Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800736cc Windows Update di Windows 10/11

 


Update system mencakup patch keamanan, perbaikan bug dan berbagai perbaikan lainnya yang sangat penting bagi performa/kinerja system. Namun, jika proses penginstalan update gagal karena ketidakcocokan file komponen, maka hal tersebut dapat berdampak negatif pada performa system. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa update system dapat diinstall dengan sukses agar system dapat berfungsi dengan baik.


Namun beberapa pengguna mengeluhkan bahwa mereka mengalami error 0x800736cc saat mengupdate sytem di Windows 10 atau Windows 11 mereka. Error code ini menunjukan adanya kerusakan pada Windows Update component. Untungnya, masalah ini biasanya dapat diperbaiki dengan menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) pada system anda.


Berikut ini adalah deskripsi error code 0x800736CC.

Error Code: 0x800736CC

Error ID: ERROR_SXS_FILE_HASH_MISMATCH

Error Description: A component's file does not match the verification information present in the component manifest.


Error code 0x800736CC terjadi ketika file system yang terkait dengan update Windows mengalami kerusakan atau hilang. Namun, perlu dicatat bahwa driver system yang out of date, tidak sesuai atau gangguan yang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga juga dapat menjadi penyebab terjadinya error code ini.



Memperbaiki Error 0x800736cc Windows Update


Jika anda mengalami error 0x800736CC saat mengupdate Windows anda, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut. Saya telah mengidentifikasi beberapa solusi yang terbukti dapat membantu memperbaiki error ini di Windows 10 atau Windows 11. Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat anda lakukan.



1. Langkah Awal


Sebelum anda melanjutkan ke metode perbaikan yang lebih lanjut, anda dapat mencoba beberapa langkah awal untuk memeriksa apakah itu membantu memperbaiki masalah ini di komputer anda.

  • Restart komputer anda.
  • Nonaktifkan software keamanan anda untuk sementara.




2. Perbaiki Tanggal dan Waktu System


Tanggal dan waktu yang salah pada system anda juga dapat menyebabkan terjadinya error saat anda mengupdate Windows anda. Oleh karena itu, anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah tanggal dan waktu pada Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Time & Language di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Date & time di panel kiri.
  • Kemudian aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Selanjutnya, klik Region di panel kiri dan pastikan anda telah memilih Country or region yang benar di panel kanan.
  • Jika salah, maka gunakan tombol drop down untuk memilihnya.
  • Setelah itu, tutup jendela Settings dan periksa kembali.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Time & language di panel kiri dan klik Date & time di panel kanan.
  • Selanjutnya, aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Sekarang, periksa apakah anda telah memilih Region yang benar pada bagian atas di halaman yang sama. Anda juga dapat mengklik Language & region di halaman Time & language.
  • Selanjutnya, klik menu drop-down Country or region dan pilih region anda.
  • Terakhir, tutup jendela Settings dan lihat apakah masalah telah teratasi.




3. Gunakan Tool DISM 


Tool Deployment Image Servicing and Management (DISM) digunakan untuk menyiapkan, memoderasi dan memperbaiki system image Windows. Karena image Windows itu sendiri tampaknya rusak, maka saya menyarankan anda untuk menjalankan tool DISM untuk file system Windows Update yang rusak. Saat anda menjalankan DISM, itu akan mengganti file system yang berpotensi rusak atau hilang dengan yang baik.



Jika klien Windows Update anda telah rusak, maka anda akan diminta untuk menggunakan instalasi Windows sebagai sumber perbaikan. Untuk itu, anda dapat menjalankan perintah berikut ini di Command Prompt dengan hak administrator. Pastikan anda menganti C:\RepairSource\Windows dengan sumber perbaikan milik anda.

DISM.exe /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\RepairSource\Windows /LimitAccess


Setelah proses selesai, anda kemudian dapat memeriksa Log DISM yang dibuat. Itu akan menangkap masalah apapun yang ditemukan atau hal yang diperbaiki oleh tool DISM.



4. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Anda juga dapat menjalankan Windows Update Troubleshooter untuk memperbaiki masalah apapun yang terkait dengan update Windows. Tool ini akan menemukan masalah yang terkait dengan update dan jika ada masalah yang ditemukan, maka ia akan menerapkan perbaikan secara otomatis. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.



5. Reset Windows Update Component

Kemungkinan lain terjadinya error ini adalah karena Windows Update component mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu mereset Windows Update component di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk mereset pengaturan dan komponen tersebut ke default secara otomatis.



6. Install Update Secara Manual

Jika metode di atas gagal memperbaiki error 0x800736CC saat menginstall update di Windows 10 atau Windows 11, maka anda dapat mengunjungi halaman Microsoft Update Catalog untuk mendownload update.

Yang perlu anda lakukan adalah, mencatat nomor KB update yang mengalami error dari halaman Windows Update di jendela Settings, kemudian mencarinya di Microsoft Update Catalog dan download itu berdasarkan arsitektur system anda (32-bit/64-bit). Setelah mendownloadnya, jalankan file dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi update.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800736cc Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800736cc Windows Update di Windows 10/11"