Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Security Intelligence Update Tidak Diinstall Secara Otomatis di Windows 10/11

 


Windows Security atau Microsoft Defender menjadi populer di kalangan pengguna Windows karena kemampuannya dalam memberikan keamanan system tanpa mengganggu cara kerja system dan aplikasi lainnya. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan adanya masalah terkait instalasi Security Intelligence yang menakutkan bagi mereka yang tidak tahu cara mengatasi masalah tersebut. Selain itu, ada juga pengguna yang mengalami kesulitan dengan update yang sering kali terhenti setelah proses instalasi, sedangkan yang lain melaporkan bahwa program tersebut sama sekali tidak terinstall di system mereka.



Jika anda juga mengalami masalah yang sama di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah ini dengan beberapa solusi sederhana.



Memperbaiki Security Intelligence Update Tidak Diinstall Secara Otomatis


Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi masalah jika komputer anda tidak dapat mendownload dan menginstall Security Intelligence Update for Microsoft Defender Antivirus dengan error code 0x80070643 di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Tool SFC dan DISM


System File Checker (SFC) adalah tool bawaan Windows yang bertugas memeriksa dan memperbaiki file system Windows yang rusak atau hilang. Ini berfungsi dengan mengganti file yang rusak dengan salinan yang sehat dari cache Windows atau dengan menggunakan sumber instalasi Windows asli.



Sementara Deployment Image Servicing and Management (DISM) adalah tool yang berguna dalam memperbaiki system image yang rusak atau tidak lengkap pada Windows. Ini memungkinkan anda memperbaiki komponen yang rusak atau hilang dengan mengambil file dari sumber instalasi Windows asli.



Jadi, jalankan kedua tool tersebut dan lihat apakh itu dapat mengatasi masalah ini di komputer Windows anda.



2. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows Update Troubleshooter merupakan utilitas yang dibuat oleh Microsoft untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah apapun yang dapat mempengaruhi update Windows. Menjalankan Windows Update Troubleshooter dapat mengatasi masalah ini. Jadi, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menjalankan troubleshooter ini di system operasi anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Jika troubleshooter menemukan masalah, itu akan memberitahu anda apa yang harus dilakukan. Jadi, biarkan hingga selesai.




3. Periksa Pengaturan Admin


Solusi ini untuk pengguna Laptop. Jika anda menggunakan komputer kantor, maka anda perlu memeriksa apakah admin anda telah menonaktifkan Security Intelligence Updates saat anda menggunakan Battery Power.


Ada dua cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Security Intelligence Updates saat anda menggunakan Battery Power, yaitu melalui Group Policy Editor dan Registry Editor. Dan untuk artikel ini saya mengajarkan caranya melalui Registry Editor. Namun sebelum anda mengikuti langkah-langkah berikut ini, pastikan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender\Signature Updates
  • Di lokasi, anda perlu mengklik dobel pada DWORD berikut ini di panel kanan.
DisableScheduledSignatureUpdateOnBattery
  • Jika anda tidak dapat menemukannya, anda dapat membuatnya secara manual dengan mengklik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama seperti yang disebutkan diatas.


  • Setelah anda mengklik dobel pada DWORD tersebut, di jendela edit DWORD, ubah Value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan periksa kembali apakah error masih terjadi atau tidak. 



4. Download Update Secara Manual dan Install

Microsoft memberi pengguna Windows alternatif untuk mendownload dan menginstall update secara manual di koputer Windows 10 atau Windows 11. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Selanjutnya, masukan nomor KB update yang error tersebut dan klik search.
  • Selanjutnya, pilih update yang sesuai dengan perangkat Windows anda dan klik Download.


  • Kemudian, jalankan file yang didownload di PC anda untuk menginstallnya secara manual.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi manual.
  • Setelah instalasi selesai, restart komputer anda.

Langkah ini seharusnya berjalan dengan sukses tanpa mendapatkan kembali error yang sama.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Security Intelligence Update tidak diinstall secara Otomatis di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Security Intelligence Update Tidak Diinstall Secara Otomatis di Windows 10/11"