Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Recycle Bin Yang Hilang di Windows 10/11


Recycle Bin biasanya merupakan cara terpercaya untuk menyimpan item yang siap untuk dihapus, tetapi kadang-kadang Recycle Bin dapat hilang begitu saja. Jika ini terjadi pada anda, jangan panik! Ada cara untuk mengembalikan Recycle Bin di desktop anda.

Mungkin saja Recycle Bin sengaja disembunyikan, atau sejauh ini anda atau siapapun dapat menghapus Recycle Bin itu sendiri. Terlepas dari alasan tersebut, berikut beberapa hal yang dapat anda coba untuk mendapatkan Recycle Bin kembali.


Aktifkan Kembali Recycle Bin

Jika anda tidak sengaja menonaktifkan Recycle Bin, itu akan menyebabkannya berhenti muncul di desktop anda. Sebelum anda mencoba yang lain, ada baiknya untuk memastikan bahwa anda tidak menonaktifkannya secara tidak sengaja.

Untuk mengeceknya, anda dapat mengikuti langkah dibawah ini.
  • Untuk mengecek, klik tombol Start, lalu klik Settings di sebelah kiri.
  • Klik pada Personalization.
  • Pada panel kiri, klik Themes.
  • Di bawah Related Settings di sebelah kanan, klik Desktop icon settings.


  • Anda akan melihat daftar ikon di bagian atas jendela ini. Periksa kembali apakah kotak untuk Recycle Bin telah diceklist, jika belum, silahkan beri ceklist dan klik Apply dan OK.


Seperti yang anda lihat, ada ikon lain yang dapat anda tempatkan di desktop saat anda disini. Misalnya, jika anda menemukan diri anda selalu mengutak-atik barang di control panel, anda dapat menambahkan ikon dari jendela ini untuk mendapatkan akses yang lebih mudah.


Membuat Recycle Bin Baru

Jika anda memberi ceklist pada kotak tetapi Recycle Bin masih tidak muncul dengan sendirinya, kita dapat membuat yang baru sebagai gantinya! Langkah ini otomatis kita harus mengaktifkan hidden files, jadi bersiaplah untuk mengubah beberapa pengaturan agar kita dapat melihatnya.
  • Untuk melihat file tersembunyi (hidden files), buka File Explorer pada Windows anda.
  • Tidak masalah di mana File Explorer saat dibuka. Di bagian atas klik View. Dan klik tombol Opsi di ujung kanan.


  • Di jendela yang terbuka, klik tab View.
  • Dalam kotak gulir di bagian bawah, temukan kategori Hidden files and folders. Di bawahnya, ceklist lingkaran bulat di samping Show hidden files, folders, and drives. Ini memungkinkan kita untuk melihat area yang tersembunyi dari Windows kita secara default , yang mencakup folder Recycle Bin.
  • Juga, temukan Hide protected operating system files dan hapus ceklistnya. Windows akan memberi kita peringatan untuk tidak menghapus sesuatu yang penting, tetapi tidak apa-apa, kita tidak akan menghapus apa pun, oleh karena itu klik Yes.


  • Kembali ke File Explorer, dan klik This PC di sebelah kiri bar, kemudian masuk ke drive C: dan anda akan menemukan tepat di atas file bernama $Recycle.Bin. Pergilah ke folder ini , dan anda harus melihat Recycle Bin disana.


  • Klik kanan Recycle Bin, arahkan kursor ke Send To, dan klik Desktop (create shortcut).

Anda akan memiliki Recycle Bin baru di desktop. Ini tidak sama dengan yang default, karena anda tidak dapat melihatnya terisi ketika anda menambahkan item ke dalamnya, dan anda tidak dapat mengosongkannya dengan mengklik kanan pada shortcut. Anda masih dapat menyeret item ke dalamnya seperti Recycle Bin default. Setelah tiba saatnya untuk mengosongkan Recycle Bin, anda dapat mengklik dobel pada shortcut tersebut, klik kanan di Recycle Bin pada jendela yang muncul, dan klik Empty Recycle Bin.

Setelah anda menyiapkan shortcut, lanjutkan dan aktifkan kembali Hide protected operating system files untuk menjaga file dan folder penting tetap tersembunyi, hanya agar mereka tidak sengaja terhapus!


Sekian tutorial kali ini, jika anda mempunyai cara yang lebih baik, bagikan dengan saya dan juga yang lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

2 comments for "Cara Mencari Recycle Bin Yang Hilang di Windows 10/11"

  1. Gimana kalau setelah buka themes tapi ada tulidan: "you need to activate windows before you can personalize your PC", jadi dekstop icon settings GK bisa dibuka

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. Gimana kalau setelah buka themes tapi ada tulidan: "you need to activate windows before you can personalize your PC", jadi dekstop icon settings GK bisa dibuka

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete