Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Security Intelligence Updates Saat Menggunakan Daya Baterai

 


Windows Security atau Microsoft Defender Antivirus merupakan solusi perlindungan yang terkenal dalam melawan malware. Secara bawaan, fitur ini secara otomatis mengupdate basis data keamanannya tanpa memperhatikan daya yang digunakan oleh perangkat anda.


Jika anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Security Intelligence Updates saat komputer anda menggunakan daya baterai, maka ada dua cara yang dapat anda gunakan. Anda dapat melakukannya melalui Registry Editor dan Local Group Policy Editor. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara melakukannya dengan kedua metode tersebut pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Aktifkan atau Nonaktifkan Security Intelligence Updates Saat Menggunakan Daya Baterai


Jika laptop anda tidak memiliki baterai yang bagus dan anda ingin menonaktifkan Security Intelligence Updates, berikut adalah dua metode yang dapat anda ikuti.



1. Menggunakan Group Policy Editor


Jika anda mengguanakan Windows edisi Pro atau Enterprise, maka anda dapat menggunakan metode ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Security Intelligence Updates. Namun jika tidak, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah yang sama dibawah ini atau anda harus beralih ke metode kedua dibawah ini.


Sekarang mari kita lihat cara mengaktifkan atau menonaktifkan Security Intelligence Updates menggunakan Group Policy Editor di Windows 10 atau Windows 11.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Microsoft Defender Antivirus - Security Intelligence Updates
  • Di lokasi, klik dobel pada kebikanan Allow security intelligence updates when running on battery power di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, secara default, pengaturannya harus diatur ke Not Configured. Jika anda ingin menonaktifkan update, maka anda harus memilih Disabled.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Jika suatu saat anda ingin mengaktifkannya kembali, maka anda harus mengikuti langkah-langkah diatas dan kemudian Enabled.

Ini adalah metode yang lebih mudah dan kurang berisiko. Jadi, sebaiknya jika anda pengguna baru, maka metode ini cocok untuk anda.


2. Menggunakan Registry Editor

Jika anda pengguna Windows edisi Home, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan metode Registry Editor jika anda tidak ingin mengaktifkan Group Policy Editor. Karena metode ini berurusan dengan registry Windows, maka anda perlu membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan jika anda melakukan kesalahan di jendela Registry Editor. Kesalahan dalam pengeditan registry dapat membuat system menjadi tidak stsbil dan bahkan menyebabkan error blue screen!

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Security Intelligence Updates menggunakan metode Registry Editor, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender\Signature Updates
  • Di lokasi, klik dobel pada DWORD berikut dibawah ini di panel kanan.
DisableScheduledSignatureUpdateOnBattery
  • Jika anda tidak dapat menemukan DWORD tersebut, maka anda perlu membuatnya secara manual. Untuk itu, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama seperti yang disebutkan diatas.


  • Setelah anda membuat DWORD, klik dobel pada DWORD tersebut untuk mengedit value datanya.
  • Di jendela Edit DWORD, untuk mengaktifkan Security Intelligence Updates, ubah Value data menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpannya.
  • Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan. 


Jika suatu saat anda ingin menonaktifkan Security Intelligence Updates, maka ikuti langkah yang sama seperti diatas dan ubah Value datanya menjadi 1. Anda juga dapat menghapus DWORD yang dibuat jika anda mau.

Perhatikan bahwa metode ini mudah namun berisiko jika anda melakukan kesalahan di jendela Registry Editor. Jadi, telusuri jalur yang benar dan modifikasi registry mengikuti panduan ini.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Security Intelligence Updates saat menggunakan daya baterai di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Security Intelligence Updates Saat Menggunakan Daya Baterai"