Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Convert FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data di Windows


System file Windows adalah salah satu hal yang mungkin tidak terlalu anda pikirkan sampai anda harus membuat keputusan tentangnya saat mulai menginstall system operasi untu pertamakalinya di komputer baru anda. Menggunakan format NTFS atau FAT32 untuk hard drive anda akan menjadi sulit bagi pengguna awam, namun jika anda menanyakan pada yang lebih berpengalaman, mereka pasti akan menyarankan anda untuk menggunakan NTFS.

Bagaimana jika anda sudah lebih dulu menyimpan data anda ke hard drive dengan format FAT32, apakah bisa mengubah pemformatan hard drive anda tanpa kehilangan data? Jawabannya adalah Ya! Di Windows, anda dapat dengan mudah mengubah format penyimpanan dari FAT/FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data di dalamnya.


Perbedaan FAT32 dan NTFS

Sebelum kita kelangkah untuk mengkonversi hard drive, ada baiknya kita bahas sedikit tentang kedua jenis format ini. FAT (File Allocation Table) dikenal juga dengan nama FAT16 adalah sebuah system file yang digunakan oleh MS-DOS dan system operasi Windows lainnya untuk mengatur penyimpanan file anda. FAT telah mengalami beberapa perubahan sejak diperkenalkan pada tahun 1977 dan masih digunakan hingga hari ini. Karena hanya memiliki 32 bit untuk setiap address (sehingga disebut FAT32), ukuran maksimum teknis dari drive FAT32 adalah 16 TB, dan hanya dapat menangani file berukuran 4 GB atau kurang. Tentu saja, ini baik-baik saja di Windows 95, tetapi file menjadi jauh lebih besar sejak saat itu.

Sementara NTFS (New Technology File System) adalah system file yang telah digunakan Windows secara luas sejak XP (meskipun dimulai dengan NT), dan memiliki banyak fitur yang membantunya bersinar sebagai drive system. Di sinilah segalanya menjadi sangat berbeda. Tidak hanya batas volume dan ukuran file yang begitu besar sehingga anda hampir pasti tidak akan menemukannya, tetapi juga mendukung file permission, journaling, encryption, shadow copies, dan hal-hal lain yang membantu OS anda tetap aman dan berfungsi.

Untuk melihat apakah drive anda mengunakan FAT32 atau NTFS, klik kanan pada setiap drive dan pilih Properties. Dan lihat pada bagian File system, anda akan mengetahui jenis format drive anda.



Cara Convert FAT32 ke NTFS

Ini adalah langkah yang mudah jika anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar. 
  • Di Windows, buka Command Prompt dengan hak admin. Anda dapat mencarinya di Start menu atau dengan menekan tombol Win + R, ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.


  • Setelah terbuka, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter untuk menampilkan perintah yang tepat dengan penjabaran untuk mengkonvert disk anda ke system file NTFS.
help convert
  • Sekarang, masukkan perintah di bawah ini dan tekan Enter.
CONVERT drive_letter: /FS:NTFS [/V] [/CvtArea:filename] [/NoSecurity] [/X]

Misalnya, jika anda ingin mengkonvert drive I yang memiliki system file FAT32 ke NTFS tanpa atribut tambahan apapun, maka perintah terakhir anda akan terlihat seperti di bawah ini. Jangan lupa ubah drive_letter dengan drive yang ingin anda konvert.

CONVERT drive_letter: /FS:NTFS

Misalnya, convert I: /fs:ntfs akan memformat drive I: ke format NTFS.


Catatan: Ini adalah proses satu arah. Anda tidak dapat membalikkan proses tanpa memformat lagi drive tersebut.

Hanya itu yang anda lakukan dan drive anda telah berhasil di convert.



Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang ingin anda dapatkan dengan menigalkan komentar di bawah. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Convert FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data di Windows"