Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Install Realtek Semiconductor Corp Extension di Windows 10/11

 


Driver Realtek banyak digunakan untuk meningkatkan dan mendapatkan output suara yang lebih berkualitas pada PC Windows. Menjadi hal yang baik untuk memastikan semua driver diupdate ke versi terbarunya jika anda update yang tersedia dari pabrikannya. Masalah yang muncul dengan itu adalah ketika anda mendapatkan error saat menginstall Realtek Semiconductor Corp Extension setiap kali mencoba mengupdate atau menginstall driver Realtek. Dalam artikel ini, saya akan membahas solusi terbaik untuk memperbaiki error saat menginstall atau mengupdate Realtek Semiconductor Corp Extension di Windows 10 atau Windows 11.



Error Realtek Semiconductor Corp Extension bisa terjadi dalam berbagai bentuk dan tahapan dan error ini juga mungkin menampilkan error code tertentu seperti error code 0x80070103. Dalam beberapa kasus, proses instalasi mungkin gagal, sementara di lain waktu instalasi dapat berhasil tetapi pengguna akan menerima peringatan berulang tentang kegagalan update Windows.


Meskipun error ini mungkin tidak memengaruhi pengguna secara negatif, namun beberapa pengguna mungkin mengabaikan update tersebut karena versi yang lebih lama sudah berfungsi dengan baik. Namun, penting untuk diingat bahwa update driver Realtek dapat membantu meningkatkan kualitas output suara pada PC Windows anda menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengupdate driver Realtek secara teratur dan memperbaiki error ini secepat mungkin jika terjadi masalah.



Penyebab Install Error Realtek Semiconductor Corp Extension


Penyebab utama dari error saat menginstall atau mengupdate Realtek Semiconductor Corp Extension adalah system operasi yang out of date, instalasi tidak lengkap, software antivirus pihak ketiga, file system rusak atau cache update driver Realtek yang rusak.


Setiap versi Windows memiliki persyaratan driver yang khusus dan ketika terjadi ketidakcocokan, anda dapat mengalami error saat mencoba mengupdate driver tersebut. Misalnya adalah kegagalan instalasi Realtek Semiconductor Corp Extension. Error ini terjadi ketika proses instalasi terganggu oleh faktor-faktor seperti kerusakan system, pemadaman listrik atau jaringan internet yang tidak stabil. Jika anda mengalami masalah saat mengupdate driver Realtek, kemungkinan besar ada masalah dengan proses instalasinya dan anda perlu memeriksanya kembali.



Memperbaiki Error Install Realtek Semiconductor Corp Extension di Windows 10/11


Sebaiknya anda mencoba solusi yang sederhana terlebih dahulu untuk mengatasi beberapa penyebab error driver sebelum mencoba solusi yang lebih kompleks. Oleh karena itu, untuk memperbaiki error saat menginstall Realtek Semiconductor Corp Extension di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti beberapa solusi sederhana dibawah ini.



1. Coba Lakukan Langkah Awal


Error saat menginstall Realtek Semiconductor Corp Extension bisa jadi disebabkan oleh masalah system sementara yang dapat diperbaiki dengan melakukan beberapa langkah awal. Berikut adalah beberapa langkah awal yang dapat anda coba untuk memperbaiki error instalasi driver Realtek.

  • Anda dapat menonaktifkan software antivirus anda untuk sementara dan memeriksa apakah pengaturan keamanan anda memblokir system anda dari mengakses internet dan lainnya. Silakan periksa ini di pengaturan firewall anda.
  • Periksa status koneksi internet anda. Jika tidak stabil atau terlalu lambat, maka coba cari alternatif atau hubungi ISP anda untuk bantuan pemecahan masalah anda.
  • Restart komputer dan router anda dan coba lagi.


Jika langkah awal ini tidak memperbaiki error ini, maka lanjutkan ke langkah lainnya dibawah ini.



2. Hapus Konten Folder SoftwareDistribution


Terkadang semua file sementara yang terkait dengan Windows Update di folder SoftwareDistribution rusak dan dapat menyebabkan masalah saat mengupdate Windows. Oleh karena itu, anda perlu menghapus konten dalam folder SoftwareDistribution, kemudian mencoba mengupdate kembali Realtek Semiconductor Corp Extension. Lihat, apakah itu memperbaiki masalah atau tidak




3. Pause Updates, Reboot  PC dan Lanjutkan Update


Memperbaiki error saat mengupdate atau menginstall Realtek Semiconductor Corp Extension dapat dilakukan dengan mencegah download dan install driver untuk sementara dan kemudian melanjutkannya kembali. Anda dapat mempause update, kemudian merestart komputer dan melanjutkan kembali update. Ada beberapa cara untuk mempause update secara otomatis, namun dalam artikel ini, kita dapat menggunakan Control Panel. Berikut adalah cara untuk mempause update menggunakan Control Panel.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih System.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik Advanced System Settings di panel kanan.
  • Di jendela System Properties yang terbuka, alihkan ke tab Hardware dan klik Device Installation Settings.
  • Selanjutnya, pilih  No (your device might not work as expected) dan klik Save Changes.
  • Setelah itu, restart komputer anda.
  • Kemudian, tunggu beberapa menit dan batalkan pause update. Anda dapat mengikuti langkah diatas dan pada langkah terahir, pilih Yes dan klik Save Changes.
  • Setelah itu, coba install kembali Realtek Semiconductor Corp Extension di komputer anda.




4. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows Update Troubleshooter dapat mendeteksi dan memperbaiki masalah yang memicu error instalasi Realtek Semiconductor Corp Extension ini. Untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau klik Start menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau anda dapat membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




5. Coba Gunakan Tool Show or Hide Updates


Anda dapat mencoba untuk menyembunyikan update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah ini membantu. Microsoft juga memiliki tool Show or Hide Updates sendiri yang dapat menyembunyikan update. Anda dapat menggunakan tool ini jika solusi solusi sebelumnya tidak berhasil. Untuk menjalankan tool Show or Hide Updates, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Download tool Show or Hide Updates dari website Microsoft.
  • Selanjutnya, jalankan tool dengan mengklik dobel pada wushowhide.diagcab.
  • Di jendela yang muncul, klik Advanced, kemudian beri ceklist pada opsi Apply updates automatically dan klik Next.
  • Selanjutnya, pilih opsi Hide updates.
  • Kemudian beri ceklist pada Realtek Semiconductor Corp – Extension dan klik Next.
  • Tunggu hingga proses selesai dan tutup tool.




6. Roll Back Driver


Jika instalasi berhasil tetapi anda masih mendapatkan error ini, maka anda dapat me-roll back driver ke versi sebelumnya jika versi tersebut berfungsi dengan baik. Setelah itu, anda perlu menonaktifkan update driver. Ini harus menjadi solusi terakhir karena selalu disarankan untuk mengupdate driver anda karena berbagai alasan seperti masalah kompatibilitas, bug, masalah keamanan dan lainnya.


Untuk me-roll back driver Realtek Semiconductor Corp Extension, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Sound, video and game controllers.
  • Kemudian klik kanan pada driver Realtek High Definition Audio dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Driver dan klik Roll Back Driver.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk untuk menyelesaikan roll back driver.
  • Setelah itu, nonaktifkan update driver dan restart PC anda.




Semoga membantu untuk anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error Install Realtek Semiconductor Corp Extension di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Install Realtek Semiconductor Corp Extension di Windows 10/11"