Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghapus Write Protection Pada USB Drive di Windows


Fitur write protection dimaksudkan untuk melindungi file yang ada didalamnya, tetapi terkadang perlindungan itu dapat menjadi beban ketika anda perlu memindahkan file. Mungkin anda mencoba menemukan USB lain yang dapat anda gunakan, tetapi anda tidak akan menemukannya dan ini adalah satu-satunya drive USB yang dapat anda temukan.

Kabar baiknya adalah ada beberapa metode yang dapat anda coba untuk melihat apakah akhirnya anda bisa menyingkirkannya. Beberapa tips yang bisa anda coba sangat mudah, anda tidak akan percaya.


Cara Menghilangkan Write Protectio Pada USB Drive

Sebelum anda masuk ke sesuatu yang melibatkan pengaturan komputer anda, mari kita bahas beberapa petunjuk dasar. Ada beberapa USB flash drive yang mempunyai tombol kecil yang memungkinkan anda untuk membuat USB hanya menulis atau keduanya membaca (read) dan menulis (write). Jika anda menemukannya di USB flash drive anda, maka anda dapat mengaturnya disitu.

Jika anda tidak menemukan tombol, anda dapat mencoba cara dibawah ini untuk melihat apakah metode ini berfungsi.


1. Menggunakan Metode Registry Editor

Sebelum mengikuti metode ini, anda baiknya anda membackup registry atau membuat system restore point sebagai langkah pencegahan jika anda melakukan kekeliruan dalam pengeditan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Klik pada ikon pencarian dan ketik regedit, dan opsi akan muncul dalam hasil pencarian secara otomatis. Atau buka dengan tekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Ketika Registry Editor muncul, telusuri opsi dibawah ini :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies
  • Jika anda tidak menemukannya, maka anda dapat menambahkan sendiri keynya, dengan mengklik kanan pada Control - pilih New - dan klik Key. Kemudian ganti namanya menjadi StorageDevicePolicies.


  • Jika sudah, klik StorageDevicePolicies. Pada kotak sebelah kanan buat DWORD baru dengan cara klik kanan - New - DWORD (32bit) Value - dan beri nama WriteProtect.


  • Pastikan bahwa nilai Value data dari WriteProtect aladah 0 (nol). Jika sudah, lanjutkan dan tutup semuanya. Kemudian Restart komputer anda.




2. Menggunakan Metode Command Prompt

Jika metode Registry Editor tidak berfungsi, semoga dengan command prompt akan menghapus write protection itu. Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Pada Start menu cari Command Prompt dan jalankan dengan hak admin (klik kanan padanya dan pilih opsi Run as administrator). Atau buka dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.
  • Ketika command prompt terbuka, masukkan perintah dibawah ini satu per satu. Pastikan anda menekan Enter setelah anda memasukan masing-masing dari mereka.
diskpart
list disk
select disk x
attributes disk clear readonly
clean
create partition primary
format fs=fat32
exit
  • Perhatikan bahwa anda perlu mengganti "x" di perintah select disk x, dimana "x" adalah drive USB anda. Anda juga dapat mengganti "fat32" menjadi "ntfs" jika anda hanya perlu menggunakan drive dengan komputer Windows.



Write Protection jelas dimaksudkan untuk melindungi data anda, tetapi ada saat-saat dimana anda tidak akan membutuhkannya. Metode-metode diatas akan membantu anda dan pada akhirnya anda dapat mentransfer file-file yang sangat dibutuhkan itu.

Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara format USB drive di Windows 10/11 atau memperbaiki kecepatan transfer data yang lambat USB 3.0 di Windows 10/11.

Apakah anda memiliki teknik lain yang saya lewatkan? Bagikan dengan saya dan juga yang lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mudah Menghapus Write Protection Pada USB Drive di Windows"