Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki PC Hidup dan Mati Berulang Kali Tetapi Tidak ada Tampilan

 


Jika PC Windows 10 atau Windows 11 anda hidup dan mati berulang kali tetapi tidak menunjukkan tampilan, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaikinya. Masalah seperti ini biasanya terjadi karena kesalahan hardware. Masalahnya mungkin juga ada pada power supply.



Memperbaiki PC Hidup dan Mati Berulang Kali Tetapi Tidak ada Tampilan


Jika PC anda hidup dan mati berulang kali, berarti ada kesalahan hardware. Selain itu, masalah listrik juga dapat menyebabkan masalah seperti ini. CPU dan RAM adalah hardware paling umum yang dapat menyebabkan masalah seperti ini.


Saran berikut akan membantu anda jika PC anda hidup dan mati tetapi tidak menunjukkan tampilan.



1. Cabut dan Sambungkan Kembali Kabel Power


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencabut kabel listrik dari casing komputer anda kemudian menghubungkannya kembali. Sebelum melakukannya, matikan saklar untuk memutuskan aliran listrik yang berasal dari stopkontak. Terkadang, sambungan kabel power yang longgar dapat menyebabkan masalah seperti ini.



2. Hubungkan Komputer Anda ke Stopkontak Lain


Masalahnya juga mungkin ada pada stopkontak dinding anda. Jika stopkontak dinding rusak, hal ini dapat menyebabkan masalah pada semua perangkat elektronik yang terhubung dengannya. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk menghubungkan komputer anda ke stopkontak lain kemudian menghidupkannya. Sekarang, lihat apakah masalahnya masih berlanjut.


Jika tindakan ini menyelesaikan masalah, maka hubungi teknisi listrik dan perbaiki stopkontak yang rusak karena dapat merusak perangkat apapun yang anda hubungkan.



3. Nyalakan Laptop Anda Tanpa Baterai


Jika anda adalah pengguna laptop dan mengalami masalah ini pada system anda, maka saya sarankan anda menghidupkan laptop anda tanpa baterai. Ini akan memberitahu anda apakah masalahnya ada pada baterai laptop anda atau tidak.



4. Reset CMOS


Mereset CMOS juga akan mereset pengaturan BIOS ke default. Ada dua cara untuk mereset CMOS dimana salah satunya dengan menggunakan metode jumper dan lainnya dengan melepas baterai CMOS.


Matikan system anda sepenuhnya dan buka casing komputer anda. Sekarang, pindahkan jumper dari posisi default ke posisi lain (lihat panduan pengguna atau website resmi produsen komputer anda). Tunggu beberapa menit kemudian kembalikan jumper ke posisi default.


Jika cara jumper dirasa sulit, anda bisa menggunakan cara lain. Buka casing komputer anda setelah mematikannya sepenuhnya. Sekarang, keluarkan baterai CMOS. Ini adalah baterai kecil berbentuk koin perak. Setelah melepas baterai, tunggu beberapa menit dan pasang kembali baterai pada tempatnya.



Setelah mereset CMOS, hidupkan komputer anda dan lihat apakah masalahnya masih berlanjut.


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah baterai CMOS yang hampir habis. Saya menyarankan anda memasang baterai CMOS baru dan melihat apakah itu membantu. Jika multimeter digital tersedia untuk anda, anda dapat menggunakannya untuk memeriksa tegangan baterai CMOS.



5. Pasang Ulang RAM


Sering restart adalah salah satu gejala RAM rusak. Jika anda memiliki lebih dari satu stik RAM, salah satunya mungkin rusak. Komputer Windows 10 dan Windows 11 memiliki tool bawaan yang bernama Memory Diagnostic Tool untuk menguji kesehatan RAM. Dalam kasus anda, komputer terus hidup dan mati. Oleh karena itu, anda tidak dapat menggunakan alat ini.


Untuk memeriksa apakah masalahnya ada pada RAM anda, masukkan RAM anda ke semua slot RAM yang tersedia dan nyalakan komputer anda setiap saat. Ini juga akan memberitahu anda apakah RAM atau slot RAM rusak. Jika system anda memiliki lebih dari satu stik RAM, uji setiap stik RAM satu per satu.




6. Pasang Ulang CPU


Sudahkah anda membersihkan komputer anda terakhir kali sebelum masalah ini dimulai? Jika ya, anda mungkin melakukan kesalahan saat melepas dan memasang kembali CPU. Matikan komputer anda sepenuhnya dan lepaskan CPU dengan hati-hati. Sekarang, periksa pinnya. Pastikan pinnya tidak rusak. Jika pinnya rusak, anda perlu membeli CPU baru.




7. PSU atau Motherboard Rusak


Komputer anda terus menyala dan mati berulang kali. Hal ini juga dapat terjadi karena masalah pasokan listrik. Power Supply Unit mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC dan kemudian mentransfernya ke motherboard. Jika PSU rusak, anda mungkin mengalami masalah seperti itu. PSU anda mungkin rusak.



Jika PSU berfungsi dengan baik, masalahnya mungkin ada pada motherboard anda. Motherboard PC berisi beberapa komponen hardware. Jika salah satu komponen ini tidak berfungsi, anda akan mulai mengalami masalah dengan system komputer anda. Anda dapat memeriksa kesehatan motherboard anda. Jika tidak, saya menyarankan anda membawa komputer anda ke teknisi perbaikan komputer profesional untuk memecahkan penyebab masalah dan memperbaiki masalah ini.



Semoga membantu!


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki PC hidup dan mati berulang kali tetapi tidak ada tampilan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki PC Hidup dan Mati Berulang Kali Tetapi Tidak ada Tampilan"