Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengedit Registry Oleh User Account Lain di Windows 10/11


Suatu ketika kita menggali lebih dalam tentang registry yang membuat kita berpikir bahwa hal itu membuat kita tidak bisa keluar. Bekerja dengan panduan yang kita temukan di berbagai website, kita bisa membuat perintah yang tidak membiarkan kita menjalankan program apapun selain Steam di Windows, termasuk Registry Editor itu sendiri.

Ketika kebingungan menghapiri kita, langkah pamungkas adalah bersiap menghadapi kenyataan suram karena kita akan menginstal ulang Windows kita.

Dengan persoalan tersebut, pada artikel kali ini kita akan mengedit registry pada akun utama kita dari akun lain! Bagaimana kita melakukannya? Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


Akun yang Membuat Tweak Perlu Menjadi Administrator

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa akun yang akan melakukan perubahan memiliki izin administrator dan bahwa akun tersebut benar-benar ada. (Jika anda memenuhi kedua kriteria ini, anda dapat melewati bagian ini).

Ini harus cukup sederhana. Cukup klik tombol Start, lalu klik ikon Profil anda, diikuti dengan megklik Change Account Settings.


Dari sini anda dapat membuat user account baru dengan masuk ke Family & other people di panel kiri dan Add someone else to this PC pada bagian Other Users di panel kanan, kemudian ikuti instruksinya.


Setelah sebuah akun dibuat, ubah tipe akun tersebut menjadi administrator. Klik akun yang baru saja anda buat, lalu pilih opsi Change account type.


Di jendela baru yang muncul pilih Administrator dari menu drop-down Account type dan klik OK.


Jika anda tidak dapat mengakses menu ini, anda bisa pergi ke Control Panel - User Accounts - Manage another account. Kemudian klik akun yang baru dibuat, di ikuti dengan Change the account type. Disini pilih Administrator dan klik Change Account Type.


Jika anda telah membobol registry anda sampai-sampai akun utama anda tidak dapat diakses, cobalah mengaksesnya melalui Safe Mode. Berikut panduan saya tentang cara mengakses Safe Mode Windows.


Edit Registry User Account Lain

Sekarang akun yang ingin anda edit dengan registry user account lain sebagai admin, anda bisa memberikannya akses ke registry itu.

Di akun yang ingin anda gunakan untuk mengedit registry, buka command prompt sebagai admin (klik kanan ikon Command Prompt dan pilih Run as administrator), lalu masukkan perintah berikut dibawah ini. Ganti tipsorialindo dengan nama Folder Users yang direktorinya ingin anda edit.

reg load HKU\tipsorialindo C:\Users\tipsorialindo\ntuser.dat

Anda harus mendapatkan pesan bahwa operasi telah berhasil diselesaikan, yang sekarang akan membuat user account itu tersedia di registry editor.


Selanjutnya, buka registry editor anda dengan menekan tombol Win + R dan ketik regedit, lalu klik OK.


Di registry editor, pergi ke HKEY_USERS. Disini anda akan melihat akun yang terdaftar di bawah nama apapun yang anda berikan di command prompt. Ini hanya kasus mengklik panah kecil dropdown di sebelahnya. Jika ada nama akun anda maka anda akan memiliki akses untuk mengubah semua key registry mereka sesuka hati anda.


Sebelum melakukan ini, ingatlah untuk membuat backup registry anda, karena jika anda membaca tutorial ini maka itu menjadi bukti nyata bahwa membuat perubahan yang salah dalam registry dapat membuat hidup anda sangat sulit. Berikut panduan lengkap saya tentang Cara Backup dan Restore Beberapa atau Semua Registry Windows.

Sekarang anda dapat mengakses registry dengan mengunakan user account lain, yang berarti bahwa jika anda mengetahui adanya kesalahan/tweak registry yang berdampak buruk pada akun tersebut, sekarang adalah kesempatan anda untuk membatalkannya.

Kegunaan lain melakukan metode ini adalah untuk memperlakukan akun lain sebagai semacam lab tempat anda dapat bereksperimen dengan tweak registry, kemudian dengan mudah membatalkannya dari akun utama anda jika terjadi kesalahan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengedit Registry Oleh User Account Lain di Windows 10/11"