Troubleshooter adalah tool yang membantu memperbaiki masalah umum update. Karena mobile device management menggunakan komponen yang sama dengan Windows Update, maka troubleshooter ini dapat memperbaiki masalah seperti status service yang rusak, mereset izin yang gagal dan memperbaiki entri registry yang rusak yang mungkin menyebabkan timeout.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.
  • Setelah itu, restart komputer anda.


3. Pecahkan Masalah di Clean Boot

Clean Boot memulai Windows hanya menggunakan service Microsoft yang penting dan menonaktifkan sementara semua aplikasi pihak ketiga. Ini membantu anda mengidentifikasi masalah dengan menilai apakah software background, seperti program antivirus, service penyimpanan cloud atau berbagai utilitas, menyebabkan gangguan atau memblokir proses pendaftaran mobile management, yang dapat membantu menghilangkan error timeout. Anda dapat melakukan Clean Boot, mengulangi masalah, kemudan memeriksa apakah sudah teratasi. Jika masalah teratasi, cari tahu penyebabnya dan kemudian menonaktifkan atau menguinstall aplikasinya.



4. Terapkan Perbaikan Terkait TPM

Proses Autopilot menggunakan Trusted Platform Module (TPM) untuk mengidentifikasi perangkat anda dengan aman. Jika TPM adalah versi yang lebih lama (kurang dari 2.0) atau terkunci atau rusak, TPM tidak dapat menyelesaikan koneksi aman. Hal ini akan menyebabkan proses terhenti dan akhirnya terhenti dengan error 0x800705b4. Menghapus TPM akan mereset TPM, sehingga dapat berfungsi kembali dengan baik.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik tpm.msc dan tekan Enter untuk membuka TPM Management.
  • Di jendela TPM Management, periksa Status dan Specification Version untuk memastikan TPM tersedia dan versinya 2.0.
  • Sekarang, kita perlu menghapus TPM melalui BIOS/UEFI. Untuk melakukannya, restart komputer anda dan masuk ke pengaturan firmware BIOS/UEFI (biasanya dengan menekan F2, Delete, atau F12 saat boot).
  • Selanjutnya, buka bagian Security dan temukan TPM management option (sering disebut TPM, Security Device atau fTPM).
  • Setelah itu, pilih opsi Clear atau Clear TPM.
  • Simpan pengaturan BIOS dan keluar.
  • Windows akan boot. Anda mungkin perlu bergabung kembali dengan domain Azure Active Directory anda.
  • Setelah ini, coba lagi pendaftaran Autopilot.

Untuk melakukannya melalui TPM management console, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik tpm.msc dan tekan Enter untuk membuka TPM Management Console.
  • Di jendela TPM Management Console, klik Clear TPM di panel kanan.
  • Setelah itu, klik Restart dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosesnya.

Ingatlah bahwa menghapus TPM akan menghapus key-nya. Jika perangkat anda menggunakan enkripsi drive BitLocker, anda memerlukan recovery key BitLocker untuk membuka key drive setelah reset.


5. Periksa Jaringan dan Konektivitas

Selama Autopilot, perangkat harus menghubungi server produsen TPM untuk validasi keamanan hardware. Jika firewall atau proxy memblokir URL ini, permintaan akan habis waktunya, dan langkah "Preparing device for mobile management" gagal dengan error 0x800705b4.

Pada jaringan yang tidak dibatasi, hubungkan perangkat untuk sementara ke jaringan terbuka lain (seperti hotspot seluler) dan coba lagi pendaftaran Autopilot. Jika berhasil, masalahnya ada pada konfigurasi jaringan utama anda.

Pada jaringan yang bermasalah;
  • Buka jendela PowerShell dengan hak administrator. Atau buka Terminal Windows dengan hak admin dan pilih PowerShell.
  • Setelah itu, jalankan perintah berikut untuk menguji konektivitas ke endpoint pengesahan TPM umum.
Test-NetConnection intel.com -Port 443 
Test-NetConnection amd.com -Port 443 
Test-NetConnection nuvoton.com -Port 443



Jika pengujian gagal, berkolaborasilah dengan administrator jaringan anda untuk memastikan akses HTTPS keluar (port TCP 443) diberikan ke domain vendor TPM serta seluruh rangkaian endpoint Windows Autopilot dan Intune.

Selesai!


Bagaimana cara mengatasi error code 0x800705b4?
Untuk memperbaiki error code 0x800705b4, yang merupakan error timeout, restart service inti Windows dengan membuka Command Prompt dengan hak admin dan menjalankan net stop bits, kemudian net stop wuauserv, diikuti oleh net start wuauserv dan net start bits. Selain itu, pastikan koneksi internet stabil dan nonaktifkan sementara software antivirus pihak ketiga, karena masalah jaringan atau konflik software sering kali menyebabkan proses yang diperlukan macet dan gagal selesai tepat waktu.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800705b4, Preparing your device for mobile management di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800705b4, Preparing your device for mobile management"