Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows 10/11 Tidak Teraktivasi Setelah Reset, Clean Install atau Update

 


Aktivasi Windows membantu memverifikasi bahwa salinan Windows anda asli dan belum digunakan di lebih banyak perangkat melebihi yang diizinkan oleh Microsoft Software License Terms.


Jika Windows 10 atau Windows 11 anda tidak teraktivasi setelah Reset, Clean Install atau Update, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini. Anda tidak dapat menggunakan semua fitur system operasi Windows 10 atau Windwos 11 hingga anda mengaktivasi lisensinya.



Memperbaiki Windows 11 Tidak Teraktivasi Setelah Reset, Clean Install atau Update


Jika Windows 10 atau Windows 11 anda tidak dapat teraktivasi setelah reset, clean install atau update, maka salah satu solusi yang diberikan berikut ini pasti akan membantu anda mengaktivasi Windows anda kembali.



1. Apakah Anda Menggunakan Product Key yang Benar?


Pastikan anda menggunakan product key yang tepat untuk mengaktivasi system operasi Windows 10 atau Windows 11 anda. Periksa dimana anda menyimpan key lisensi untuk mengonfirmasi bahwa anda menggunakan product key yang tepat untuk mengaktivasi lisensi Windows anda.


Anda dapat melihat key lisensi Windows anda melalui Command Prompt. Di sebagian besar komputer modern, product key dimasukkan ke motherboard komputer di pabrik. Oleh karena itu, anda dapat menjalankan perintah yang diperlukan untuk melihat product key dan melihat apakah jendela Command Prompt menampilkan hal yang sama. Jika berhasil, anda akan dapat mengetahui product key yang tepat.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • D jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey




2. Jalankan Activation Troubleshooter


Menjalankan Activation Troubleshooter dapat membantu memperbaiki masalah ini. Namun, Activation troubleshooter ini hanya muncul ketika Windows 10 atau Windows 11 anda tidak dapat diaktivasi. Petunjuk berikut akan memandu anda dalam hal ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Activation di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.

Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Activation di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Troubleshoot di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti panduan yang di tampilkan hingga selesai.

Setelah menjalankan troubleshooter, lihat apakah masalah telah teratasi atau tidak.



3. Rebuild File Tokens.dat

File Tokens.dat di system operasi Windows adalah file yang ditandatangani secara digital yang menyimpan sebagian besar file aktivasi Windows. Terkadang, file Tokens.dat mungkin rusak, yang dapat menyebabkan aktivasi Windows tidak berhasil. Oleh karena itu, anda harus me-rebuild file Tokens.dat dan kemudian mencoba mengaktivasi Windows kembali.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk merebuid Tokens.dat di Windows 10 atau Windows 11.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti pada metode pertama.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
net stop sppsvc
cd %windir%\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft\WSLicense
ren tokens.dat tokens.bar
net start sppsvc
cscript.exe %windir%\system32\slmgr.vbs /rilc

  • Setelah semua perintah di jalankan, tutup Command Prompt dan restart komputer anda.
  • Setelah restart, aktivasi Windows anda kembali menggunakan product key yang benar.


4. Uninstall Product Key Windows

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menguninstall product key Windows anda.
  • Untuk melihat status lisensi dan Activation ID, buka jendela Command Prompt dengan hak admin, kemudian masukan perintah berikut dan tekan Enter.
slmgr.vbs /dlv
  • Anda akan melihat jendela Windows Script Host terbuka dan memberi anda rincian tentang lisensi Windows dan status aktivasi anda. Disini, cari Activation ID dan catat.

  • Sekarang di jendela Command Prompt yang sama, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti <Activation ID> dengan Activation ID yang sebenarnya. Disini upk adalah singkatan dari uninstall product key.
slmgr /upk <Activation ID>
  • Setelah anda menguninstall product key, ubah key Windows anda dan lihat apakah OS teraktivasi. Anda dapat melakukan ini melalui Settings Windows atau menggunakan perintah berikut di Command Prompt. Ganti <Windows Product Key> dengan product key Windows yang anda gunakan untuk mengaktivasi Windows anda. Disini ipk adalah singkatan dari install product key.
slmgr /ipk <Windows Product Key>


Setelah selesai, anda dapat memvalidasi product key Windows anda.


5. Aktivasi Windows Melalui Telepon

Coba aktivasi Windows melalui telepon. Untuk mengaktivasi Windows 10 atau Windows 11 melalui telepon, buka kotak Run dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik slui.exe 4 dan tekan Enter untuk membuka kotak yang memungkinkan anda mengaktivasi Windows melalui telepon. Ikuti instruksi setelah wizard terbuka.



6. Uninstall Update Windows

Jika Windows dinonaktifkan setelah menginstall update, maka saya sarankan anda untuk menguninstall update Windows dan melihatnya. Jika itu tidak membantu, lakukan System Restore dan lihat apakah itu membantu.

Untuk menguninstall update Windows., ikuti langkah-langkah berikut ini
  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Selanjutnya, klik View installed updates di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, anda akan menemukan daftar update Windows. Di Windows 11, jendela Settings akan terbuka dan menampilkan halaman Uninstall Updates.
  • Selanjutnya, di Windows 10, pilih update Windows yang menyebabkan masalah atau yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall. Sementara di Windows 11, klik Uninstall di samping update yang ingin anda uninstall.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall update.
  • Setelah proses uninstall selesai, anda perlu merestart komputer anda.



7. Hubungi Microsoft Support

Jika Windows 11 anda masih tidak dapat diaktivasi, anda dapat menggunakan aplikasi Contact Support bawaan untuk menghubungi Microsoft Support.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows 10 atau Windows 11 tidak teraktivasi setelah Reset, Clean Install atau Update. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows 10/11 Tidak Teraktivasi Setelah Reset, Clean Install atau Update"