Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Edit Video Anda Dengan Aplikasi Microsoft Photos


Microsoft tidak lagi membawa Movie Maker sebagai aplikasi default pengeditan video di Windows 10 atau Windows 11. Namun, tahukah anda bahwa aplikasi Photos-nya, yang banyak digunakan sebagai penampil foto default, juga dapat digunakan untuk mengedit video?

Saya tidak pernah berpikir bahwa aplikasi biasa ini bisa berisi begitu banyak fitur tersembunyi yang kuat. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, mengedit video anda dengan aplikasi Microsoft Photos relatif mudah.


Seputar Aplikasi Photos

Anda tidak akan mengalami kesulitan menemukan aplikasi Photos sama sekali karena anda hanya perlu mengetik Photos di kotak Search atau mencarinya di Start Menu. Tidak seperti aplikasi pengeditan video lainnya, aplikasi ini akan dimuat dalam sekejap.


Hal terbaik tentang aplikasi Photos adalah sangat ringan. Bahkan saat mengerjakan proyek video berdurasi dua jam, saya bisa mengabaikan ukuran file. Tentu saja, itu adalah kemampuan yang hilang di banyak aplikasi editing video terkenal lainnya.



1. Membuat Video Pertama Anda

Klik New video di sebelah kanan jendela Homepage untuk mulai mengerjakan edit video pertama anda. Awalnya, anda dapat membuat video otomatis dengan mengimpor foto dan video ke dalam koleksi. Dalam mode otomatis anda tidak dapat melakukan pengeditan apapun. Ini masih membantu jika anda hanya ingin mengonversi foto liburan anda menjadi video.


Dari video otomatis, anda dapat pergi ke langkah berikutnya dimana anda dapat memberi tag orang di daftar anda. Selain itu, anda juga dapat mengimpor video langsung dari penyimpanan OneDrive anda di Folders.


Jika anda ingin membuat video dari awal, anda harus memilih New video project. Sekarang anda berada di jendela project dimana anda dapat menambahkan foto dan video dari PC atau koleksi anda. Sebelum mulai bekerja, anda akan diminta memberi nama project anda.


Project akan disimpan secara otomatis. Lain kali anda membuka aplikasi Photos, anda dapat melihatnya di homepage. Saya ingat dengan jelas bahwa dengan Movie Maker kita harus mengalokasikan folder di PC dan menyimpan proyek sebagai file MSWMM. Dengan aplikasi Photos, itu tidak lagi menjadi masalah. Jika anda bertanya-tanya, Ctrl + Z berfungsi dengan baik di project.


2. Fungsi Esensial Video Editing  di Aplikasi Foto

Selanjutnya, setelah menambahkan foto dan video ke project, anda harus memindahkannya ke storyboard. Gunakan drag dan drop (klik dan tahan pada foto di project library dan seret dan lepaskan di storyboard).


Dari sana anda dapat mengedit video menggunakan klik kanan atau dengan mengklik salah satu ikon di storyboard: trim, resize, dll. Tools Resize menghilangkan bar hitam dari video.



3. Memotong Video

Memotong video lebih mudah dengan aplikasi Photos daripada dengan Movie Maker. Anda dapat menggunakan fitur Trim dan anda hanya perlu menyeret slider dan berhenti di tempat anda ingin memotong video. Tidak seperti Movie Maker, seluruh jendela project tidak jenuh dengan ratusan klip mini. Setelah anda mengklik Done, salinan akan disimpan. Aplikasi Photos akan menyimpan versi yang dipotong di folder yang sama.



4. Membagi Video

Berbeda dengan fitur Trim, pada fitur Split digunakan untuk memotong sebuah video menjadi dua atau beberapa bagian. Disini anda dapat dengan mudah membaginya dengan menggeser slider.



5. Menambahkan Efek Teks

Salah satu keluhan tentang Movie Maker adalah antarmuka teksnya yang buruk. Kesenjangan ini sekarang telah diatasi dengan fitur Text di aplikasi Photos. Anda dapat memiliki berbagai gaya teks animasi keren dengan tata letak yang sesuai.



6. Pilih Tema

Aplikasi Foto memiliki fitur Themes yang berguna yang dapat diterapkan dalam video YouTube. Apapun skrip anda, anda dapat memberikan video anda tema yang kuat dengan filter, musik, dan gaya teks. Jika anda membuat video dari kumpulan foto, maka pergantian foto secara otomatis akan mengikuti irama lagu.



7. Motion dan 3D Effects

Dengan aplikasi Photos, anda dapat memiliki berbagai motion dan 3D effects untuk memberikan keunggulan video berkelas. Bahkan, beberapa dari efek ini termasuk breaking news, explosion, live live sports dan tema untuk setiap kesempatan. Anda dapat menambahkan efek 3D dan teks animasi menggunakan aplikasi Photos.



8. Mengekspor Video Anda

Mengekspor video anda sangat mudah dari homepage. Anda dapat memilih ukuran file dan membuat video anda yang akan memakan waktu hanya sebentar. Klik Finish video di sudut kanan atas, kemudian pilih ukuran video dan klik Export.


Selanjutnya beri nama video anda dan klik Export untuk menyimpan hasil video anda.



Berdasarkan pengalaman saya sendiri, setelah anda mempelajari aplikasi Photos, anda mungkin tidak akan melewatkan Movie Maker sebanyak itu. Karena itu, beberapa nuansa, seperti pengeditan timeline, hilang. Namun, kualitas video akhir anda akan lebih dari sekadar menebus kekurangan ini.

Saya merekomendasikan aplikasi Photos sebagai aplikasi pengeditan video gratis yang berkualitas baik dan mudah digunakan bagi pemula sekalipun, dengan catatan anda tidak membandingkannya dengan aplikasi edit video profesinal yang terkenal. Bagaimana menurut anda? Apakah aplikasi ini sangat membantu anda dalam mengerjakan sebuah video dalam waktu singkat? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini jika anda menyukainya. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Edit Video Anda Dengan Aplikasi Microsoft Photos"