Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Cannot create value/key pada Registry Editor di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba membuat value atau key baru di Registry Editor, anda cukup mengklik kanan pada key dan memilih opsi yang diinginkan. Namun, beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka gagal melakukan itu karena kurangnya permission/izin atau kesalahan konfigurasi. Masalah ini terutama terjadi ketika pengguna tidak memiliki permission untuk mengakses atau melakukan tindakan pada folder tempat mereka mencoba membuat key atau value.


Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika anda tidak dapat membuat value atau key baru dan mendapatkan error writing to the registry. Pesan error yang mungkin anda lihat saat masalah ini terjadi adalah seperti berikut ini.

Cannot create key: You do not have the requisite permissions to create a new key under Repository.

Cannot create value: Error writing to the registry.




Memperbaiki Error Cannot create value/key pada Registry Editor


Jika anda tidak dapat membuat value atau key baru di Registry Editor dan melihat pesan error seperti diatas, maka anda dapat memperbaiki error Registry Editor tersebut dengan mengikuti solusi yang dijelaskan dibawah ini untuk memperbaikinya.


Catatan: Sebelum anda melakukan perubahan apapun pada Registry Editor, saya sarankan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu.



1. Ambil Kepemilikan Key Registry


Registry Editor adalah database informasi, pengaturan dan value penting lainnya untuk software dan hardware yang diinstall pada system operasi Windows. Itu diurutkan dalam hierarki. Jadi, jika anda ingin membuat key atau value dibawah key utama, maka anda memerlukan permission/izin untuk melakukannya.


Untuk itu, anda perlu mengambil kepemilikan key registry Windows anda terlebih dahulu. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang tercantum dibawah ini untuk mengambil kepemilikan atau kendali penuh atas key registry sehingga anda dapat mengeditnya sesuai kebutuhan anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, buka lokasi dimana anda ingin membuat key atau value.
  • Setelah anda berada di lokasi, klik kanan pada key registry tersebut di panel kiri dan pilih Permissions.
  • Di jendela Permissions, pilih user name anda.
  • Kemudian, beri ceklist pada Full Control dibawah kolom Allow.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


  • Jika anda melihat pesan Unable to save permission changes, maka klik Advanced.
  • Di jendela Advanced Security Settings, klik Change disamping Owner.
  • Selanjutnya masukkan user name atau administrator anda pada kolom Enter the object names to be select dan klik Check Names.
  • Kemudian klik OK.


  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Replace owner on subcontainers and objects dan Replace all child object permission entries with inheritable permission entries from this object.


  • Setelah itu, klik Apply dan OK dan berikan Full Permission.
  • Terakhir, restart Registry Editor anda.


Mudah-mudahan, anda dapat melakukan perubahan setelah merestart Registry Editor. Setelah anda melakukan perubahan, ingatlah untuk mengengembalikan pengaturan ke sebelumnya.



2. Gunakan Metode Alternatif untuk Membuat Key atau Value Registry


Seharusnya, metode pertama cukup untuk anda membuat value atau key registry baru dengan sukses. Jika anda tidak dapat membuat key atau value menggunakan Registry Editor, maka restart komputer anda, kemudian login dengan administrator account anda dan coba buat key registry menggunakan Command line, Programming, tool pihak ketiga, atau Notepad.




Untuk user account lain yang ingin mengedit registry, anda dapat membaca artikel ini untuk melakukannya.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Cannot create value/key pada Registry Editor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Cannot create value/key pada Registry Editor di Windows 10/11"