Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Windows Was Unable to Complete the Format Saat Memformat Drive

 


Error Windows was unable to complete the format sering muncul saat anda mencoba memformat SD card, USB drive atau HDD/SSD eksternal di Windows 10 maupun Windows 11. Anda mungkin menghadapi masalah ini saat mengklik kanan drive di Windows Explorer dan memilih Format. Ini mungkin terjadi karena format disk yang salah atau jika sumbernya rusak. Jika demikian, maka artikel ini akan membahas berbagai solusi yang mungkin untuk memperbaiki masalah ini dan menghilangkan error yang mengganggu di Windows 10 atau Windows 11 anda.




Memperbaiki Error Windows Was Unable to Complete the Format Saat Memformat Drive


Ada beberapa metode untuk memperbaiki error Windows Was Unable to Complete the Format ini di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat menggunakan semua metode yang tersedia dan melihat mana yang berfungsi untuk anda.



1. Format Ulang Disk Anda


Jika anda mengalami error Windows was unable to complete the format, anda harus menghubungkan ulang drive dan mencoba memformat ulang drive anda dan lihat apakah proses format sekarang berjalan dengan sukses atau tidak.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Kemudian, klik kanan pada disk yang ingin anda format dan pilih Format.
  • Kemudian, coba gunakan opsi Quick Format. Jika gagal, hapus ceklist pada opsi Quick Format dan lakukan format.
  • Anda juga dapat mengklik opsi Restore device defaults untuk mengembalikan pengaturan default berdasarkan pabrikan disk anda.




2. Scan Disk dari Malware


Error ini juga dapat muncul karena infeksi malware pada disk anda tanpa anda sadari. Oleh karena itu, anda perlu melakukan full scan pada disk anda menggunakan antivus anda. Anda dapat menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media gratis untuk menyingkirkan malware dari disk anda.




3. Format Melalui Disk Management


Jika error masih terjadi, maka anda dapat mengambil bantuan dari  Disk Management untuk memformat disk anda.

  • Buka Disk Management dengan menekan tombol Win + X dan pilih Disk Management.
  • Di jendela Disk Management, klik kanan pada hard disk atau drive USB yang memberikan error dan pilih Format.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk yang ditampilkan untuk menyelesaikan proses format.



Untuk lengkapnya, anda dapat melihat artikel yang telah saya sematkan di awal artikel.



4. Format Melalui Command Prompt


Solusi ini dapat berfungsi bahkan jika metode Disk Management gagal melakukan tugasnya. Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk memformat hard disk, SD card, USB drive atau drive lainnya. Sebelum memulai, anda harus mencatat drive letter untuk drive yang ingin anda format. Setelah mencatatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ganti F dengan drive letter drive yang ingin anda format.
Format F: /fs:ntfs
  • Setelah itu, beri nama drive anda dan tekan Enter.


Sekedar informasi, proses ini memakan banyak waktu meskipun anda memiliki USB drive 4 GB. Karena itu, jangan tutup Command Prompt dalam keadaan apapun. Jika tidak, maka kemungkinan drive anda akan rusak.

Jika anda ingin memformat hard drive eksternal atau USB drive menggunakan PowerShell, maka artikel ini akan memberikan petunjuk untuk anda.


5. Gunakan EaseUS Partition Master

EaseUS Partition Master merupakan software disk management praktis yang tersedia untuk Windows. Meskipun memiliki versi premium, versi gratisnya dapat melakukan pekerjaan dengan cukup baik. Untuk dapat menggunakannya, anda perlu mendownloadnya dari website easeus dan kemudian menginstallnya di komputer anda. Selama instalasi, anda mungkin diminta untuk menginstall beberapa software lain. Jadi, anda perlu menolak permintaan seperti itu sehingga software tersebut tidak ikut terinstall.

Sekarang, pastikan disk yang ingin anda format sudah terpasang dan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka EaseUS Partition Master.
  • Kemudian, klik kanan pada disk yang diinginkan dan pilih Format.
  • Sekarang, anda perlu memberi nama drive dan kemudian memilih File system dan Cluster size.
  • Setelah itu, klik OK untuk mulai memformat disk anda.




6. Periksa Disk untuk Write Protection

Jika anda sudah mencoba semua solusi yang dijelaskan disini dan disk anda masih belum dapat diformat, maka pertimbangkan bahwa disk tersebut mungkin memiliki status write protection. Cara termudah untuk mengonfirmasi kecurigaan ini adalah dengan mencoba menyalin file ke SD card atau flash drive anda. Jika proses gagal, maka anda perlu menghapus write protection dari SD card atau flash drive agar anda dapat memformat disk anda.

Jika SD card atau flash drive memiliki tombol saklar, maka anda dapat mengubah posisinya untuk menghapus write protection. Jika tidak ada, maka and perlu melakukannya dari Registry Editor atau menjalankan perintah di Command Prompt.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Windows Was Unable to Complete the Format saat memformat drive di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Windows Was Unable to Complete the Format Saat Memformat Drive"