Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki File OneDrive Tidak Ditampilkan di Komputer Lain

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa file OneDrive mereka tidak ditampilkan pada komputer lainnya. Masalah sinkronisasi adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah ini. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda beberapa metode perbaikan untuk mengatasi masalah ini.



Memperbaiki File OneDrive Tidak Ditampilkan di Komputer Lain


Jika file OneDrive tidak ditampilkan pada komputer lain, ikuti  beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Periksa Koneksi Internet Anda


Koneksi internet yang buruk dapat menyebabkan masalah sinkronisasi karena file OneDrive anda tidak ditampilkan di komputer lain. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet anda. Jika kabel ethernet tersedia, hubungkan system anda ke kabel tersebut dan lihat apakah ada perubahan. Anda juga dapat melakukan satu hal lagi, yaitu beralih ke koneksi jaringan lain (jika tersedia) atau menghubungkan komputer anda ke mobile data melalui mobile hotspot. Jika itu tidak mengatasi masalahnya, anda mungkin perlu memperbaiki koneksi internet dan network di komputer anda.



2. Apakah Anda Sign-in ke OneDrive dengan Microsoft Account yang Sama?


Untuk menggunakan OneDrive, anda harus membuat Microsoft account. Anda dapat mengakses file yang disimpan di OneDrive di perangkat apapun dengan sign-in ke OneDrive menggunakan Microsoft account yang sama. Oleh karena itu, pastikan anda telah sign-in ke komputer lain dengan Microsoft account yang sama.



3. Reset OneDrive


Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka mengatasi masalah ini dengan mereset OneDrive. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk mereset OneDrive di komputer anda.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka jendela Run.
  • Kemudian, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
%localappdata%\Microsoft\OneDrive\onedrive.exe /reset

Anda mungkin mendapatkan pesan error berikut ini setelah menjalankan perintah diatas.
Windows cannot find <OneDrive location>. Make sure you typed the name correctly, and then try again.
  • Dalam kasus seperti itu, masukan perintah berikut di kotak Run dan tekan Enter untuk mereset OneDrive.
C:\Program Files\Microsoft OneDrive\onedrive.exe /reset
  • Jika anda kembali melihat pesan error “Windows cannot find…,” maka masukan perintah berikut dan tekan Enter.
C:\Program Files (x86)\Microsoft OneDrive\onedrive.exe /reset


Selama proses tersebut, semua koneksi sinkronisasi yang ada akan dihentikan sementara. Anda tidak akan kehilangan file atau data dengan mereset OneDrive di komputer anda.


4. Periksa Pengaturan Folder Backup OneDrive

OneDrive memiliki pengaturan yang memungkinkan anda membackup folder yang anda inginkan. Hanya file yang disimpan di dalam folder tersinkronisasi yang tetap tersedia di perangkat lain. Anda mungkin telah menghentikan sinkronisasi folder di pengaturan OneDrive. Periksa ini dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan dibawah ini.
  • Klik ikon OneDrive di Taskbar anda.
  • Kemudian, klik ikon roda gigi di kanan atas dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings OneDrive, pilih kategori Sync and Backup dari panel kiri dan klik Manage backup di panel kanan.
  • Pada jendela Back up folder on this PC yang muncul, aktifkan sinkronisasi untuk folder yang filenya tidak ditampilkan di komputer lain.
  • Setelah itu, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.



5. Install Ulang OneDrive

Terkadang, menginstall ulang OneDrive dapat menyelesaikan masalah dan mereset semua pengaturan OneDrive. Setelah menginstall ulang, OneDrive akan melakukan sinkronisasi penuh. Selain itu, anda tidak akan kehilangan data apapun yang anda miliki di OneDrive dengan menguninstall OneDrive. Ini akan tersedia saat anda login kembali ke akun OneDrive anda.


Setelah anda menguninstall OneDrive, anda dapat menginstall versi terbarunya dari website resmi Microsoft atau melalui Microsoft Store.


Semoga membantu anda!

Jika anda mengalami masalah saat proses sinkronisasi, maka artikel ini akan membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel ini untuk menyinkronkan Microsoft OneDrive dengan Linux.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki file OneDrive tidak ditampilkan di komputer lain. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki File OneDrive Tidak Ditampilkan di Komputer Lain"