Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Transfer File USB Stuck di 99% di Windows 10/11

 


Jika transfer file USB stuck di 99% atau angka persentase lainnya saat mengcopy atau memindahkan file ke perangkat penyimpanan USB eksternal, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda. Menurut pengguna, transfer file melambat saat mencapai 99% menuju penyelesaian. Setelah itu, stuck disana selama beberapa menit dan kemudian prosesnya selesai.




Memperbaiki Transfer File USB Stuck di 99%


Kecepatan transfer file juga tergantung pada hardware. Namun, dalam kasus ini, pengguna melaporkan bahwa transfer file stuck selama beberapa menit setelah 99% file disalin. Terapkan perbaikan berikut jika transfer file USB macet di 99% di komputer Windows anda saat menyalin atau memindahkan file ke perangkat penyimpanan USB eksternal.



1. Restart Windows Explorer


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah me-restart Windows Explorer. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc atau dengan mengklik kanan pada Start menu dan pilih Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.




2. Ubah File Explorer Options


Jika merestart Windows Explorer tidak membantu, coba ubah File Explorer Options. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control.exe folders dan tekan Enter.
  • Di jendela File Explorer Options, alihkan ke tab View.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Launch folder windows in a separate process.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, tutup File Explorer (jika sudah dibuka) dan buka kembali.



Sekarang, periksa apakah masalahnya masih ada. Secara default, semua proses di File Explorer berjalan dalam satu proses explorer.exe. Ini akan menimbulkan masalah seolah-olah satu jendela yang berjalan dalam proses explorer.exe crash, itu akan menyebabkan jendela lain dalam proses explrer.exe crash atau hang hingga proses direstart.


Saat anda mengaktifkan opsi ini di File Explorer, setiap proses yang anda lakukan di explorer.exe akan dimulai sebagai proses terpisah. Anda dapat melihat semua proses terpisah di Task Manager. Karena itu, jendela lain di File Explorer tetap tidak terpengaruh saat satu jendela crash atau freezing.



3. Ubah Kebijakan untuk Perangkat Penyimpanan USB Anda


Mengaktifkan disk write caching untuk perangkat penyimpanan USB eksternal anda dapat membantu meningkatkan performa/kinerja. Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya aktifkan disk write caching di perangkat penyimpanan USB eksternal anda untuk mengoptimalkan performa USB drive.



Meskipun mengaktifkan opsi ini untuk perangkat penyimpanan USB eksternal menghasilkan peningkatan performa, pemadaman listrik atau kegagalan peralatan dapat mengakibatkan hilangnya atau kerusakan data. Oleh karena itu, setelah mengaktifkan opsi ini, disarankan untuk menggunakan fitur Safely Remove Hardware sebelum melepas perangkat penyimpanan USB anda.



4. Nonaktifkan Sementara Antivirus Anda


Beberapa pengguna melaporkan bahwa masalah terjadi karena software antivirus mereka. Jadi, saya menyarankan anda untuk sementara menonaktifkan antivirus anda dan lihat apakah ini membantu. Jika ya, anda perlu menghubungi vendor antivirus anda untuk mendapatkan dukungan.



5. Gunakan Robocopy


Anda juga dapat menggunakan utilitas command line Robocopy untuk menyalin banyak file anda lebih cepat. Ini menyalin data lebih cepat daripada metode copy-paste normal. Menggunakan robocopy itu mudah. Anda harus menggunakan perintah robocopy di jendela Command Prompt dalam format berikut ini.

robocopy <sumber file> <folder tujuan> <nama file dengan ekstensi>

Sebagai contoh, jika anda ingin menyalin file gambar, misalnya Mastertips.png dari direktori C:\Users\user_name\Documents\New Folder ke direktori E:\Mastertipsorialindo, maka perintahnya akan terlihat seperti berikut ini.

robocopy "C:\Users\user_name\Documents\New Folder" "E:\Mastertipsorialindo" "Mastertips.png"


Jika anda ingin menyalin folder dengan semua subfolder, maka anda harus menggunakan sintaks /s dan /e. Kedua sintaks ini masing-masing akan menyalin semua subfolder dan subfolder kosong. Misalnya, jika saya ingin menyalin folder Gambar yang terletak di direktori D ke Mastertipsorialindo yang terletak di drive E, maka perintahnya akan terlihat seperti berikut ini.

Robocopy /s /e "D:\Gambar" "E:\Mastertipsorialindo"


6. Gunakan Software Transfer File Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan software copy file pihak ketiga. Ada banyak tool copy file gratis yang tersedia di internet yang dapat anda download dan install di PC Windows anda. Tool gratis ini berguna jika anda harus mentransfer atau menyalin data dalam jumlah besar dari satu hard drive ke hard drive lain.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki transfer file USB stuck di 99% di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!! 

Post a Comment for "Memperbaiki Transfer File USB Stuck di 99% di Windows 10/11"