Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Illegal System DLL Relocation di Windows 10/11

 


Pengguna Windows terkadang dapat menghadapi error CreateProcess failed, Code 623, Illegal system DLL relocation saat memuat program. Akibatnya, program tidak akan berjalan. Ini terjadi ketika file DLL telah ditempatkan di memory address yang berbeda. Ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti penginstalan software, update atau perubahan system.


File DLL memainkan peran penting dalam menjalankan program Windows dengan lancar di system operasi Windows. File DLL dimuat ke dalam memory ketika sebuah program perlu mengakses fungsi atau resource yang berbeda. Oleh karena itu penting untuk memperbaiki masalah ini. Jika tidak, itu dapat menghambat stabilitas, performa/kinerja, keamanan dan kompatibilitas system.




Memahami Error Illegal System DLL Relocation di Windows 10/11


Error Illegal System DLL Relocation terjadi saat program mencoba memuat file DLL system. Namun, jika file telah dipindahkan ke memory address yang berbeda, maka program tidak akan dapat memuat atau menggunakan file DLL dan itu menyebabkan error.


Error Illegal System DLL Relocation ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya error ini.

  • File System Rusak atau Hilang:

Salah satu alasan utama di balik error ini adalah bahwa beberapa file asli dan penting yang diperlukan agar Windows berfungsi dengan benar telah dihapus atau rusak.

  • Malware atau Virus:

Malware atau virus terkadang dapat menyebabkan file DLL dipindahkan ke memory. Akibatnya, anda akan mengalami ketidakstabilan system atau kerentanan keamanan. Anda dapat menjalankan pemeriksaan system lengkap untuk memperbaiki masalah ini.


Illegal System DLL Relocation adalah error penting yang harus diatasi dengan cepat. Jika tidak, maka anda dapat menghadapi masalah seperti berikut ini.

  • Stabilitas Aplikasi:

Jika anda tidak memperbaiki error, aplikasi yang bersangkutan mungkin menjadi tidak stabil atau gagal berfungsi dengan benar. Akibatnya, anda akan mengalami crash aplikasi, freezing dan perilaku tak terduga lainnya.

  • Ketidakstabilan System:

Pemindahan DLL dapat mempengaruhi file DLL seluruh system dan bukan hanya file DLL untuk aplikasi tertentu. Akibatnya, PC anda mungkin tidak berfungsi dengan baik dan anda akan menghadapi masalah terkait performa.

  • Kerentanan Keamanan:

File DLL juga penting untuk keamanan system. Jika file DLL gagal dimuat dengan benar, ini dapat menyebabkan kerentanan dan membahayakan keamanan system.



Memperbiaki Error Illegal System DLL Relocation di Windows 10/11


Jika anda mendapatkan error CreateProcess failed, Code 623, Illegal system DLL relocation pada Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya. Anda memerlukan administrator account dan saya menyarankan anda untuk membuat system restore point sebelum melanjutkan.



1. Identifikasi DLL Tertentu yang Menyebabkan Error


Langkah pertama adalah mengidentifikasi file DLL spesifik yang menyebabkan error. Untungnya, error ini biasanya memberitahu anda DLL mana yang bermasalah atau file DLL apa yang hilang. Jadi anda dapat dengan mudah mengganti file-file tersebut.


Sebagai alternatif, anda dapat membuka System Event Logs dan meninjau laporan system untuk mempelajari tentang file DLL yang hilang atau bermasalah. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Event Viewer.
  • Di jendela Event Viewer, perluas Windows logs dan pilih Application.
  • Sekarang telusuri log dan lihat apakah ada file DLL yang disebutkan.
  • Jika ada file DLL, maka langkah selanjutnya adalah mengganti file DLL yang hilang tersebut.




2. Update atau Ganti DLL yang Terpengaruh


Sekarang anda tahu DLL mana yang menyebabkan error. Jadi langkah selanjutnya adalah memperbaiki file DLL yang hilang tersebut. Untuk ini, ikuti salah satu dari metode di bawah ini.


Cara termudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mendapatkan versi DLL terbaru dari PC lain dengan konfigurasi yang sama dengan milik anda. Namun, pastikan PC lain tidak memiliki masalah yang sama dengan PC anda. File DLL biasanya dapat ditemukan di direktori SYSTEM32 atau SYSWOW64. Jadi copy file DLL yang bermasalah dari komputer lain dan tpastekan ke direktori yang sama di PC anda.



Anda juga dapat menjalankan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk menscan dan memulihkan file DLL yang hilang.



Jika error ini terkait dengan aplikasi tertentu, maka anda dapat mengupdate aplikasi untuk memperbaiki DLL yang hilang. Alternatifnya, anda dapat menguninstall aplikasi, kemudian mendowload dan menginstall versi terbaru dari aplikasi yang bermasalah. Itu akan memperbaiki masalah anda.


Setelah anda menerapkan perbaikan apapun, restart PC anda untuk memastikan perubahan diterapkan. Setelah itu, jalankan masing-masing program yang anda dapatkan errornya dan lihat apakah anda masih mendapatkan error yang sama.



Semoga membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbiaki error Illegal System DLL Relocation di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Illegal System DLL Relocation di Windows 10/11"