Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error This application requires Windows App Runtime

 


Windows App Runtime atau WinRT, seperti toolbox yang dibuat oleh Microsoft. Ini membantu developer atau pengembang membangun dan menjalankan aplikasi di banyak perangkat, seperti komputer, tablet, ponsel, Xbox dan lain sebagainya. Saat menjalankan aplikasi, jika anda menerima pesan error This application requires Windows App Runtime, maka ikuti artikel ini untuk mengatasinya.



Mengapa error ini terjadi?

Windows App Runtime membantu developer membuat dan menjalankan aplikasi di banyak perangkat, seperti komputer, tablet, ponsel, Xbox dan HoloLens. Jika anda melihat pesan yang menyatakan This application requires Windows App Runtime, maka periksa apakah komputer anda memiliki update terbaru dan memenuhi persyaratan aplikasi atau tidak. Ada kemungkinan developer perlu mengupdate aplikasinya atau Windows perlu mengupdate untuk memastikan semuanya kompatibel.



Memperbaiki Error This application requires Windows App Runtime


Ada dua solusi yang dapat anda jalankan untuk menghilangkan pesan error This application requires Windows App Runtime di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Namun sebelum memulainya, jalankan Windows Update serta update semua aplikasi Microsoft Store yang terinstall dan program yang diinstall.



1. Nonaktikan atau Uninstall Aplikasi yang Bersangkutan


Anda perlu memperbaiki atau menginstall ulang program atau aplikasi yang memunculkan pesan error ini.


Menurut beberapa pengguna yang menghadapi masalah ini melaporkan bahwa menguninstall antivirus McAfee membantu menyelesaikan masalah tersebut di system operasi Windows mereka. Jika anda menerima error yang sama karena antivirus McAfee, maka anda dapat mengupdate, memperbaiki atau menginstall ulang antivirus tersebut. Anda mungkin memerlukan utilitas khusus untuk menguninstall antivirus secara komplit dari system anda.


Jika anda bukan pengguna McAfee, maka catat aplikasi mana yang disebutkan untuk error tersebut. Ini dapat membantu anda memperbaiki masalah dengan menginstallnya kembali.




2. Perbaiki atau Install Ulang .NET Framework


.NET Framework open-source adalah produk Microsoft untuk membuat aplikasi Windows. Dalam metode ini, anda dapat menggunakan Microsoft .NET Framework Repair Tool dan memeriksa apakah tool tersebut menghilangkan pesan error.


Jika tidak, uninstall .NET Framework, kemudian kunjungi website resmi Microsoft dan download .NET Framework untuk PC Windows anda. Ini akan memperbaiki error yang anda hadapi.




Saya harap artikel ini membantu dan anda dapat memperbaiki masalah pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Apa itu Windows Runtime?

Windows Runtime sering disebut WinRT. Windows Runtime sangat penting untuk aplikasi Windows modern. Beragam API yang dimilikinya memungkinkan developer membuat aplikasi yang berjalan di perangkat Windows seperti tablet, smartphone dan PC. Teknologi ini memungkinkan program terlihat dan terasa modern, bekerja dengan baik pada berbagai konfigurasi hardware dan terintegrasi secara mulus dengan fitur-fitur Windows.


Bagaimana cara menemukan versi Runtime aplikasi Windows saya?

Untuk memulainya, buat daftar setiap versi package runtime Windows App SDK (package framework, main, singleton dan DDLM) yang diinstall di komputer anda dengan menjalankan perintah get-appxpackage di PowerShell dengan hak administrator. Detail setiap package runtime disertakan dalam daftar, bersama dengan value PackageFullName.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error This application requires Windows App Runtime di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error This application requires Windows App Runtime"