Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x8004FC12 Saat Aktivasi Office

 


Saat anda mencoba mengaktivasi Office 365, Office 2021/19/16 setelah anda mengupgrade ke Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin akan mendapatkan pesan error seperti berikut ini.

We’re sorry, something went wrong and we can’t do this for you right now. Please try again later. (0x8004FC12).



Error  code 0x8004FC12 ini bahkan dapat muncul setelah memperbaiki Office anda. Upaya untuk memecahkan masalah dengan menginstall ulang Office, menghapus aktivasi dari akun Office Online anda dan mencoba perbaikan offline munkin tidak berhasil anda lakukan. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa solusi yang dapat membantu anda mengatasi masalah ini.



Memperbaiki Error 0x8004FC12 Saat Aktivasi Office


Berikut ini adalah beberapa solusi yang disarankan oleh Microsoft untuk memperbaiki masalah tersebut. Solusi yang paling umum dicantumkan terlebih dahulu. Anda dapat mencoba masing-masing solusi secara terpisah dan kemudian mencoba mengaktifkan Office kembali. Sebelum memulai, pastikan untuk menjalankan Windows Update secara manual dan menginstall semua update yang tersedia untuk komputer anda.



1. Nonaktifkan Windows Firewall


Setelah anda menonaktifkan Windows firewall, cobalah untuk mengaktifkan kembali Office. Setelah selesai, anda dapat mengaktifkan kembali firewall anda. Langkah ini mungkin perlu anda lakukan karena aplikasi keamanan seperti Windows Defender Firewall dan juga software antivirus pihak ketiga lainnya terkadang dapat mengganggu proses aktivasi Office. Anda dapat melakukannya melalui Windows Security, Control Panel atau dengan menjalankan perintah di Command Prompt atau PewerShell.




2. Reset TCP/IP


Mengaktivasi Office membutuhkan jaringan internet. Ketika jaringan internet anda tidak berfungsi dengan baik atau anda tidak dapat terhubung ke jaringan internet anda makan proses aktivsi akan gagal dan dapat menghasilkan error 0x8004FC12 ini.


Untuk itu, anda perlu memperbaiki jaringan internet anda dan salah satu langkahnya adalah dengan mereset TCP/IP. Anda dapat menggunakan utilitas NetShell bawaan atau Microsoft Fix It untuk mereset TCP/IP. Setelah itu, anda dapat merestart komputer anda dan mencoba mengaktivasi kembali Office anda.




3. Tambahkan Net Local Group


Net localgroup merupakan tool command line yang dibangun ke dalam system operasi Windows. Anda dapat menambahkan, menampilkan, atau memodifikasi Local Group dalam system anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah satu per satu sambil menekan Enter setelah setiap perintah dimasukan.
net localgroup Administrators localservice /add
fsutil resource setautoreset true C:\
netsh int ip reset resetlog.txt
  • Setelah menjalankan semua perintah, restart komputer anda dan coba aktivasi kembali Office anda.



4. Verifikasi Apakah TLS 1.2 Diaktifkan

TLS (Transport Layer Security) adalah protokol keamanan yang dikembangkan sebagai standar industri untuk melindungi privasi informasi yang dikomunikasikan melalui internet. Untuk memverifikasi apakah TLS diaktifkan atau tidak, langkah pertama adalah melihat properties internet anda. Periksa kotak di sebelah opsi Use TLS 1.2 dan pastikan kotak tersebut diceklist.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik inetcpl.cpl dan tekan Enter.
  • Di jendela Internet Properties, alihkan ke tab Advanced.
  • Selanjutnya, di bawah daftar Settings, temukan Use TLS 1.2.
  • Jika tidak diberi ceklist, maka beri ceklist pada Use TLS 1.2.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Setelah anda melakukan perubahan, coba aktivasi kembali Office anda.


5. Nonaktifkan Protection untuk Aplikasi Office

Masalah ini juga dapat disebabkan oleh konflik dengan modul Anti-Exploit di dalam program Antivirus Malwarebytes. Jika anda menggunakan Malwarebytes, maka anda perlu lakukan hal berikut ini.
  • Luncurkan Malwarebytes dan pilih tab Settings di panel kiri.
  • Selanjutnya, klik tab Protection yang berada di panel atas dan klik opsi Manage Protected Applications di bawahnya.


  • Kemudian, di jendela Protected Applications, nonaktifkan opsi Microsoft Office PowerPoint ke Off untuk menonaktifkan/mematikan perlindungan.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan perubahan.


Harap dicatat bahwa petunjuk ini diberikan untuk semua aplikasi Microsoft Office. Harap diingat juga bahwa saat anda menonaktifkan protection, beberapa fungsi Malwarebytes akan terpengaruh. Namun, jika anda tidak keberatan, anda dapat melanjutkan dan menonaktifkan perlindungan untuk aplikasi Office.


Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x8004FC12 saat aktivasi Office di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x8004FC12 Saat Aktivasi Office"