Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The stub received bad data di Windows 10/11

 


Pesan error The stub received bad data pada Windows 10 atau Windows 11 telah menjadi bagian dari beberapa skenario dan tidak ada satu solusi pasti. Meskipun hal ini telah dilaporkan di forum, namun tidak ada penjelasan mengenai skenario konkritnya. Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.




Memperbaiki Error The stub received a bad data di Windows 10/11


Berikut ini adalah beberapa skenario dimana pengguna menemukan pesan error The stub received bad data yang diikuti dengan solusinya.



1. Error 1783: The stub received bad data


Error ini terjadi saat anda membuka Services.msc. Hal yang sama dapat terjadi ketika diakses pada remote computer (komputer jarak jauh) dan anda hanya dapat memulai dan berhenti menggunakan perintah sc start dan sc stop. Menurut Microsoft Documents, hal ini terjadi ketika jumlah service yang diinstall telah melebihi batas ukuran buffer Services.msc.


Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menguninstall software yang tidak diperlukan dari Windows. Namun, berhati-hatilah saat menguninstallnya karena mungkin menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.



2. Error Stub received bad data dan Masalah Mail dan Windows Store


Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa error terjadi ketika mereka membuka Task Manager dan terkadang aplikasi lain. Saat berikutnya dibuka, itu berfungsi dengan baik. Itu juga dilaporkan menyebabkan masalah dengan sinkronisasi Outlook/Mail, Windows Store tidak memperbarui data dan sebagainya.


Masalah ini terjadi karena update driver NVIDIA yang menyebabkan masalah dimana-mana. Untuk masalah yang terkait dengan Outlook/Mail dan Windows Store, saya menyarankan anda untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter, namun disarankan untuk me-rollback driver NVIDIA ke versi sebelumnya dan memeriksa apakah ini menyelesaikan masalah.


Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan jendela.
  • Selanjutnya, klik pada Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ini akan membuka jendela troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Run yang ada di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan akan memperbaikinya secara otomatis jika masalah ditemukan.




3. Restart Aplikasi


Jika anda mendapatkan error The stub received bad data saat meluncurkan game atau aplikasi berbasis EXE, maka anda perlu menginstall ulang aplikasi atau game tersebut. Jika tindakan tersebut tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan aplikasi seharusnya dimulai dengan beberapa opsi. Sebaiknya buat ulang shortcut dari aplikasi asli dan periksa dukungan software.



4. Solusi Umum


Anda juga dapat mem-boot komputer anda dalam Clean Boot untuk memecahkan masalah ini. Jika masalah tidak muncul disana, maka coba identifikasi pelakunya dan nonaktifkan atau uninstall sepenuhnya dari system anda.


Selanjutnya, anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dan melihat apakah itu membantu.




Saya harap salah satu solusi diatas membantu menyelesaikan masalah error The stub received a bad data di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika anda punya ide lain, silakan bagikan disini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The stub received bad data di Windows 10/11"