Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver

 


Jika anda menggunakan chipset AMD pada PC anda dan menjalankan Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin menghadapi masalah Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver. Terkadang, update Windows dapat secara otomatis mengganti driver graphics AMD yang anda gunakan. Ini juga membuat Windows terus menginstall driver lama AMD di komputer. Hal ini dapat menyebabkan error bagi sebagian pengguna. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara memperbaiki masalah tersebut.


Anda mungkin melihat pesan error lengkap ini setiap kali anda me-restart komputer anda.

Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver. Hence, the version of AMD Software you have launched is not compatible with your currently installed AMD Graphics driver.




Apa itu Error Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver


Secara default, Microsoft memiliki fitur yang memungkinkan mereka untuk secara otomatis menginstall driver pada PC dengan Windows 10 atau Windows 11. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa meskipun mereka secara khusus memilih opsi untuk tidak menginstall driver melalui Group Policy Editor, Windows masih melakukan update driver secara paksa. Dalam kasus seperti itu, Microsoft mengabaikan pengaturan kebijakan yang telah ditentukan dan tetap menginstall driver dari AMD dan NVIDIA.


Karena penginstalan atau update otomatis ini, pengguna mungkin menghadapi masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 mereka.



Memperbaiki Error Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver


Untuk memperbaiki masalah Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver, anda perlu mengikuti solusi di bawah ini untuk sementara menonaktifkan Windows Device Installation Settings dan menginstall ulang AMD Software Package.


Jika dengan mengaktifkan kebijakan Turn off Windows update device driver searching melalui Local Group Policy Editor tidak berpengaruh pada system anda dan Windows terus melakukan update driver secara paksa, maka anda perlu mengaturnya dari System Properties anda. Ini akan mencegah download dan install driver untuk sementara. Jadi, mari kita masuk ke detail prosesnya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik sysdm.cpl dan tekan Enter untuk membuka System Properties.
  • Di jendela System Properties, alihkan ke tab Hardware dan klik Device Installation Settings dibawah bagian Device Installation Settings.


  • Ini akan membuka jendela Device installation settings yang pada intinya menanyakan apakah anda ingin mendownload aplikasi pabrikan dan jug ikon khusus yang tersedia untuk perangkat anda secara otomatis atau tidak.
  • Disini, anda perlu memilih opsi No (your device might not work as expected).
  • Setelah itu, klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Selanjutnya, tutup jendela System Properties dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan sesuai pilihan anda.
  • Sekarang, anda perlu menginstall ulang driver AMD Graphics versi sebelumnya secara manual. Sebelum itu, anda perlu menguninstall driver graphics yang tidak kompatibel yang ada di Settings Windows.

  • Setelah itu, anda dapat menginstall driver AMD Graphics yang benar menggunakan software AMD Driver Autodetect di PC anda. Atau anda dapat menggunakan DDU untuk melakukannya.



Dalam beberapa kasus, diketahui bahwa Windows Update melewati pengaturan pengguna dan mengupdate driver graphics AMD. Untuk memperbaikinya, anda perlu menonaktifkan sementara Device Installation Settings yang menginstall aplikasi dan driver produsen secara otomatis. Ini akan memperbaiki masalah yang anda hadapi.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Windows Update may have automatically replaced your AMD Graphics driver"