Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Rollback Windows 10/11 Setelah 10 Hari Upgrade

 


Jika anda telah mengupgrade Windows anda ke versi yang baru atau anda telah mengupgrade ke Windows 11 atau Windows 10 dari Windows 8.1 atau Windows 7, maka system operasi baru memungkinkan anda untuk mengembalikan (rollback) Windows 10 atau Windows 11 ke versi sebelumnya, asalkan anda melakukan operasi rollback dalam waktu 10 hari, anda akan melakukannya dengan mudah dari jendela Settings dengan bantuan opsi Previous version of Windows. Namun jika telah melewati batas 10 hari, opsi Previous version of Windows dengan tombol Go back tidak lagi tersedia untuk anda di jendela Settings Recovery Windows. Oleh karena itu, anda perlu menggunakan trik ini untuk mengembalikan Windows 10 atau Windows 11 atau versi Windows terbaru ke versi sebelumnya, bahkan setelah batas 10 hari.



Setelah anda mengupgrade ke versi Windows terbaru atau dari Windows 10 ke Windows 11, anda mungkin melihat dua folder di drive system (C:) anda yang bernama $Windows.~BT dan $Windows.~WS. Folder-folder ini disembunyikan dan dibuat oleh Windows selama proses upgrade. Untuk melihatnya, anda perlu menampilkan file dan folder system operasi yang tersembunyi.


Folder $Windows.~BT, $Windows.~WS dan Windows.old ini diperlukan oleh system untuk melakukan operasi rollback. Setelah 10 hari, Windows 10 atau Windows 11 secara otomatis menghapus folder-folder ini selama Automatic Maintenance. Setelah 10 hari, anda mungkin tidak melihat opsi untuk Rollback di Settings Windows atau anda mungkin menerima pesan We’re sorry, but you can’t go back.



Cara Rollback Windows 10/11 Setelah 10 Hari Upgrade


Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut ini untuk merollback versi Windows anda ke versi Windows sebelumnya setelah 10 hari anda mengupgrade Windows anda. Mari kita lihat langkah-langkahnya secara terperincin.



1. Ganti Nama Folder System


Yang dapat anda lakukan adalah mengganti nama folder-folder yang di jelaskan diatas, segera setelah anda mengupgrae versi Windows dan tentunya sebelum jangka waktu 10 hari.


Ganti nama folder berikut:

  • $Windows.~BT menjadi Bak-$Windows.~BT
  • $Windows.~WS menjadi Bak-$Windows.~WS
  • Windows.old menjadi Bak- Windows.old



Saat anda melakukan ini, Windows 10 atau Windows 11 tidak akan dapat menghapus folder-folder ini karena anda telah mengubah namanya.


Jika anda memutuskan untuk melakukan rollback setelah 10 hari, ganti nama folder ini kembali ke nama aslinya dan kemudan, buka Settings Windows dan pergi ke Update & Security - Recovery (Windows 10) atau System - Recovery (Windows 11) dan klik Go back pada opsi Previous version of Windows untuk Kembali ke versi sebelumnya.


Jika mau, anda juga dapat membackup 3 folder ini ke drive eksternal dengan nama aslinya.


Jika anda merasa perlu, anda sekarang dapat melakukan rollback bahkan setelah 30 hari. Tapi anda harus membackup data terbaru anda sebelum melakukan operasi rollback.



2. Menggunakan Perintah Command Line


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk merollback versi Windows anda ke kersi sebelumnya menggunakan perintah di Windows PowerShell.

  • Di jendela Command Prompt,  masukan perintah berikut ini dan tekan Enter:
DISM /Online /Get-OSUninstallWindow
  • Jika folder Windows.old masih ada di system anda, jumlah hari yang tersisa untuk rollback akan ditampilkan. Namun jika anda melihat pesan error berikut ini, berarti folder tersebut telah dihapus dan tidak ada yang dapat anda lakukan.
Error: 1168
Element not found.
The DISM log file can be found at C:\windows\Logs\DISM\dism.log


  • Jika folder Windows.old masih ada di system anda, lakukan hal berikut untuk memperpanjang periode Go back ke versi sebelumnya. Untuk itu, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
DISM /Online /Set-OSUninstallWindow /Value:60

Ini akan mengaktifkan periode selama 60 hari. Anda dapat mengatur 30 hari atau 60 hari sesuai kebutuhan anda.

Selama periode tersebut, anda dapat merollback ke versi Windows sebelumnya dari jendela Settings Windows.


3. Menggunakan Registry Editor

Jika folder Windows.old masih ada di system anda, anda dapat Registry Editor untuk memperpanjang periode rollback Windows. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup\UninstallWindow
  • Di lokasi, klik dobel pada UninstallWindow di panel kanan.
  • Di jendela edit DWORD, atur Base-nya ke Decimal.
  • Selanjutnya, pada kotak Value data, tetapkan nilainya ke angka antara 2 dan 60. Misalkan untuk memperpanjang 2 bulan, atur nilainya menjadi 60.
  • Setelah itu klik OK untuk menyimpannya.


Sekarang anda memiliki periode waktu untuk merollback Windows anda ke versi Windows sebelumnya.


4. Clean Install Windows

Jika folder Windows.old telah dihapus, maka hanya ada satu metode yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan versi Windows anda ke versi Windows sebelumnya yaitu dengan melakukan clean install Windows. Jika anda tidak menyukai system operasi baru karena alasan apapun, selalu ada cara lain untuk mengembalikan perubahan tersebut. Untuk itu, anda perlu mendownload ISO Windows dari website Microsoft, kemudian membuat USB drive bootable dan memulai instalasi Windows.



Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam merollback Windows 10 atau Windows 11 setelah 10 hari upgrade. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Rollback Windows 10/11 Setelah 10 Hari Upgrade"