Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Dua Folder Windows di Drive C

 


Folder Windows berisi system operasi Windows dan merupakan folder penting di komputer Windows. Secara default, Windows diinstall pada drive C. Oleh karena itu, C adalah direktori default folder Windows. Setiap komputer Windows memiliki satu folder Windows. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka menemukan dua folder Windows di drive C. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan apa yang dapat anda lakukan jika anda menghadapi situasi seperti itu.




Mengatasi Dua Folder Windows di Drive C


Memiliki dua folder Windows di drive C adalah kejadian yang tidak biasa. Namun, jika anda mengalami situasi seperti ini, anda dapat menggunakan saran berikut ini.



1. Jalankan Scan Antimalware


Anda tidak dapat membuat dua folder dengan nama yang sama di komputer Windows dalam direktori atau lokasi yang sama. Namun, dalam kasus anda, ada dua folder dengan nama yang sama di direktori C. Ini merupakan kejadian yang tidak biasa. Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah infeksi virus atau malware. Yang lainnya mungkin merupakan folder Orphaned Windows dari instalasi sebelumnya. Saya menyarankan anda menscan system anda menggunakan software antivirus atau antimalware yang bagus.


Anda dapat menggunakan program antivirus gratis. Namun jika anda membeli software antivirus versi berbayar, ini akan menjadi keuntungan tambahan, karena antivirus melindungi system anda dari virus dan masalah keamanan lainnya.



2. Cobalah untuk Menemukan Folder Windows yang Tepat


Jika software antimalware atau antivirus tidak menemukan ancaman apapun pada system anda, maka langkah selanjutnya adalah menemukan folder Windows yang tepat. Mungkin agak sulit menemukan folder Windows yang tepat, tergantung skenarionya. Namun, anda bisa mencoba metode ini.


Pertama, perhatikan baik-baik nama folder Windows lainnya. Apakah itu folder Windows atau folder Windows.old? Folder Windows.old dibuat secara otomatis ketika anda menginstall versi Windows yang lebih baru di komputer yang menginstall versi Windows sebelumnya. Jika folder lainnya adalah Windows.old, maka anda dapat menghapusnya. Anda dapat menggunakan utilitas Disk Cleanup untuk menghapus folder Window.old.



Jika folder lain juga merupakan folder Windows, maka buka folder tersebut dan lihat apakah folder tersebut berisi file. Jika kosong, maka anda dapat menghapusnya dengan aman. Jika berisi data, maka anda perlu mengikuti beberapa langkah lagi untuk menemukan folder Windows yang tepat dari kedua folder tersebut.


Aplikasi MSConfig juga menunjukkan lokasi folder Windows (tempat system operasi Windows diinstall) di bawah tab Boot. Namun informasi ini tidak cukup untuk menemukan folder Windows yang tepat, asalkan ada dua folder Windows di drive C. Aplikasi ini berguna jika folder Windows terletak di direktori yang berbeda.


Anda dapat menggunakan aplikasi System Information untuk mengetahui folder Windows yang tepat. Untuk itu, buka aplikasi System Information dan perluas Software Environment di panel kiri. Sekarang, pilih System Drivers. Anda akan melihat semua driver yang diinstall pada system anda di panel kanan. Driver yang sedang berjalan menampilkan Yes pada kolom Started. Pertama, coba dengan driver yang sedang berjalan. Ini akan menghemat waktu.



Catat lokasi driver yang di jalankan dan buka kedua folder Windows di File Explorer di tab terpisah. Selanjutnya, buka lokasi di dalam kedua folder Windows dan temukan drivernya. Coba langkah ini dengan banyak driver. Folder Windows duplikat atau palsu tidak boleh berisi semua driver yang ditampilkan di aplikasi System Information, kecuali folder Windows lainnya adalah tiruan dari folder Windows asli. Proses ini akan memakan waktu tetapi anda akan dapat menemukan folder Windows yang tepat.


Jika anda menemukan folder Windows yang tepat, maka anda dapat menghapus folder duplikatnya. Namun akan lebih baik jika anda memindahkan folder Windows palsu dari drive C ke lokasi lain. Dengan melakukan ini, anda dapat memulihkannya ke drive C jika terjadi masalah. Setelah memindahkan folder Windows ke lokasi lain, lihat apakah anda mengalami masalah apapun pada system anda. Pantau system anda selama beberapa hari. Jika system anda berfungsi dengan sempurna, maka anda dapat menghapus folder Windows palsu.



3. Lakukan Reset Pabrik


Folder Windows sangat penting untuk pengoperasian normal system operasi Windows. Oleh karena itu, jika ada dua folder Windows di system anda di drive C, maka sulit untuk mengidentifikasi yang asli.


Anda dapat mereset system anda ke pengaturan default pabrik jika metode di atas untuk menemukan folder Windows yang tepat gagal dan software antivirus atau antimalware anda menunjukkan system anda bersih. Saat melakukan Factory Reset, anda akan melihat dua opsi berikut:

  • Keep my files
  • Remove everything



Pertama, pilih opsi Keep my files. Jika ini tidak berhasil, maka backup data anda dan kemudian reset PC anda dengan memilih opsi kedua. Ini akan menghapus semua yang ada di drive C anda.


Jika, setelah melakukan Factory Reset, drive C masih menampilkan dua folder Windows, maka lihat tanggal modifikasinya. Simpan folder yang baru saja diupdate.



4. Lakukan Clean Install Windows


Jika tidak ada langkah di atas yang memperbaiki masalah ini, maka upaya terakhir anda adalah melakukan clean install Windows. Anda memerlukan USB flash drive bootable dengan file ISO Windows untuk melakukan clean install Windows. Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga, seperti Rufus untuk membuat USB flash drive bootable.


File ISO Windows tersedia untuk didownload di website resmi Microsoft. Alternatifnya, anda juga dapat menggunakan Media Creation Tool untuk mendownload file ISO Windows 10 atau Windows 11. Tindakan ini akan menghapus data anda di drive C. Saya juga menyarankan anda membackup data anda di partisi hard drive lain sebelum melakukan clean install Windows.




Semoga membantu anda.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi dua folder Windows di drive C di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Mengatasi Dua Folder Windows di Drive C"