Widget HTML Atas

Cara Uninstall XBox Secara Komplit dari Windows 10/11


Windows 10 dan Windows 11 memperkenalkan banyak fitur hebat, termasuk integrasi Xbox untuk para gamer. Walaupun semua pengguna bukan seorang gamer, namun tidak menghentikan Microsoft untuk memasukkannya ke dalam system  di semua pengguna. Jika anda mencoba untuk menguninstal Xbox, anda mungkin telah memperhatikan bahwa tidak ada opsi uninstall yang disediakan. Tapi berita baiknya adalah anda tidak akan terjebak dengan hal tersebut. Ada cara lain untuk menguninstal aplikasi ini secara komplit.


Tujuan dari Aplikasi Xbox

Aplikasi Xbox telah menjadi pilihan untuk semua gamer yang bermain antara Xbox dan PC. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, seperti game jarak jauh, menggunakan game capture, berbicara dengan teman, dan masih banyak lagi.


Bagi mereka yang tidak menggunakan aplikasi ini, ini hanya menjadi bloatware yang hanya menghabiskan ruang pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. XBox adalah salah satu dari beberapa aplikasi universal yang diasumsikan oleh Microsoft diinginkan semua orang. Ini seperti semua aplikasi yang diinstal oleh pabrikan seluler pada perangkat yang akhirnya dihapus oleh pengguna dari ponsel mereka.


Uninstall Xbox dari Windows 10 dan Windows 11

Meskipun mudah untuk menguninstal sebagian besar aplikasi dari "Add or Remove Programs," anda tidak memiliki opsi untuk menghapus instalan untuk Xbox. Sebagai gantinya, anda harus mengambil pendekatan alternatif menggunakan Windows PowerShell. Meskipun terlihat mirip dengan command prompt, ia bekerja sedikit berbeda.

Prosesnya cepat dan tidak menyebabkan masalah dengan PC anda. Namun, selalu menjadi ide yang baik untuk membackup file dari drive system anda untuk berjaga-jaga.

Untuk memulai, buka PowerShell anda. Anda dapat mencarinya di Start menu atau Search Windows dan klik kanan atau pilih Run as administrator, atau dengan menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin).


Anda memerlukan hak administrator untuk melakukan ini. Jika akun pengguna anda tidak memiliki hak administrator, anda harus meminta seseorang yang memang memiliki hak akun tersebut untuk login.

Jendela PowerShell akan terbuka. Disini masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

Get-AppxPackage Microsoft.XboxApp | Remove-AppxPackage


Jika anda mendapatkan pesan error, cobalah perintah yang berikut dibawah ini.

Get-AppxPackage *xboxapp* | Remove-AppxPackage

Langkah ini harus menguninstal Xbox secara komplit. Anda kemudian dapat memeriksanya di Start menu, apakah aplikasi tersebut masih ada atau tidak


Uninstall Aplikasi Tambahan dari Xbox

Jika anda mencari di PC, anda masih akan menemukan beberapa aplikasi terkait Xbox yang tertinggal di komputer anda. Meskipun anda tidak dapat menyingkirkan pengaturan dan system-level settings, seperti Game Bar dan Xbox Networking, anda dapat menghapus yang berikut:
  • Xbox Game Overlay
  • Xbox Gaming Overlay
  • Xbox Identify Provider
  • Xbox Speech To Text Overlay

Sekali lagi, selalu buat backup file anda sebelum menguninstall aplikasi melalui PowerShell jika ada sesuatu yang tidak beres.

Anda akan menggunakan PowerShell seperti yang anda lakukan untuk menguninstal aplikasi utama Xbox. Anda dapat menjalankan perintah berikut dibawah ini satu per satu untuk menguninstall aplikasi. Jangan lupa tekan Enter setelah setiap baris perintah anda masukan dan tunggu proses uninstall selesai.

Get-AppxPackage Microsoft.Xbox.TCUI | Remove-AppxPackage
Get-AppxPackage Microsoft.XboxGameOverlay | Remove-AppxPackage
Get-AppxPackage Microsoft.XboxGamingOverlay | Remove-AppxPackage
Get-AppxPackage Microsoft.XboxIdentityProvider | Remove-AppxPackage
Get-AppxPackage Microsoft.XboxSpeechToTextOverlay | Remove-AppxPackage

Seperti halnya menghapus aplikasi Xbox, jika anda menerima error dengan semua perintah diatas, ubah bagian Microsoft dari baris ke *appname* dimana appname adalah aplikasi yang terdaftar setelah kata Microsoft. Misalnya, Microsoft.XboxGameOverlay akan menjadi *xboxgameoverlay*.

Setelah selesai, Restart komputer anda. Beberapa file mungkin tertinggal, tetapi ini adalah file sisa aplikasi. Anda dapat menggunakan tools pencarian untuk menemukan file-file ini dan menghapusnya. Anda juga dapat menggunakan tools bawaan Windows atau system cleaner.


Restore Aplikasi Xbox

Jika anda ingin mengembalikan aplikasi Xbox, anda dapat menginstal ulang dari Microsoft Store. Ada beberapa versi, termasuk versi beta untuk dicoba. Anda juga dapat menunggu update mayor system Windows 10 atau Windows 11 yang biasanya terjadi sekali atau dua kali setahun.


Aplikasi bawaan biasanya akan muncul kembali dengan update mayor system, sehingga anda harus melalui ulang proses uninstall. Microsoft mencantumkan nama sebagian besar aplikasi ini sehingga anda dapat lebih mengontrol apa yang ada di PC dan memahami untuk apa aplikasi itu.


Jika anda mempunyai aplikasi bawaan di Windows 10 atau Windows 11 anda dan ingin menguninstallnya, anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara uninstall aplikasi bawaan di Windows 10/11 menggunakan PowerShell.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Uninstall XBox Secara Komplit dari Windows 10/11"