Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Windows Recovery Environment (WinRE)

 


Windows Recovery Environment (WinRE) sangat penting untuk system Windows anda. Ini menampilkan tool dan utilitas dalam system operasi Microsoft Windows, seperti Startup Repair, System restore, System image recovery, Reset PC dan lainnya.


Anda dapat boot ke Windows Recovery Environment dengan mudah dan memecahkan masalah atau memulihkan system anda dari berbagai masalah dan error system menggunakan tool ini. Namun, beberapa pengguna mungkin ingin menonaktifkan Windows Recovery Environment karena alasan tertentu.

 


Mengapa Seseorang Ingin Menonaktifkan Windows Recovery?


Menonaktifkan Windows Recovery Environment dimana-mana sangat tidak disarankan. Namun, seseorang mungkin ingin menonaktifkannya dalam skenario seperti masalah keamanan. Selain itu, dengan menonaktifkan WinRE, anda bisa mendapatkan ruang ekstra di PC anda. Jadi, jika anda kehabisan ruang penyimpanan atau khawatir tentang akses system yang tidak sah oleh seseorang, maka pertimbangkan untuk menonaktifkannya.


Namun, perlu anda ketahui bahwa menonaktifkan Windows Recovery Environment dapat menyebabkan kerugian yang besar untuk anda karena akan memutus akses anda ke tool penting yang ada di dalamnya. Jadi, jika terjadi kegagalan system, anda tidak akan memiliki opsi untuk memulihkan PC anda. Anda juga selalu dapat mengaktifkan kembali WinRE dengan mengikuti beberapa langkah.

 


Cara Nonaktifkan Windows Recovery Environment (WinRE)


Pada bagian ini, saya akan menunjukkan cara memeriksa status, menonaktifkan WinRE dan menggunakan perintah untuk mengaktifkan recovery. Beberapa pengguna juga menyebutnya sebagai Advanced Recovery Options.

 


1. Periksa Status Windows Recovery Environment


Sebelum anda menonaktifkan WinRE, anda harus memeriksa statusnya. Bagaimana jika sudah dinonaktifkan? Nah, anda dapat dengan cepat mengetahuinya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Reagentc /info
  • Sekarang, anda akan melihat Windows RE status sebagai Enabled atau Disabled.
 

 
2. Nonaktifkan WinRE Melalui Command Line

 
Untuk menonaktifkan Windows Recovery Environment melalui command line, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menonaktifkan Windows Recovery Environment.
Reagenc /disable
  • Setelah selesai, anda akan melihat pesan operasi berhasil.
 


3. Aktifkan Windows Recovery Environment

Terakhir, mengaktifkan Windows Recovery Environment kapan saja sangatlah mudah. Yang harus anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk mengaktifkan WinRE.
Reagentc /enable
 

Jika memerlukan waktu terlalu lama untuk mengaktifkannya, maka coba reboot PC anda dan jalankan kembali perintahnya. Itu akan berhasil.
 
 
Semoga membantu anda!
 
Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menonaktifkan Windows Recovery Environment (WinRE) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan Windows Recovery Environment (WinRE)"