Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Clipchamp Menghabiskan Banyak Ruang di Komputer

 


Microsoft menawarkan berbagai aplikasi secara gratis sebagai bagian dari paket Windows 11 secara default. Salah satu aplikasi yang disediakan adalah Clipchamp. Namun, baru-baru ini, banyak pengguna melaporkan bahwa aplikasi Clipchamp mengkonsumsi banyak ruang disk pada komputer mereka. Jika anda juga mengalami masalah yang sama, maka artikel ini akan berguna untuk anda.


Microsoft Clipchamp adalah video editor yang ditawarkan oleh Microsoft kepada pengguna Windows 11. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, namun versi gratisnya sudah cukup memadai bagi sebagian besar pengguna. Editor ini sangat user-friendly, memudahkan pengguna dalam mengedit video dengan mudah. Selain itu, Clipchamp juga menyediakan database yang memadai untuk stok foto dan video, yang dapat digunakan dalam proses pengeditan video.


Microsoft Clipchamp menggunakan banyak ruang di komputer anda dengan alasan yang sederhana, yaitu karena ia adalah video editor. Sebagai video editor, aplikasi ini menyimpan file cache yang bisa cukup besar. Selain itu, saat anda membuat video berukuran besar, banyak file sementara dan sampah akan disimpan. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa ukuran data terkait dengan Clipchamp dapat mencapai 200GB di komputer mereka.



Mengatasi Clipchamp Menghabiskan Banyak Ruang di Komputer


Jika anda ingin mengurangi ruang disk yang digunakan oleh aplikasi Clipchamp, maka anda dapat mencoba solusi berikut secara berurutan.



1. Hapus Cache ClipChamp


Karena file yang menempati ruang melalui software ClipChamp sebagian besar adalah cache dan file sementara, maka menghapusnya dapat membantu memperbaiki masalah ini. Untuk menghapus file cache ClipChamp, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run.
  • Di kotak Run, ketik perintah %appdata% dan tekan Enter.
  • Di folder AppData yang terbuka, buka folder ClipChamp.
  • Kemudian, klik kanan pada folder Cache dan pilih Delete untuk menghapusnya.




2. Hentikan dan Reset Aplikasi


Banyak pengguna telah mengkonfirmasi bahwa menghentikan aplikasi dan meresetnya dapat memecahkan masalah Clipchamp yang mengambil terlalu banyak ruang disk. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Apps di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, temukan Clipchamp.
  • Selanjutnya, klik menu tiga titik di samping Clipchamp dan pilih Advanced options.
  • Kemudian klik Terminate untuk menghentikan aplikasi dan semua proses terkaitnya.
  • Sekarang, pergi ke bagian Reset, kemudian klik Reset dan klik kembali Reset untuk mereset aplikasi Microsoft Clipchamp ke pengaturan default.




3. Jalankan Disk Cleanup


Jika menghapus cache ClipChamp dengan metode diatas terdengar terlalu rumit untuk anda, maka anda dapat mencoba menjalankan utilitas Disk Cleanup di system anda. Utilitas Disk Cleanup akan menghapus semua file sementara dan data lain yang tidak diperlukan di komputer anda. Ini termasuk file cache untuk ClipChamp. Jadi, jalankan itu dan kemudian periksa kembali ruang disk anda.




4. Uninstall Microsoft ClipChamp dan Gunakan Video Editor Lain


Jika anda telah mencoba semua solusi dan masalah tetap ada, maka anda dapat mempertimbangkan untuk menguninstall aplikasi Clipchamp dari komputer anda. Anda dapat mengedit video anda dengan aplikasi Microsoft Photos, atau menggunakan FFmpeg atau mencoba menggunakan video editor gratis lainnya seperti VSDC. Ini adalah video editor yang tidak menyertakan stok gambar dan video tidak menyimpan banyak cache dan file sementara. Dengan demikian, ruang yang mereka gunakan hanya untuk video output (diekspor).




Bagian terbaik saat mengedit video melalui ClipChamp adalah video output tidak memiliki watermark apapun, bahkan jika anda menggunakan versi gratisnya. Banyak video editor gratis lainnya diluar sana, namun mereka akan menambahkan watermark ke video outputnya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi Clipchamp menghabiskan banyak ruang di komputer Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Mengatasi Clipchamp Menghabiskan Banyak Ruang di Komputer"