Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Ikon Desktop Muncul Kembali Setelah Dihapus di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa ikon desktop terus muncul kembali setelah dihapus dari Desktop Windows 10 atau Windows 11 mereka. Pada artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan memberikan beberapa metode perbaikan untuk mengatasi masalah ini.


Saat kita menginstall software atau aplikasi di komputer Windows, shortcut-nya biasanya akan dibuat secara otomatis di Desktop. Menguninstall program akan secara otomatis menghapus shortcut atau ikon dari masing-masing program dari desktop. Namun dalam beberapa kasus, ikon tersebut tertinggal di desktop dan kita harus menghapusnya secara manual.



Memperbaiki Ikon Desktop Muncul Kembali Setelah Dihapus di Windows 10/11


Jika ikon Desktop terus muncul kembali setelah anda menghapusnya dari Desktop Windows 10 atau Windows 11, maka ikuti beberapa solusi yang diberikan dalam artikel ini untuk membantu anda memperbaiki masalah tersebut.



1. Batalkan Sinkronisasi Folder Desktop dari OneDrive


Penyebab paling umum munculnya kembali item yang dihapus di Desktop Windows adalah sinkronisasi OneDrive. Secara default, folder Desktop disinkronkan dengan OneDrive. Anda dapat memeriksanya dengan menonaktifkan sinkronisasi OneDrive untuk folder Desktop anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan sinkronisasi OneDrive untuk folder Desktop anda.

  • Klik ikon OneDrive di sisi kanan Taskbar untuk membuka OneDrive.
  • Kemudian, klik ikon roda gigi di kanan atas dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih kategori Sync and Backup dari sisi kiri.
  • Sekarang, klik Manage Backup di sisi kanan.
  • Setelah itu, nonaktifkan Desktop.
  • Saat anda menonaktifkankan tombol Desktop di OneDrive Windows 11, anda akan menerima pesan Where do you keep your files?
  • Pilih This computer only dan klik Continue, kemudian klik OK.
  • Di Windows 10, anda perlu mengklik OK dua kali.



Perhatikan bahwa, setelah melakukan langkah-langkah di atas, folder Desktop anda tidak akan disinkronkan ke OneDrove. Oleh karena itu, file yang anda simpan di desktop akan tetap tersedia hanya di komputer anda dan bukan di cloud. Jika anda ingin membackup file ke cloud, anda bisa menyimpannya di folder lain yang disinkronkan dengan OneDrive buka menyimpannya di Desktop.



2. Periksa Folder Public Desktop


File yang ditempatkan di dalam folder Public Desktop tetap tersedia di Desktop untuk semua user account. Hanya pengguna dengan administrator account yang dapat menambah atau menghapus file di folder Public Desktop. Oleh karena itu, masalah ini mungkin terjadi pada komputer bersama dengan lebih dari satu administrator account. Mungkin juga menghapus file dari desktop tidak menghapusnya dari folder Public Desktop karena file tersebut muncul kembali saat komputer direstart.

  • Buka folder Public Desktop yang terletak di jalur berikut ini.
C:\Users\Public\Desktop
  • Di lokasi, perhatikan apakah file atau ikonnya ada atau tidak.
  • Jika ada, maka hapus ikon dari sana.



3. Perbaiki Recycle Bin yang Rusak

Jika Recycle Bin rusak, anda akan mengalami masalah berbeda pada komputer Windows anda. Misalnya, file yang terhapus mungkin muncul kembali. Ini adalah salah satu kemungkinan penyebab masalah yang anda alami pada komputer Windows anda. Oleh karena itu, saya menyarankan anda memperbaiki Recycle Bin yang rusak.

Untuk memperbaikinya, anda dapat meeset Recycle Bin di Windows anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini dengan hati-hati!
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Ener untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
rd /s /q C:\$Recycle.bin


  • Setelah itu, jalankan perintah yang sama seperti diatas, namun ganti C dengan drive letter lain yang ada di system anda.
  • Jalankan perintah yang sama untuk semua drive pada system anda. Jalankan satu per satu perintah untuk semua drive.  
  • Setelah selesai, restart komputer anda.

Perintah rd diatas akan mereset folder $Recycle.bin yang ada di drive C.

Anda harus melakukan ini untuk setiap partisi pada hard disk anda, dengan mengganti C dengan drive letter yang ada di komputer anda. Berhati-hatilah dalam menggunakan perintah yang benar, jangan sampai anda menghapus file atau direktori yang salah!

Setelah anda melakukan ini, folder Recycle Bin dan semua file serta folder di dalamnya akan dihapus. Saat komputer direstart, Windows akan membuat ulang Recycle Bin baru untuk anda.

Jika anda bingung menggunakan perintah Command Line diatas, ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk memperbaikinya.


4. Scan Syatem Anda dari Malware

System anda mungkin juga telah terinfeksi malware. Oleh karena itu, anda perlu menscan system anda dengan software antivirus atau antimalware anda yang bagus. Anda dapat menggunakan software antivirus gratis. Selain itu, beberapa tool scan antivirus mandiri juga tersedia di internet yang dapat anda gunakan untuk menscan system anda. Atau gunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media gratis untuk melakukan pekerjaan yang sama.



Saya harap sesuatu disini membantu anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki ikon Desktop muncul kembali setelah dihapus di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Ikon Desktop Muncul Kembali Setelah Dihapus di Windows 10/11"