Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki UEFI Firmware Settings Hilang di Windows 10/11

 


Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah salah satu software terpenting untuk mem-boot sistem operasi di komputer. BIOS yang menjadi alternatif UEFI sudah kurang disukai jika dibandingkan dengannya. Apakah UEFI atau BIOS didukung tergantung pada motherboardnya. Beberapa pengguna yang menggunakan UEFI melaporkan bahwa mereka mengalami masalah dimana UEFI Firmware Settings tidak ada di layar Advanced Options pada Windows 10 dan Windows 11 mereka.


Mengapa UEFI tidak muncul di BIOS?

Opsi UEFI Firmware Settings ini kemungkinan hilang karena beberapa alasan. Mungkin Extra Fast Startup diaktifkan, akses ke menu UEFI diblokir, system operasi diinstall dalam Mode Legacy atau alasan lainnya. Mari kita lihat bagaimana kita bisa memperbaiki masalah ini.




Memperbaiki UEFI Firmware Settings Hilang di Windows 10/11


Jika UEFI Firmware Settings hilang dari layar Advanced Options, maka maka artikel ini akan menunjukkan kepada anda cara memecahkan masalah, mengaktifkan dan mengakses UEFI firmware settings di Windows 10 atau Windows 11. Mari kita lihat beberapa solusi secara mendetail.



1. Periksa Apakah Komputer Anda Mendukung UEFI


Jika motherboard komputer anda tidak mendukung UEFI, maka tidak ada gunanya mencari opsi yang bertuliskan UEFI Firmware Settings di layar Advanced Options. Anda dapat mencoba memeriksa apakah komputer anda mendukung UEFI atau tidak dengan mengkuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan Win + R, kemudian ketik msinfo32 dan tekan Enter untuk membuka System Information.
  • Di jendela System Information, pilih System Summary pada panel kiri.
  • Di panel kanan anda dapat melihat apakah anda menggunakan BIOS atau UEFI di samping BIOS Mode. Jika anda melihat UEFI, maka system anda menggunakan bios UEFI. Jika anda melihat Legacy, maka system anda menggunakan Legacy BIOS.




2. Nonaktifkan Fast Startup


Masalah ini juga muncul karena Fast Startup diaktifkan di komputer anda. Oleh karena itu, anda dapat menonaktifkan Fast Startup dan periksa kembali apakah opsi UEFI Firmware Settings telah di tampilkan kembali atau tidak.




3. Lewati Fitur Extra Fast Startup


Untuk melakukan ini, anda dapat menekan dan menahan tombol Shift ketika anda mengklik tombol Shutdown dari tombol Start Windows anda.


Langkah ini akan mem-boot komputer anda dengan boot UEFI dari awal dan kemudian anda dapat menggunakan hotkey motherboard anda untuk melakukan booting ke UEFI Setup.



4. Gunakan Shortcut Booting ke UEFI


Anda juga dapat menggunakan shortcut untuk booting langsung ke UEFI sehingga anda dapat melewati tahapan-tahapan untuk mencapai menu UEFI Setup. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik kanan pada Desktop dan pilih New - Shortcut.
  • Kemudian, ketik perintah berikut ini di bidang teks jendela Create Shortcut yang terbuka dan klik Next.
Shutdown /r /fw
  • Selanjutnya, beri nama shortcut (mis. Shutdown UEFI) dan klik Finish.


  • Sekarang, shortcut baru telah dibuat.
  • Di desktop, klik kanan pada shortcut tersebut dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, pastikan anda berada di tab Shortcut dan kemudian klik Advanced.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Run as administrator dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


Mulai sekarang, setiap kali anda menjalankan shortcut ini, anda akan booting ke UEFI Firmware Settings secara otomatis.


5. Clear CMOS

Mereset atau meng-clear pengaturan CMOS akan memperbaiki masalah ini jika UEFI Firmware Settings tidak ada di Advanced Options. Anda perlu melakukannya di motherboard dan bukan di level software. Berhati-hatilah saat melakukannya karena anda dapat merusaknya. Jika anda baru mengenal hardware atau belum berpengalaman menggunakannya, dapatkan bantuan dari profesional.


6. Beralih dari Legacy ke UEFI

Perbaikan lain yang dapat anda gunakan adalah mengubah/mengkonvert dari Legacy BIOS ke UEFI. Metode ini hanya berfungsi jika motherboard anda mendukung Legacy BIOS dan UEFI dan komputer anda harus menjalankan Windows 10 atau Windows 11 terbaru pada partisi MBR.



Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki UEFI Firmware Settings hilang di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki UEFI Firmware Settings Hilang di Windows 10/11"