Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11

 


Microsoft telah memperkenalkan jenis volume penyimpanan baru yang meningkatkan performa/kinerja Windows. Ini dikembangkan pada teknologi Resilient File System (ReFS). ReFS dibangun untuk mengatasi keterbatasan yang dihadapi oleh New Technology File System (NTFS). Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara mengaktifkan atau menonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11.


Dev Drive Protection dibuat untuk melindungi Dev Drive. Dengan ini, drive yang baru ditambahkan akan memiliki dukungan antivirus. Ada dua performance mode Dev Drive. Jika status Performance Mode dinonaktifkan, maka scan akan dilakukan secara sinkron, yaitu real-time. Jadi, saat anda membuka file, Real-time protection akan terpicu. Sedangkan jika status Performance Mode diaktifkan, scan akan dilakukan secara asinkron dan scan tidak akan dimulai segera setelah file dibuka.



Aktifkan atau Nonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11


Fitur Dev Drive Protection ini saat ini tersedia di Windows 11 Build 25931 dan akan segera diluncurkan ke versi stabil.


Jadi, periksa update dan install jika tersedia untuk system anda. Setelah anda mengupdate system operasi anda, mari kita lihat cara mengaktifkan atau menonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11 menggunakan Windows Security atau Registry Editor.



1. Aktifkan atau Nonaktifkan Dev Drive Protection Menggunakan Windows Security


Pertama-tama mari kita lihat cara mengkonfigurasi Dev Drive Protection dengan mudah menggunakan aplikasi Windows Security. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Dev Drive Protection.

  • Buka Windows Security dari Start Menu atau dari System Tray.
  • Di jendela Windows Security, pilih Virus & threat protection.
  • Di halaman berikutnya, klik Manage settings dibawah bagian Virus & threat protection settings.
  • Selanjutnya, temukan Dev Drive protection dan aktifkan ke On.
  • Jika opsi Dev Drive protection berwarna abu-abu, anda harus mengaktifkan Real-time protection terlebih dahulu, jika tidak, itu tidak akan berhasil.
  • Setelah mengaktifkannya, tutup Windows Security.



Langkah ini akan mengaktifkan Dev Drive Protection. Jika anda ingin menonaktifkannya, maka anda hanya perlu menghapus ceklist pada opsi Dev Drive protection. Anda tidak perlu menonaktifkannya ke Off karena hal itu akan membuat Dev Drive anda rentan terhadap virus dan malware.



2. Aktifkan atau Nonaktifkan Dev Drive Protection Menggunakan Registry Editor


Anda juga dapat mengkonfigurasi Dev Drive Protection dari Registry Editor. Namun, sebelum melakukan perubahan apapun pada Registry Editor, saya sarankan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sehingga jika terjadi kesalahan, anda dapat mengembalikannya dengan mudah.


Setelah melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Dev Drive Protection dari Registry Editor.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Defender\Real-Time Protection
  • Jika anda tidak menemukan keyreg Real-Time Protection, maka klik kanan pada keyreg Windows Defender, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan Real-Time Protection.


  • Sekarang, klik kanan pada Real-Time Protection atau ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan DisableAsyncScanOnOpen.


  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD DisableAsyncScanOnOpen.
  • Pada jendela edit DWORD yang terbuka, atur Value data-nya menjadi 0 (nol) untuk mengaktifkan Dev Drive protection atau 1 untuk menonaktifkannya.
  • Terakhir, tutup Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Catatan: Anda mungkin mendapatkan error Cannot create value: Error writing to the registry saat membuat DWORD baru. Untuk itu, anda perlu mengambil kepemilikan keyreg Real-Time Protection agar dapat membuat DWORD baru pada keyreg tersebut.


Itulah dua metode yang dapat anda gunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11 anda.

Selanjutnya, kita akan melihat cara mengatur Dev Drive sebagai Trusted atau Untrusted di Windows 11.


Cara Mengaktifkan Dev Drive di Windows 11

Jika anda ingin mengaktifkan Dev Drive di Windows 11, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Storage di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, perluas Advanced Storage dan klik Disks & volumes.
  • Setelah itu, klik Create dev drive untuk membuatnya.
  • Ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Dev Drive Protection di Windows 11"