Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Shadow copies failed to change the storage area maximum size

 


Saat anda menghadapi pesan error yang menyatakan bahwa Shadow copies failed to change the storage area maximum size saat membuat system restore point, ada beberapa solusi yang dapat anda ikuti untuk mengatasi masalah ini. Pesan error ini muncul ketika proses shadow copy tidak dapat mengalokasikan cukup ruang yang dibutuhkan pada system anda. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat diambil untuk mengatasi situasi ini.



Memperbaiki Error Shadow copies failed to change the storage area maximum size


Untuk memperbaiki Shadow copies failed to change the storage area maximum size di Windows 10 atau Windows 11 saat menggunakan System Restore, gunakan beberapa solusi berikut ini.



1. Periksa Penyimpanan yang Tersedia


Saat anda membuat system restore point, ini menghabiskan sebagian penyimpanan di hard disk anda. Jumlah penyimpanan bergantung pada penggunaan drive C atau drive system anda. Jika anda tidak memiliki penyimpanan yang cukup di drive C anda, ada kemungkinan besar anda mendapatkan pesan error yang disebutkan diatas.


Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa penyimpanan yang tersedia yang dapat anda gunakan untuk membuat system restore point. Selain itu, anda dapat mengalokasikan jumlah penyimpanan untuk system protection. Jika system anda gagal mengambil penyimpanan itu, anda tidak akan dapat membuat system restore point. Itu sebabnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memverifikasi pengaturan penggunaan ruang disk anda.

  • Gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka system restore point.
  • Di jendela System Properties, pilih Local Disk (C:) (System) dan klik Configure.
  • Di jendela berikutnya, gunakan slider Max Usage untuk menambah batas ukuran.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan perubahan.



Setelah anda melakukan itu, anda dapat mencoba membuat system restore point.



2. Modifikasi Value Registry


Bahkan jika anda memiliki penyimpanan yang cukup, mungkin ada saatnya anda menghadapi masalah ini. Dalam kasus seperti itu, anda perlu mengubah dua pengaturan registry, yaitu ClusterOfflineTimeout dan ClusterOnlineTimeout. Pengaturan ini membantu anda memperbaiki masalah saat anda memiliki banyak hard disk dan menggabungkannya menjadi satu. Terkadang, system anda mungkin gagal mengambil disk secara bersamaan dan mungkin menampilkan salah satunya sebagai offline atau tidak tersedia untuk digunakan. Itulah mengapa perubahan value registry ini akan membantu anda memecahkan masalah dalam beberapa saat.


Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\VSS\Settings
  • Di lokasi, klik dobel pada ClusterOfflineTimeout di panel kanan.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Base ke Decimal, kemudian ubah Value data ke 2000000000.
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, klik dobel pada ClusterOnlineTimeout dan atur seperti pengaturan diatas.
  • Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan restart komputer anda.



3. Jalankan atau Restart Service Volume Shadow Copy

Service Volume Shadow Copy membantu anda menggunakan service backup pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika anda menghentikan service ini atau service ini telah dihentikan karena alasan apapun, maka anda tidak dapat menggunakan opsi system restore point. Itu sebabnya anda perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menjalankan atau merestart Volume Shadow Copy.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan service Volume Shadow Copy di panel kanan.
  • Setelah itu, klik kanan pada service tersebut dan pilih Start untuk menjalankannya atau pilih Restart untuk merestart service.



4. Jalankan Service Microsoft Software Shadow Copy Provider

Service ini menangani semua software-based shadow copies di komputer anda. Seperti service yang disebutkan diatas, jika service ini tidak berjalan, anda tidak dapat menggunakan software-based shadow copies di komputer anda. Itu sebabnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankannya.
  • Buka Services Windows seperti langkah diatas.
  • Di jendela Services, temukan service Microsoft Software Shadow Copy Provider di panel kanan.
  • Setelah itu, klik kanan pada service tersebut dan pilih Start untuk menjalankannya.


Catatan: Anda juga harus memeriksa dependensi service tersebut. Seperti namanya, dependensi adalah service yang membuat service asli berjalan. Dengan kata lain, beberapa service bergantung pada satu atau beberapa service lainnya. Jika service tersebut tidak berjalan, maka anda dapat mengalami masalah yang sama. Jadi, anda juga perlu menjalankan dependensi dari service Microsoft Software Shadow Copy Provider.


Itu saja! Semoga solusi ini berhasil untuk anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Shadow copies failed to change the storage area maximum size di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Shadow copies failed to change the storage area maximum size"