Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 12, This device cannot find enough free resources that it can use

 


Jika anda melihat error Code 12, This device cannot find enough free resources that it can use di Device Manager anda, maka itu berarti perangkat yang ingin anda gunakan tidak dapat menemukan resource tersedia yang cukup untuk beroperasi. Pesan error lengkap juga akan menyertakan saran untuk menghapus atau menonaktifkan salah satu perangkat lain di system Windows 10 atau Windows 11 anda. Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana anda dapat mengatasi error Code 12 di Device Manager ini.

This device cannot find enough free resources that it can use. (Code 12)

If you want to use this device, you will need to disable one of the other devices on this system.



Jika error ini terjadi, maka itu berarti ada lebih dari satu perangkat yang mencoba menggunakan port I/O yang sama. Jadi, buka Device Manager dan lihat apakah ada tanda seru berwarna kuning di sebelah item apapun. Anda ingin menemukan perangkat yang menyebabkan konflik I/O. Ini biasanya terjadi ketika anda baru saja memasang hardware baru atau menginstall software baru , dimana itu mungkin telah mengubah konfigurasi anda. Jika demikian, maka anda dapat mencoba melepaskan hardware yang baru anda pasang atau menguninstall software yang baru anda install atau bahkan mengembalikan system anda ke versi Windows sebelumnya.


Resource  dapat berupa jenis apapun. Hal ini bisa terjadi ketika perangkat diberi port I/O yang sama, channel DMA (Direct Memory Access) yang sama atau interupsi yang sama. 



Memperbaiki Error Code 12, This device cannot find enough free resources that it can use


Berikut adalah beberapa solusi perbaikan untuk mengatasi error Code 12, This device cannot find enough free resources that it can use di Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita lihat secara terperinci.



1. Ikuti Solusi yang Disarankan


Biasanya solusi ditawarkan oleh Windows tepat di sebelah pesan error ini. Jika cukup sederhana, anda dapat mengikutinya dan menyelesaikan masalahnya. Seperti yang anda lihat pada gambar error diatas, bahwa salah satu perangkat lain yang mungkin anda pasang baru-baru ini bertentangan dengan perangkat yang sudah ada. Untuk itu, anda dapat melepasnya dan mengganti slot hardware pada motherboard.



2. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Karena error ini juga dapat berkaitan dengan hardware PC, maka anda dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter dan lihat apakah ini dapat membantu memperbaiki masalah ini. Untuk menjalankan troubleshooter ini, anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah di jendela Command Prompt. Saat troubleshooter ini di jalankan, Windows akan mencari masalah dan mencoba memperbaikinya secara otomatis. Jika ada masalah yang terdeteksi, Windows akan memberikan saran atau solusi untuk memperbaikinya.




3.  Update Driver Perangkat Melalui Device Manager


Jika terjadi konflik karena driver, maka anda dapat mengupdate driver perangkat yang dimaksud. Jika anda yakin dengan perangkat fisiknya, maka anda juga dapat mencoba mendownload driver perangkat versi terbaru dari website OEM dan kemudian menginstall driver secara manual di systema anda.




4. Uninstall Perangkat yang Bermasalah


Buka Device Manager untuk menemukan perangkat dengan tanda seru berwarna kuning. Kemudian, klik kanan padanya dan pilih untuk menguninstall driver perangkat anda. Setelah itu, restart komputer anda dan biarkan OS menemukan hardwarenya lagi dan mengalokasikan resource. Ini juga akan menginstall driver perangkat anda kembali secara otomatis.




5. Alokasikan Resource dari BIOS


Jika tidak ada solusi diatas yang membantu anda, maka anda perlu mengalokasikan resource dari BIOS. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

  • Masuk ke BIOS anda. Biasanya dengan merestart komputer dan diikuti dengan menekan tombol F2 atau DEL. Ini akan membawa anda ke dalam BIOS.
  • Setelah berada di BIOS, anda perlu mengalokasikan resource yang cukup untuk perangkat tersebut. Misalnya, jika BIOS tidak mengalokasikan interupsi ke USB controller karena tabel multiprocessor specification (MPS) tidak valid, maka anda perlu mengubahnya dari BIOS.



Perhatikan bahwa ini memerlukan seseorang dengan pemahaman yang jelas tentang apa yang anda coba ubah di BIOS. Selain itu, BIOS harus menawarkan fitur ini.



Saya harap artikel ini mudah diikuti.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Code 12, This device cannot find enough free resources that it can use di Windows 10 atau Windows 11 beserta solusinya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 12, This device cannot find enough free resources that it can use"