Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Windows must be installed to a partition formatted as NTFS Saat Install Windows

 


Saat anda menginstall system operasi Windows di komputer anda, anda mungkin mendapatkan error ketika anda memilih drive tempat anda ingin menginstall system operasi. Salah satu error tersebut adalah Windows cannot be installed to this disk, Windows must be installed to a partition formatted as NTFS yang mungkin juga menyertakan tambahan pesan error seperti Windows cannot be installed to this disk, The parttion is off an unrecognised type.



Error yang dialami pengguna ini berarti HDD atau SSD anda tidak diformat dengan benar menggunakan system file yang diperlukan untuk instalasi Windows. Masalah ini terutama terjadi dengan hard drive baru. Tetapi anda juga dapat menghadapi masalah saat mencoba menginstall ulang Windows anda.


New Technology File System (NTFS) merupakan file system default untuk OS Windows modern. NTFS memiliki banyak manfaat, seperti peningkatan keamanan, kompresi file, dukungan untuk file yang lebih besar dan sebagainya. Akibatnya, Windows mewajibkan penggunaan file system untuk instalasi OS daripada file system lama seperti FAT32. Untuk lebih jelasnya, artikel saya tentang perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS akan membantu anda memahami perbedaan file sytem di Windows.


Dimulai dengan Windows 11, anda tidak dapat menginstall salinan Windows apapun di FAT32. Jadi, anda perlu memformat atau membuat partisi ke NTFS.



Memperbaiki Error Windows must be installed to a partition formatted as NTFS Saat Install Windows


Sebelum anda melanjutkan ke solusi perbaikannya, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui.

  • Jika anda memiliki HDD/SSD baru dan anda mendapatkan error Windows cannot be installed to this disk, maka anda dapat memformat drive anda saat menginstall Windows. Jadi jalankan installer Windows, ikuti langkah-langkah di layar dan format drive anda di halaman Where do you want to install Windows?
  • Namun, jika anda menginstall ulang Windows pada drive lama yang memiliki data anda, maka akan lebih baik untuk membackup data anda terlebih dahulu sebelum menginstall ulang Windows. Jika anda tidak dapat booting ke Windows, maka artikel ini akan membantu anda membackup data anda. Anda dapat membackup data di drive system anda dan kemudian memformat drive ke NTFS dan menginstal Windows.


Setelah anda membackup data anda, gunakan metode berikut untuk memperbaiki error Windows cannot be installed to this disk, Windows must be installed to a partition formatted as NTFS.



1. Gunakan DiskPart


Sebelum anda mengikuti solusi ini, anda dapat mencoba mengkonvert HDD anda dari FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data di Windows. Jika tidak membantu, lanjutkan dengan langkah-langkah dibawah ini.

  • Di halaman Setup Windows, tekan tombol Shift + F10 untuk meluncurkan Command Prompt. Atau anda dapat mengklik Repair your computer, kemudian memilih Advanced Options - Troubleshoot dan klik Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Diskpart
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk melihat daftar semua volume di komputer anda.
List Volume
  • Anda mungkin tidak dapat melihat semua partisi dengan nomor volumenya.
  • Sekarang anda perlu memformat drive system anda (biasanya drive C:). Untuk itu, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk memilih drive system. Pastikan untuk mengganti # dengan nomor drive yang sebenarnya.
Select Volume #
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menghapusnya.
Clean


  • Sekarang, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk mengkonvert drive system anda ke file system MBR.
Convert MBR
  • Setelah itu, anda perlu membuat partisi pada drive tersebut. Untuk itu, masukan perntah berikut ini dan tekan Enter.
Create Partition Primary
  • Kemudian, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk mengaktifkan partisi tersebut.
Active
  • Sekarang, anda harus memformat drive ke NTFS. Untuk melakukannya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Format Quick fs=ntfs
  • Setelah proses format selesai, jalankan perintah berikut  dua kali untuk keluar dari Diskpart dan menutup Command Prompt.
Exit


  • Terakhir, restart PC anda dan booting menggunakan media instalasi anda dan kemudian lanjutkan dengan instalasi system operasi.


2. Gunakan UI Instalasi

Jika anda mendapatkan error ini saat menginstall Windows, UI instalasi menawarkan opsi langsung untuk memformat drive. Jika anda tidak memiliki apapun untuk dibackup, maka anda dapat mengklik Format dan pilih NTFS jika diminta.


Setelah selesai, instalasi Windows dapat segera dimulai.

Perhatikan bahwa metode kedua ini dilakukan jika disk anda hanya memiliki satu drive yaitu drive system. Jadi, jika disk anda memiliki lebih dari satu drive (misalkan D, E, F dan lainnya) termasuk drive system (C:), maka gunakan metode pertama. Anda hanya dapat menggunakan metode kedua ini setelah anda membackup data anda di drive system maupun drive lainnya karena prosesnya akan memformat dan menghapus semua data pada disk. 

Itulah dua perbaikan cepat untuk memperbaiki error yang terjadi saat menginstall Windows 10 atau Windows 11. Sekarang lanjutkan istalasi Windows anda dan lihat apakah itu berhasil untuk anda.

Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Windows must be installed to a partition formatted as NTFS saat install Windows. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Windows must be installed to a partition formatted as NTFS Saat Install Windows"