Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Brightness Layar Terus Berubah di Windows 10/11

 


Perubahan brightness (kecerahan) layar yang tiba-tiba dan tidak terduga saat anda mencoba bekerja atau bersantai dapat membuat frustasi. Pengguna PC Windows 10 dan Windows 11 terus-menerus melaporkan masalah brightness layar yang berubah secara tidak terduga. Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika brightness layar terus berubah di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Penyebab utamanya adalah fitur Adaptive Brightness yang menggunakan sensor cahaya sekitar untuk mendeteksi cahaya di sekitar anda dan menyesuaikan brightness layar. Alasan lain termasuk dugaan Power management pada PC Windows anda. Pengaturan integrated graphics juga dapat mengganggu brightness layar dan berubah secara otomatis tergantung sumber listrik.



Memperbaiki Brightness Layar Terus Berubah di Windows 10/11


Di bagian ini, kita akan melihat beberapa perbaikan untuk masalah brightness layar anda yang terus berubah di Windows 10 atau Windows 11. Namun sebelum anda memulai, pastikan anda telah mengupdate driver graphics anda. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD, di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics



1. Nonaktifkan Adaptive Brightness


Fitur Adaptive Brightness di Windows menggunakan sensor cahaya sekitar untuk mendeteksi cahaya di sekitar dan menyesuaikan brightness-nya. Terkadang, fitur ini dapat mengubah brightness secara tidak perlu, atau anda mungkin perlu menonaktifkan fitur Adaptive Brigness untuk menjaga brightness layar tetap stabil. Anda dapat melakukannya dari Settings Windows atau melalui Control Panel. Di Settings Windows 11, anda dapat menghapus ceklist pada opsi Change brightness automatically when the lighting changes pada bagian Display.




2. Nonaktifkan Intel Display Power Saving Technology


Misalkan anda menggunakan CPU Intel dan memiliki integrated Intel graphics. Dalam hal ini, Intel Display Power Saving Technology diaktifkan secara default, secara otomatis menyesuaikan brightness layar untuk menghemat daya.

  • Buka aplikasi Intel UHD Graphics Control Panel di PC anda.
  • Di aplikasi, pilih Power.
  • Selanjutnya, klik Disable dibawah opsi Display Power Saving Technology.
  • Setelah itu, klik Apply untuk menyimpan perubahan.




3. Nonaktifkan Battery Saving untuk Intel atau AMD Graphics


Dengan software graphics control pada Intel dan AMD, itu menawarkan fungsionalitas serupa dan brightness yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi baterai PC anda. Anda perlu menonaktifkan opsi untuk mencegah brightness berubah secara otomatis. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Untuk Intel:

  • Buka aplikasi Intel Graphics Command Center.
  • Di aplikasi, pilih System di panel kiri dan alihkan ke tab Power pada bar atas.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah untuk menemukan bagian baterai dan perluas On Battery.
  • Kemudian, nonaktifkan opsi Display Power Savings ke Off.



Untuk AMD:

  • Jika anda menggunakan CPU dan graphics AMD, maka buka AMD Software: Adrenalin Edition.
  • Selanjutnya, alihkan ke tab Gaming dan pilih tab Display di bar atas.
  • Sekarang, nonaktifkan opsi Vari-Bright ke Off atau Disable.



Apakah Adaptive Brightness tersedia untuk semua laptop Windows?

Adaptive Brightness tidak tersedia untuk semua laptop Windows. Fitur ini bekerja dengan sensor cahaya sekitar, yang mendeteksi cahaya di sekitar dan menyesuaikan brightness-nya. Sensor cahaya sekitar umumnya ditemukan di laptop kelas atas atau 2-in-1.


Apakah membiarkan laptop tetap terhubung akan menjaga kesehatan baterai?

Membiarkan laptop selalu tersambung ke sumber listrik tidak serta merta menjaga kesehatan baterai dan bahkan dapat mempercepat kerusakan. Baterai hanya dapat melalui sejumlah siklus pengisian dan pengosongan yang terbatas. Baik Microsoft maupun Apple telah menyarankan agar laptop tidak selalu terhubung ke sumber listrik. Untuk kesehatan baterai yang optimal, isi daya antara 20-80%.


Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat memperbaiki masalah brightness atau kecerahan layar yang berubah secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Brightness Layar Terus Berubah di Windows 10/11"