Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Crash Saat Tersambung ke Internet

 


Jika komputer anda crash atau mogok saat tersambung ke internet, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda. Menurut laporan, komputer Windows 10 dan Windows 11 crash setiap kali pengguna menghubungkannya ke internet melalui WiFi.



Memperbaiki Komputer Crash Saat Tersambung ke Internet


Saran berikut akan membantu anda jika komputer Windows anda crash saat terhubung ke internet. Sebelum melanjutkan, saya menyarankan anda memeriksa update Windows secara manual dan menginstallnya jika tersedia. Microsoft memperbaiki bug di OS Windows pada setiap update Windows. Oleh karena itu, menginstall update terbaru dapat memperbaiki masalah ini.



1. Power Cycle Router Anda


Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan power cycle router anda. Petunjuk berikut akan membantu anda dalam hal ini.

  • Matikan router anda.
  • Kemudian, cabut kabel dari stopkontak.
  • Selanjutnya, tunggu selama 5-10 menit.
  • Kemudian, colokkan kabel ke stopkontak dan hidupkan kembali router anda.


Sekarang, sambungkan komputer anda ke internet dan lihat apa yang terjadi.



2. Roll Back Driver Network


Saya menyarankan anda untuk mengembalikan driver network anda ke versi sebelumnya dengan menggunakan opsi Roll Back. Petunjuk berikut akan memandu anda dalam hal ini.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan tekan M.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Network adapters.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver jaringan anda dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Driver.
  • Jika opsi Roll Back Driver tersedia dan aktif, maka klik opsi tersebut dan ikuti petunjuk di layar.



Sekarang, sambungkan ke internet dan lihat apakah komputer anda crash atau tidak kali ini.



3. Install Ulang atau Update Driver Network


Jika opsi Roll Back Driver tidak tersedia atau masalah terus berlanjut setelah mengembalikan driver network anda, maka update driver atau install ulang driver network anda. Untuk menginstall ulang driver network anda, di jendela Device Manager, klik kanan pada driver network anda dan pilih Uninstall device. Setelah menguninstall driver network anda, restart komputer anda atau anda dapat mengklik Action dan klik Scan for hardware changes. Tindakan ini menginstall ulang driver yang hilang di system anda.



Saya juga menyarankan anda untuk menginstall driver network versi terbaru dari website resmi pabrikan komputer anda. Jadi, kunjungi website resmi produsen komputer anda, cari driver network dan download driver versi terbarunya. Sekarang, uninstall driver yang diinstall saat ini dan jalankan file installer untuk menginstall driver network.



4. Install Versi Lain dari Driver Network


Anda juga dapat mencoba menginstall versi lain dari driver network anda. Sebelum anda melanjutkan, saya menyarankan anda untuk membuat System Restore Point. Ini akan membantu anda memulihkan sistem anda ke kondisi kerja sebelumnya jika masalah terjadi. Langkah-langkah berikut akan membantu anda dalam hal ini.

  • Buka Device Manager seperti langkah diatas.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapter.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver network anda dan pilih Update driver.
  • Di jendela Update driver, pilih Browse my computer for drivers.
  • Di halaman berikutnya, pilih Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Show compatible hardware.
  • Sekarang, pilih versi lain driver network anda dari daftar (jika tersedia).
  • Kemudian, klik Next dan ikuti petunjuk di layar.




5. Uninstall Update Windows (jika ada)


Jika masalah mulai terjadi setelah anda menginstall update Windows, maka anda dapat menguninstall update Windows tersebut. Artikel ini akan membantu anda melakukan hal ini.




6. Reset Network Anda


Lakukan reset network dan lihat apakah itu membantu. Anda harus tahu bahwa mereset akan menghilangkan semua informasi Ethernet, VPN harus dipasang kembali dan semua perubahan pada komponen jaringan akan dibuang. Untuk mereset network anda, ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk Windows 10 atau artikel ini untuk Windows 11.




7. Pulihkan System Anda


Jika masalah terus berlanjut, anda dapat melakukan System Restore. Saat memulihkan system, anda akan melihat restore point yang berbeda dan tanggal pembuatannya. Pilih restore point yang sebelumnya tidak ada masalah.



8. Lakukan Upgrade Menggunakan Media Creation Tool


System Restore seharusnya berfungsi. Jika tidak berhasil, lakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Mengupgrade system menggunakan Media Creation Tool akan menginstall ulang system operasi Windows tanpa menghapus instalasi OS Windows yang saat ini diinstall. Oleh karena itu, tidak ada kehilangan data dalam proses ini. Namun saya tetap menyarankan anda membackup data anda sebelum melanjutkan.




Itu dia. Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer crash saat tersambung ke internet. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Crash Saat Tersambung ke Internet"