Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi File yang Muncul Kembali Setelah Recycle Bin Dikosongkan

 


Terkadang ketika anda menghapus file dari Windows 10 atau Windows 11 dan mengosongkan Recycle bin, file tersebut muncul kembali di Recycle Bin. Ini adalah kasus yang jarang terjadi. Penyebab muncul kembalinya file setelah anda mengosongkan  Recycle Bin adalah karena folder Recycle Bin yang rusak.


Meskipun kedengarannya bukan masalah yang besar, namun ini sedikit mengganggu. Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana anda dapat menyelesaikan masalah tersebut.


Tidak ada alasan yang jelas mengapa folder Recycle Bin rusak, tetapi anda pasti tahu bahwa file system cenderung rusak sepanjang waktu.


Untuk memperbaikinya kita perlu menghapus folder tertentu yaitu $Recycle.Bin. Ini adalah folder system dan pasti folder ini pun tersembunyi. Selain itu, anda memerlukan hak administrator untuk memperbaikinya.


Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda membaca tutorial saya tentang cara scan dan memperbaiki file system Windows yang rusak untuk memperbaiki masalah ini. Dan setelah langkah tersebut tidak berhasil, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.



Cari dan Hapus folder $Recycle.Bin yang Tersembunyi


Sebelum anda menghapus folder $Recycle.Bin, anda perlu membuatnya terlihat di File Explorer, jadi lakukan hal dibawah ini.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Setelah itu, di Windows 10, klik View dan klik Options. Di Windows 11, klik tiga titik dan pilih Options.


  • Di jendela Folder options, alihkan ke tab View.
  • Kemudian di bagian Hidden files and folders pilih opsi Show hidden files, folders, or drives. Hilangkan juga ceklist pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).
  • Setelah itu klik Apply dan OK.



Setelah membuat file system anda terlihat di File Explorer, sekarang saatnya anda untuk menghapus folder $Recycle.Bin tersebut.

  • Buka drive system atau partisi tempat anda menginstall Windows.
  • Anda akan menemukan folder $recycle.Bin. Klik kanan padanya dan pilih Delete.
  • Jendela konfirmasi yang menanyakan apakah anda ingin menghapus permanen akan muncul. Klik Yes.


  • Ini juga akan meminta anda untuk tindakan konfirmasi, klik Continue.
  • Ketika UAC muncul untuk anda, klik Continue.
  • Ini akan meminta anda untuk menghapus permanen. Klik Yes.
  • Pop up Delete File akan muncul. Beri ceklist pada Do this for all current items dan klik Yes untuk menghemat waktu anda.
  • Setelah menyelesaikan proses ini, restart system anda.


Setelah restart, buka kembali Folder options dan ubah pengaturannya seperti semula. Pada bagian Hidden files and folders pilih opsi Don't show hidden files, folders, or drives dan beri ceklist pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).


Setelah melakukan itu semua, coba hapus beberapa file, kosongkan recycle bin, dan periksa apakah file-file tersebut muncul kembali atau tidak setelah restart. Semoga itu berhasil untuk anda.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara menonaktifkan Recycle Bin di Windows 10/11 atau cara mencari Recycle Bin yang hilang di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengatasi File yang Muncul Kembali Setelah Recycle Bin Dikosongkan"