Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Adaptive Brightness pada Windows 10/11


Pernahkah anda memperhatikan bahwa setelah memindahkan laptop Windows 10 atau Windows 11 anda dari satu tempat ke tempat lain, maka kecerahan layar akan menyesuaikan tanpa anda melakukan apapun? Jika demikian, jangan khawatir; itu bukan virus yang telah mengambil alih komputer anda. Ini hanya fitur Adaptive Brightness yang terintegrasi pada OS Windows 10 dan Windows 11.


Apa itu Adaptive Brightness

Jika anda menjalankan versi modern Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin menikmati fitur yang disebut Adaptive Brightness. Apa yang dilakukan fitur ini adalah menggunakan sensor cahaya laptop anda untuk menyesuaikan kecerahan tampilan sesuai dengan cahaya yang berada disekitar anda. Penyesuaian kecerahan ini bisa sangat menjengkelkan karena anda mungkin ingin kecerahan layar anda menjadi lebih cerah, tetapi fitur ini tidak memungkinkan anda menyesuaikannya. Jadi, kecuali anda menonaktifkan fitur Adaptive Brightness ini, saya khawatir anda mungkin akan terjebak dengan kecerahan saat ini.


Cara Nonaktifkan/Aktifkan Adaptive Brightness pada Windows 10 atau Windows 11

Berita baiknya adalah apakah anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkannya, langkah-langkah untuk kedua hal itu sama. Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba mengingat dua langkah yang sangat berbeda. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengklik tombol Start, dan di search bar ketik Power Options atau anda dapat membuka Cotrol Panel dan mencarinya disana.


Pilih Change Plan Settings pada Perferred plan dimanapun yang sedang anda gunakan atau ingin modifikasi. Di bagian bawah layar anda, anda perlu mengklik Change advanced power settings (tulisan berwarna biru).


Setelah selesai, anda akan melihat jendela baru muncul. Gulir perlahan kebawah sampai anda melihat opsi Display dan klik tanda plus kecil di sebelahnya. Setelah mengklik, anda akan melihat lebih banyak opsi yang muncul, dan diantara opsi itu anda akan melihat Enable adaptive brightness. Buat perubahan yang ingin anda buat dan klik OK sehingga opsi anda dapat disimpan.


Adaptive Brightness tidak selalu merupakan hal yang buruk, dan ketika anda begitu mobile menggunakan laptop anda, ini dapat membantu anda menghemat masa pakai baterai agar membuat laptop anda tetap hidup dan beroperasi. Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah tetap menyalakannya ketika anda menggunakan baterai laptop anda dan tetap mematikannya saat anda terhubung dan tidak perlu khawatir kehabisan daya. Saya lebih suka menyesuaikan kecerahan layar laptop saya secara manual daripada meminta Windows 10 atau Windows 11 melakukannya untuk saya.


Alihkan Adaptive Brightness Melalui Pengaturan System

Cara lain untuk dapat mengubah kecerahan layar anda adalah dengan pergi ke Settings - System - Display dan beri ceklist atau hapus ceklist pada kotak Change brightness automatically when lighting changes. Baik, sekarang nyalakan atau matikan tombol, apapun yang ingin anda lakukan.


Jika anda tidak melihat opsi ini di laptop anda, kemungkinan besar komputer anda tidak memiliki sensor cahaya yang diperlukan agar fitur tersebut berfungsi. Oleh karena itu, itu tidak menunjukkan opsi kepada anda.

Mengubah pengaturan adaptive brightness merupakan sesuatu yang mudah, dan jika anda ingin mengubahnya kembali seperti semula, anda sekatarang tahu cara melakukannya.

Bagaimana pendapat anda tentang fitur adaptive brightness dan apakah anda mengaktifkannya atau tidak? Berikan komentara anda dibawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel di akun media sosial anda! Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Adaptive Brightness pada Windows 10/11"