Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Proses Video.UI.exe di Task Manager?

 


Apakah anda melihat proses Video.UI.exe berjalan di Task Manager anda dan bertanya-tanya apa proses executable ini? Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang proses Video.UI.exe dan apakah aman untuk menjalankan proses ini atau tidak.




Apa itu Video.UI.exe?

Video.UI.exe (Xbox Live Video User Interface) yang terletak di folder C:\Program Files adalah file executable asli Windows yang terkait dengan platform Xbox Live Entertainment Microsoft. Ini adalah komponen inti dari aplikasi video Xbox Live Microsoft, yang sebelumnya disebut Zune. Ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengakses video langsung atau rekaman Xbox di PC.


Apakah Video.UI.exe Aman?

Video.UI.exe adalah proses yang sah dan aman. Proses ini hanya memakan sedikit CPU dan resource system lainnya. Namun, ada beberapa kejadian dimana hacker meniru proses ini atau menggunakan dan mereplikasi proses ini untuk menjalankan malware di PC anda. Proses asli seharusnya berada di direktori C:\Program Files\, di bawah folder instalasi aplikasi video Xbox Live atau di folder berikut ini.

C:\Program Files\WindowsApps\Microsoft.ZuneVideo_10.22091.10041.0_x64__8wekyb3d8bbwe

Jika prosesnya terletak di lokasi folder lain, maka proses tersebut mungkin berbahaya.

Cara lain untuk mengetahui apakah Video.UI.exe adalah virus atau bukan adalah dengan memeriksa Digital Signature-nya. Pastikan itu ditandatangani oleh Microsoft Corporation. Anda dapat menggunakan beberapa metode untuk memeriksa Digital Signature, namun langkah termudah adalah melalui File Explorer. Atau ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk memeriksa file tersebut.
  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Selanjutnya, temukan proses Video.UI.exe di tab Details. Jika anda berada di tab Processes, anda mungkin menemukan proses ini dengan nama Video Application.
  • Setelah menemukannya, klik kanan pada Video.UI.exe dan pilih opsi Open file location.
  • Di File Explorer, klik kanan pada Video.UI.exe dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Details.
  • Sekarang, perhatikan apakah Copyright-nya adalah Microsoft Corporation atau tidak.



Bagaimana cara menghapus Video.UI.exe dari Windows?

Pertama, tentukan apakah prosesnya berbahaya atau tidak, seperti dijelaskan di atas. Jika ini adalah proses Microsoft yang sah, maka untuk menghapusnya, anda dapat menguninstall aplikasi Xbox. Jika anda mencurigai Video.UI.exe adalah malware atau virus, maka anda dapat menjalankan scan antivirus.

Anda dapat menemukan path file executable Video.UI.exe. Untuk melakukan itu, luncurkan Task Manager, alihkan ke tab Details, kemudian klik kanan pada Video.UI.exe dan pilih opsi Open file location. Sekarang, file Video.UI.exe akan disorot di File Explorer. Anda dapat menghapus file Video.UI.exe menggunakan tombol Delete. Namun ini mungkin tidak cukup dan oleh karena itu saya menyarankan anda menjalankan scan saat booting menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media gratis.



Semoga bermanfaat untuk anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu proses Video.UI.exe di Task Manager di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Apa itu Proses Video.UI.exe di Task Manager?"