Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Address bar dan Menu bar Explorer Hilang di Windows 10/11

 


Jika Address bar dan Menu bar File Explorer hilang di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut beberapa solusi untuk memperbaiki masalah ini. Masalah ini bisa terjadi karena banyak alasan dan itulah sebabnya saya telah membahas hampir semua kemungkinan alasan sehingga anda bisa mendapatkan kembali Address bar dan Menu bar di File Explorer dalam beberapa saat.



Memperbaiki Address bar dan Menu bar Explorer Hilang Windows 10/11


Jika Address bar dan Menu bar File Explorer hilang di Windows 10 atau Windows 11, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Restart Proses Windows Explorer


Merestart proses Windows Explorer dapat memperbaiki masalah ini jika terjadi karena beberapa bug atau kesalahan. Anda dapat merstart proses Windows Explorer melalui Task Manager, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Selanjunya, klik kanan pada proses Windows Explorer dan klik Restart.



Setelah merestartnya, buka File Explorer dan periksa.



2. Nonaktifkan File Explorer atau Aplikasi Manager Pihak Ketiga


Ada banyak aplikasi file manager alternatif yang tersedia untuk Windows 10 maupun Windows 11. Beberapa di antaranya bekerja dengan lancar sedangkan beberapa lainnya dapat mengubah system file anda untuk memberikan fungsionalitas yang lebih baik kepada anda. Jika anda memiliki aplikasi pihak ketiga yang terinstall di PC anda, maka lebih baik nonaktifkan atau uninstall aplikasi tersebut dan restart komputer anda. Kemudian periksa apakah itu memperbaiki masalah atau tidak.



3. Uninstall Update yang Baru Diinstall


Terkadang, update dapat merusak PC anda karena beberapa masalah kompatibilitas. Jika masalah ini mulai muncul setelah anda menginstall update, maka disarankan untuk menguninstall update tersebut sesegera mungkin. Anda dapat melakukan ini menggunakan perintah Command Promt mauput melalui Control Panel. Untuk melakukannya melalui Control Panel, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Selanjutnya, klik View installed updates di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, anda akan menemukan daftar update Windows. Di Windows 11, jendela Settings akan terbuka dan menampilkan halaman Uninstall Updates.
  • Selanjutnya, di Windows 10, pilih update Windows yang menyebabkan masalah atau yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall. Sementara di Windows 11, klik Uninstall di samping update yang ingin anda uninstall.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall update.
  • Setelah proses uninstall selesai, anda perlu merestart komputer anda.




4. Jalankan System File Checker


Ada kalanya File Explorer anda tidak menampilkan semua opsi karena system file rusak. Masalah seperti itu muncul ketika ada serangan malware. Meskipun anda menghapus malware, file yang rusak mungkin tetap ada. Itu sebabnya anda harus menjalankan System File Cheker.




5. Perbaiki Masalah Menggunakan Windows Update


Anda dapat menggunakan Windows Update untuk memperbaiki beberapa masalah umum. Opsi khusus ini tidak menghapus aplikasi, file atau pengaturan anda. Namun, system operasi anda akan diinstall ulang. Untuk menggunakan opsi ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tmbol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Recovery di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Reinstall now di samping opsi Fix problems using Windows Update.
  • Setelah itu, beri ceklist pada opsi Automatically restart my PC 15 minutes after instalation dan klik OK.



Jangan merestart atau mematikan komputer anda selama proses berlangsung.



Saya harap solusi ini berhasil untuk anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Address bar dan Menu bar Explorer hilang di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Address bar dan Menu bar Explorer Hilang di Windows 10/11"