Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki No bootable image found, notebook will shutdown

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan komputer mereka karena muncul pesan No bootable image found, notebook will shutdown. Situasi ini khususnya terjadi pada perangkat HP, dimana notebook mati ketika upaya dilakukan untuk memulai perangkat. Pesan error ini muncul ketika system mengalami kesulitan dalam menemukan disk atau image yang diperlukan selama proses booting.



Jika komputer anda tidak dapat melakukan booting karena tidak ditemukan image yang dapat di-booting, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena Boot Option atau Boot Mode atau beberapa pengaturan BIOS salah dikonfigurasi. Anda dapat melakukan beberapa perubahan untuk mengatasi masalah tersebut. Pesan ini juga akan di tampilkan, jika hardware itu sendiri mengalami beberapa masalah atau tidak berfungsi.


Dalam artikel ini, saya akan mengulas masalah tersebut dan melihat solusi yang dapat membantu anda mengatasi permasalahan ini.



Memperbaiki No bootable image found, notebook will shutdown


Pesan error No bootable image found, notebook will be shutdown menunjukkan skenario dimana system tidak dapat mendeteksi disk bootable. Ini akan terjadi ketika anda mengaktifkan boot option yang salah atau mungkin ada masalah dengan file system operasi anda atau anda salah mengubah drive system operasi saat penginstalan baru. Apapun masalahnya, anda dapat mengikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Ubah UEFI/BIOS Boot Options (Mode)


Ketika anda berupaya menginstall system operasi dari disk, maka anda perlu mengatur Boot Options. Konfigurasi Boot Options penting karena ini akan menentukan bagaimana komputer anda akan dimulai. Jika anda sebelumnya telah melakukan beberapa pengaturan di system BIOS anda, mungkin terjadi masalah yang mencegah komputer untuk melakukan proses booting dengan benar. Untuk mengatasi situasi ini, anda perlu melakukan pengaturan ulang konfigurasi Boot Options.


Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk melakukannya.

  • Boot komputer anda ke BIOS.
  • Di halaman BIOS, pilih Boot Option atau Advance Boot Options atau Boot.
  • Sekarang, ubah UEFI/BIOS Boot Mode ke Legacy.
  • Jika sudah Legacy mode, maka anda harus mengatur UEFI.
  • Setelah anda mengubah pengaturan bios, tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi dan Keluar.



Pengaturan anda mungkin tertunda karena tergantung pada OEM anda.



2. Reset BIOS ke default


Jika anda secara tidak sengaja membuat beberapa perubahan pada BIOS komputer anda atau beberapa update membuat beberapa perubahan karena system anda tidak merespons, maka anda perlu mereset BIOS ke default. Perlu diingat bahwa, ini juga akan menghilangkan setiap perubahan yang telah anda buat. Namun, fokus anda saat ini adalah untuk mengaktifkan dan menjalankan perangkat anda.



Setelah anda mereset BIOS, luncurkan komputer anda dan periksa apakah masalah telah teratasi.



3. Sesuaikan Disk Anda


Jika anda baru saja membuat perubahan hardware di komputer anda, kemungkinan drive OS anda tidak terpasang dengan benar. Itu sebabnya system tidak dapat mendeteksi bootable image anda.


Untuk mengatasi masalah ini, buka casing komputer anda, kemudian lepaskan drive yang telah diinstall system operasi dan hubungkan ulang drive dengan erat pada soket drive. Setelah anda selesai, hidupkan system dan periksa apakah masalah tetap ada atau tidak.




4. Ganti Drive Anda


Jika anda menghadapi masalah yang sama setelah mereset BIOS ke pengaturan pabrik, maka ada masalah dengan hard drive anda yang menyebabkan komputer anda tidak mendeteksi drive tersebut. Dalam situasi ini, anda harus menguji drive anda.


Untuk menguji drive anda, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.

  • Pertama, buka casing perangkat anda dan lepaskan drive dari komputer.
  • Jika anda memiliki komputer lain, hubungkan drive tersebut dan verifikasi apakah ia mendeteksi drive tersebut atau tidak.
  • Jika tidak terdeteksi, maka jelas bahwa drive ini memiliki beberapa masalah hardware. Dalam hal ini, anda perlu mengganti drive dengan yang baru.



Saya harap anda menyelesaikan masalah anda dan akhirnya mengaktifkan serta menjalankan komputer anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki No bootable image found, notebook will shutdown. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki No bootable image found, notebook will shutdown"