Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Explorer Terus Bermunculan di Windows 10/11

 


Ada kalanya anda mengalami masalah dengan File Explorer di Windows 10 atau Windows 11 anda. Dimana salah satu masalah yang dihadapi pengguna adalah Windows File Explorer terus bermunculan secara acak di Windows 10 atau Windows 11. Jika anda berada disituasi yang sama, maka artikel ini akan dapat membantu anda memecahkan masalah tersebut dengan beberapa metode perbaikan yang sederhana.



Memperbaiki Explorer Terus Bermunculan di Windows 10/11


Jika File Explorer terus membuka jendela baru dengan sendirinya secara acak di Windows 10 atau Winodws 11 anda, maka berikut adalah solusi yang berfungsi untuk membantu anda memperbaiki masalah tersebut. Namun sebelum anda memulai perbaikan yang disediakan dibawah ini, periksa update dan pastikan Windows anda telah diinstall dengan semua patch terbaru.



1. Restart Windows Explorer dari Task Manager


Seseorang mungkin mengalami masalah ini karena beberapa gangguan sementara. Gangguan ini dapat anda atasi dengan merestart proses yang terkait dengan File Explorer. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.




Setelah anda melakukan itu, periksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.



2. Pastikan Tombol Win + E Tidak Macet


Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memastikan tombol Win + E untuk membuka jendela File Explorer tidak macet. Jadi, periksa tombol Windows dan E pada keyboard anda. Pastikan kedua tombol tersebut masih berfungsi dengan baik. Anda juga dapat membersihkan kedua tombol tersebut dari debu dan pastikan tidak ada debu yang bersarang di celahnya.



3. Periksa Koneksi ke Drive Eksternal


Jika anda telah menghubungkan drive eksternal ke komputer anda, maka pastikan sambungannya kuat. Jika koneksi longgar, maka Windows akan masuk ke dalam loop connecting dan disconnecting. Jadi, ketika komputer anda mendeteksi bahwa ia terhubung ke drive, ia akan membuka File Explorer dan ketika mendeteksi bahwa koneksi terputus, maka secara otomatis akan menutupnya. Namun, jika itu buka masalah yang terjadi pada anda, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.



4. Nonaktifkan Autoplay


Autoplay adalah fitur yang memungkinkan Windows membuka drive yang terhubung secara otomatis. Ini mungkin terdengar seperti fitur yang bagus, namun ada kalanya AutoPlay tidak berfungsi dan seseorang mungkin harus menonaktifkannya ketika ada bug atau koneksi ke drive eksternal longgar. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Autoplay.
  • Di halaman berikutnya, hapus ceklist pada opsi Use AutoPlay for all media and devices.
  • Setelah itu, klik Save untuk menyimpan pengaturan anda.




5. Scan Komputer Anda dari Malware


Masalah ini juga dapat terkait dengan virus dan malware pada system anda. Untuk memastikannya, buka software antivirus anda dan jalankan full scan pada komputer anda untuk menghilangkan kemungkinan infeksi oleh virus atau malware. Anda juga dapat menjalankan AdwCleaner untuk menghapus PUA (Potentially Unwanted Application).



6. Periksa Add-on Explorer


Periksa apakah anda telah menginstall helper atau add-on apapun pada Explorer anda. Jika ya, maka uninstall atau nonaktifkannya. Seringkali, bahkan ekstensi shell pihak ketiga pun dapat menyebabkan masalah. Beberapa program menambahkan item ke menu konteks klik kanan. Untuk melihatnya secara detail, anda dapat menggunakan utilitas freeware ShellExView.



7. Pecahkan Masalah pada Clean Boot


Anda juga perlu memastikan bahwa masalah tersebut tidak disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang bertentangan. Untuk mengetahui aplikasi apa itu, anda perlu memulai system dalam status Clean Boot. Ini adalah kondisi dimana system dimulai hanya dengan sekumpulan driver minimal dan tanpa aplikasi pihak ketiga. Setelah anda mengetahui penyebab masalahnya, maka nonaktifkan atau hapus itu untuk menyelesaikan masalah ini.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Explorer terus bermunculan di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Explorer Terus Bermunculan di Windows 10/11"